√ Pengertian Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi Pendidikan Menurut Para AhliSosiologi Pendidikan

Literatur Sosiologi,- Dikutip dari karya E. Goerge Payne (dalam Faisal dan Yasik, 1985) yang merupakan Bapak Sosiologi Pendidikan memberikan penekanan bahwa dalam lembaga-lembaga, kelompok-kelompok sosial dan proses sosial terdapat hubungan yang saling terjalin, di mana di dalam interaksi sosial itu individu memperoleh dan mengorganisasikan pengalamannya.

Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi Pendidikan

Pengertian Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian dan defenisi sosiologi pendidikan menurut para ahli:

1. Sosiologi Pendidikan Menurut F.G. Robbins

Menurut F.G. Robbins, sosiologi pendidikan adalah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan. Struktur mengandung pengertian teori dan filsafat pendidikan, sistem kebudayaan, struktur kepribadian dan hubungan kesemuanya dengantata sosial masyarakat. Sedangkan dinamika yakni proses sosial dan kultural, proses perkembangan kepribadian,dan hubungan kesemuanya dengan proses pendidikan.

2. Sosiologi Pendidikan Menurut H.P. Fairchild

Menurut H.P. Fairchild dalam bukunya ”Dictionary of Sociology” dikatakan bahwa sosiologi pendidikan adalah sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang fundamental. Jadi ia tergolong applied sociology.

3. Sosiologi Pendidikan Menurut Pro f. DR S. Nasution,M.A

Menurut Pro f. DR S. Nasution,M.A, Sosiologi Pendidikan adalah ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara-cara mengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian individu agar lebih baik.

4. Sosiologi Pendidikan Menurut F.G Robbins dan Brown

Menurut F.G Robbins dan Brown, Sosiologi Pendidikan ialah ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan-hubungan sosial yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan serta mengorganisasi pengalaman. Sosiologi pendidikan mempelajari kelakuan sosial serta prinsip-prinsip untuk mengontrolnya.

5. Sosiologi Pendidikan Menurut E.G Payne

Menurut E.G Payne, pengertian dari Sosiologi Pendidikan ialah studi yang komprehensif tentang segala aspek pendidikan dari segi ilmu sosiologi yang diterapkan.

6. Sosiologi Pendidikan Menurut Drs. Ary H. Gunawan

Menurut Drs. Ary H. Gunawan, Sosiologi Pendidikan ialah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis.

Skema Ruang Lingkup Sosial Pendidikan
Skema Ruang Lingkup Sosial Pendidikan

Ruang Lingkup Sosiologi Pendidikan

Problem sosial dalam ruang lingkup sosiologi pendidikan meliputi pokok-pokok berikut ini:

1. Hubungan sistem pendidikan dengan aspek-aspek lain dalam Masyarakat

Hubungan pendidikan dengan sistem sosial atau struktur sosial, Hubungan antara sistem pendidikan dengan proses kontrol sosial dan sistem kekuasaan, Fungsi pendidikan dalam kebudayaan, Fungsi sistem pendidikan dalam proses perubahan sosial dan kultural atau usaha mempertahankan status quo, dan Fungsi sistem pendidikan formal bertalian dengan kelompok rasial, kultural dan sebagainya.

2. Hubungan antar manusia di dalam Sekolah

Lingkup ini lebih condong menganalisis struktur sosial di dalam sekolah yang memiliki karakter berbeda dengan relasi sosial di dalam masyarakat luar sekolah, antara lain yaitu: Hakikat kebudayaan sekolah sejauh ada perbedaannya dengan kebudayaan di luar sekolah, dan Pola interaksi sosial dan struktur masyarakat sekolah, yang antara lain meliputi berbagai hubungan kekuasaan, stratifikasi sosial dan pola kepemimpinan informal sebagai terdapat dalam clique serta kelompok-kelompok murid lainnya.

3. Pengaruh sekolah terhadap perilaku dan kepribadian semua pihak di Sekolah/Lembaga Pendidikan.

Peranan sosial guru-guru/tenaga pendidikan, Hakikat kepribadian guru/ tenaga pendidikan, Pengaruh kepribadian guru/tenaga kependidikan terhadap kelakuan anak/peserta didik, dan Fungsi sekolah/lembaga pendidikan dalam sosialisasi murid/peserta didik.

4. Lembaga Pendidikan dalam Masyarakat

Di sini dianalisis pola-pola interaksi antara sekolah/ lembaga pendidikan dengan kelompok-kelompok sosial lainnya dalam masyarakat di sekitar sekolah/lembaga pendidikan. Hal yang termasuk dalam wilayah itu antara lain yaitu Pengaruh masyarakat atas organisasi sekolah/lembaga pendidikan, Analisis proses pendidikan yang terdapat dalam sistemsistem sosial dalam masyarakat luar sekolah, Hubungan antarsekolah dan masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan, dan Faktor-faktor demografi dan ekologi dalam masyarakat berkaitan dengan organisasi sekolah, yang perlu untuk memahami sistem pendidikan dalam masyarakat serta integrasinya di dalam keseluruhan kehidupan masyarakat

Referensi Bacaan:
Parelius, Robert James & Ann Parker Parelius, The Sociology of Education, Engelwood cliffs, New Yersey: Prentice-hall, Inc. 1987;
Tomasevski, Karatina, Education Denied. Costs and Remedies. London & New york: Zed Books, 2003.
Maliki, Zainuddin, Sosiologi Pendidikan, Gajah Mada University Press, Yokyakarta, 2008.
Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "Pengertian Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli"