Ciri-Ciri Orang Panjang Umur - amaterasublog.com

Ciri-Ciri Orang Panjang Umur

Amaterasublog - Badan Kesehatan Dunia (WHO) pernah mengungkapkan  bahwa penduduk Okinawa adalah salah satu kelompok masyarakat yang memiliki tingkat kesehatan yang sangat baik. Di kota itu, Anda akan mudah menemukan orang-orang yang berusia sangat lanjut tapi masih sehat.

Sebagai gambaran, pada usia 75 tahun, mereka masih sanggup berjalankaki jarak jauh bahkan masih ada yang sanggup berlayar mencari ikan. Apa sih rahasia panjang umur dan sehat mereka? Setelah ditelusuri, rahasianya ada pola hidup sehari-hari. Dan ternyata, kecenderungan panjang umur bisa dilihat dari ciri-ciri fisik dan kebiasaan ketika muda, berikut ini ciri-cirinya:

8 Ciri-Ciri Orang Akan Panjang Umur

1. Berperut Rata

8 Ciri-Ciri Orang Akan Panjang Umur
1. Berperut rata

National Institute on Aging, wanita berperut besar, berisiko meninggal dunia lebih cepat dibandingkan dengan yang berperut rata. Ini karena lemak yang tertumpuk di bagian tengah dapat mengganggu kerja jantung, liver, lambung, dan organ-organ pentin lainnya.

Untuk wanita, dianjurkan agar lingkar pinggangnya tidak lebih dari 80 cm. Jika ternyata lebih dari angka itu, rutinlah berolahraga misalnya ikut program latihan beban sebanyak 2-3 kali seminggu, masing-masing selama 20 menit. Latihan beban bermanfaat untuk membentuk otot dan mempercepat metabolisme sehingga lemak lebih mudah terbakar.

2. Komposisi tubuhnya ideal

8 Ciri-Ciri Orang Akan Panjang Umur
2. Komposisi tubuh ideal

Tak banyak orang menyangka bahwa berat badan di masa remaja, ternyata bisa memengaruhi kesehatan di usia dewasa. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Pediatrics menyebutkan, remaja yang mengalami obesitas, berisiko tinggi mengidap diabetes tipe-2 saat usianya sudah dewasa. Bukan itu saja. Penderita diabetes tipe-2, juga berisiko terkena serangan jantung 2-4 kali lebih tinggi daripada yang bukan penderita diabetes.

3. Suka makan sayur dan buah segar

8 Ciri-Ciri Orang Akan Panjang Umur
3. Suka makan sayur dan buah segar

Menurut American Dietetic Association, konsumsi serat yang dianjurkan setiap hari adalah 25-35 gram atau setara dengan lima porsi perhari. Pilihlah serat yang mengandung antioksidan seperti buah beri dan sayuran hijau. Penelitian dari Institut Pertanian Bogor menyebutkan, ada 11 sayuran khas Indonesia yang sudah terbukti mengandung antioksidan yang sangat kuat. Di antaranya adalah daun kemangi, kunir, mangkokan, beluntas, dan kenikir.

4. Lebih memilih teh dan air putih

8 Ciri-Ciri Orang Akan Panjang Umur
4. Lebih memilih teh dan air putih

Lagi-lagi bahaya minuman bersoda! Penelitian di Boston, Amerika Serikat, membuktikan bahwa minum satu kaleng atau lebih minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan metabolisme. Orang dengan gangguan metabolisme, ujung-ujungnya akan menderita tekanan darah tinggi, kadar insulin naik, lemak bertumpuk di perut dan pinggul, serta risiko stres, gangguan jantung dan diabetes meningkat. Menghindari minuman bersoda sembari menghentikan kebiasaan merokok, akan memperpanjang harapan hidup kita sampai 9,5 tahun.

Alternatif sehat: Minum teh tanpa gula, minimal dua cangkir sehari. Selain bisa digunakan sebagai pengusir kantuk, teh juga dapat dijadikan alternatif bagi mereka yang menyukai minuman berperasa. Pilihan lain: Coba air putih dengan perasan lemon.

5. Tak Suka Junk food

8 Ciri-Ciri Orang Akan Panjang Umur
5. Tak suka junk food

Mengonsumsi daging merah asal tepat porsinya, menurut American Cancer Institute, tidak akan membahayakan kesehatan. Yang berbahaya adalah saat kita mengonsumsi lebih dari 500 gr daging merah dalam seminggu. Apalagi kalau daging yang kita makan berupa processed meat (misalnya daging asap atau sosis) seperti yang biasa digunakan untuk membuat burger.

Para ahli masih belum paham benar mengapa processed meat dapat membahayakan kesehatan. Diduga, processed meat mengandung karsinogen (bahan penyebab kanker) dan sudah ditambah dengan pengawet nitrat yang dalam kadar tertentu dapat meracuni organ tubuh dan memicu risiko kanker.

“Boleh saja kita menikmati burger sesekali tapi jangan dijadikan kebiasaan,” anjur Karen Collins, RD., ahli nutrisi dari American Institute of Cancer Research. Kalau ingin makan daging, lebih baik pilih yang segar. Jaga agar porsinya tidak terlalu banyak. Plus, jangan dimasak dengan suhu lebih dari 2.000 Celcius agar kadar advanced glycation end products yang jadi pemicu kanker berkurang.

6. Olahraga 20 Menit Sehari

8 Ciri-Ciri Orang Akan Panjang Umur
6. Olahraga 20 menit sehari

Fisik yang kuat tercipta dari latihan yang terarah dan berkesinambungan. Hasil penelitian University of California menyebutkan bahwa wanita yang berprofesi sebagai pelari atau berolahraga lari selama lima jam dalam seminggu, fisiknya lebih sehat jika dibandingkan dengan wanita yang bukan pelari.

“Para pelari bukan saja memiliki risiko gangguan jantung lebih rendah.Risiko mereka terhadap kanker, penyakit saraf, dan infeksi juga lebih kecil. Kesimpulannya, lari adalah olahraga yang baik untuk wanita dewasa,” saran Eliza Chakravarty, MD, asisten profesor medis di Stanford University School of Medicine. Sebagai pengganti lari, Anda juga dapat melakukan jenis olahraga kardio lain seperti aerobik atau jalan cepat. Meski hanya 20 menit sehari, kardio mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Rajin membereskan rumah

8 Ciri-Ciri Orang Akan Panjang Umur
7. Rajin membersihkan rumah

Hasil penelitian di Jepang terhadap 302 relawan usia senior berusia 70-80 tahun menyimpulkan bahwa kegiatan bersih-bersih rumah selama satu jam mampu membakar 285 kalori. Jadi kesimpulannya, dengan rajin membersihkan rumah, risiko kematian akan turun hingga 30 persen.

8. Hobi Berkebun

8 Ciri-Ciri Orang Akan Panjang Umur
8. Hobi berkebun

Percaya atau tidak, riset membuktikan bahwa orang yang suka berkebun memiliki pandangan hidup yang lebih positif dibanding yang lainnya. Walhasil, hidup mereka pun jadi lebih bahagia. Menurut American Psychologist, kita bisa menemukan makna kehidupan dari aktivitas berkebun. “Saat mengamati pertumbuhan bunga, kita jadi paham bahwa bunga mekar karena ada lahan, pupuk, usaha, dan kesabaran. Begitu juga hidup kita,” kata Corey Keyes, Ph.D., profesor sosiologi di Emory University. Pemahaman ini, kata Corey lagi, bisa menjadi motivasi bagi kita untuk terus bekerja dan memupuk hidup sehari-hari. Pupuk itu adalah keluarga, teman, dan kerja keras pantang menyerah.

Penutup

Nah, itu dia 8 Ciri-Ciri Orang Akan Panjang Umur berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para pakar kesehatan, psikologis dan para ilmuan lainnya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri-Ciri Orang Panjang Umur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel