√ Pesantren Terpadu Daarul Ilmi Bandung Barat

Pesantren Terpadu Daarul Ilmi Bandung Barat


Pesantren Terpadu Daarul Ilmi (PTDI) adalah Lembaga Pendidikan Islami yang bernuansa Internasional yang terletak di Kampung Ciwaru, Desa Bojongmekar, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Seiring berjalannya arus globalisasi persaingan sumber daya manusia yang kian kompetitif, menuntut setiap individu mempunyai kualitas intelektual berstandar nasional dan internasional.

Nuansa itulah yang kemudian oleh lembaga pesantren terpadu Daarul Ilmi digambarkan dalam aspek kurikulum pembelajaran ilmu teknologi komputer serta percakapan bahasa asing seperti bahasa Arab, Inggris dan Jepang.

Namun yang perlu dipahami bahwa meskipun bernuansa internasional tidak berarti harus mengacu kepada sistem kapitalis Barat. Pesantren Terpadu Daarul Ilmi mengacu kepada nuansa internasional yang Dengan slogan “Quality is Our Tradition”, PTDI tidak pernah berhenti berkembang mengikuti zaman dan berinovasi guna mencapai hasil pendidikan yang lebih baik, yang tentunya tidak lepas dari ajaran Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhamad SAW.

Oleh karena itu, dalam proses pendidikannya, Pondok Pesantren Daarul Ilmi Bandung Barat berpegang pada Al-Qur’an dan Sunnah Rasul sebagai dasarnya. Hal ini juga yang kemudian kami implementasikan dalam aktivitas siswa/ santri yang menjadikan lembaga sebagai “Research School”.


PESANTREN TERPADU DAARUL ILMI BANDUNG BARAT
Sumber : Ponpes Terpadu Daarul Ilmi Bandung Barat

Pondok Pesantren Terpadu Daarul Ilmi Bandung Barat

Kurikulum Pesantren Terpadu Daarul Ilmi

Kelebihan Belajar di Pesantren Terpadu Daarul Ilmi yaitu terletak di lokasi strategis, yang membuat proses belajar mengajar akan lebih kondusif, dan tentunya sangat cocok untuk dijadikan tempat tujuan belajar. Adapun untuk Kurikulum Pembelajaran di Pondok Pesantren Terpadu Daarul Ilmi ialah sebagai berikut:

  • Konsep Pesantren Terpadu memiliki keseimbangan fikir dan dzikir serta spiritual dan intelektual.
  • Pesantren Terpadu merupakan konsep belajar yang sangat fleksibel, dimana siswa/siswi mendapat keuntungan ganda dengan belajar pengetahuan umum dan agama secara bersamaan.
  • Metode pengajarannya menggunakan pendekatan multiple intelligence sehingga memungkinkan anak untuk dapat belajar sesuai dengan kecerdasannya masing-masing.
  • Metode pembelajarannya menggunakan metode active and creative learning yang berbasis kompetensi.
  • Materi pelajaran disampaikan dalam bahasa Arab dan Inggris.Semua materi pelajaran merujuk kepada Al Quran dan hadits.
  • Setiap siswa dibekali menghafal Al Quran minimal 2 juz dalam setiap tahunnya.

Jenjang Pendidikan Pesantren Terpadu Daarul Ilmi

Jenjang Pendidikan Pesantren Terpadu Daarul Ilmi adalah 6 tahun, yaitu Tingkat Menengah pertama dan Tingkat Atas.

Materi pelajarannya merupakan perpaduan antara materi Diknas, Pondok Modern Gontor dan LIPIA Jakarta, plus materi pendidikan yang didesain langsung oleh tim pengembangan pendidikan Daarul Ilmi guna mencapai hasil pendidikan yang optimal (seperti life skills dll).

Untuk materi pelajaran yang diambil dari diknas disampaikan dalam bahasa Indonesia, adapun materi pelajaran yang bersumber dari Pondok Modern Gontor dan LIPIA Jakarta disampaikan dalam bahasa Arab dan Inggris.

Pendidikannya terdiri dari formal dan informal, yaitu formal: 07.00 s.d. 14.00 dan informal: 15.30 s.d. 07.00 WIB.

Metode Pembelajaran Pesantren Terpadu Daarul Ilmi

Metode pembelajarannya adalah metode yang senantiasa di up date sesuai dengan perkembangan zaman (kurikulum Berbasis Kompetensi) yang sudah dikembagkan melalui proses Active and Creative Learning yaitu sebuah pembelajaran siswa aktif atau siswa sebagai subyek pembelajaran dan siswa dibimbing dan dibantu untuk mengembangkan potensi masing-masing dan diarahkan untuk kreatif dan mampu melakukan analisa-analisa atau penelitian terhadap semua materi pelajaran serta mampu membuat tulisan-tulisan dari hasil proses pembelajaran yang ada.

Pengembangan dari kurikulum KTSP PLUS diantaranya adalah diharapkan siswa dapat melakukan penemuan penemuan baru dalam bidang sains dan teknologi dan mampu mengkorelasikan antara Al-Qur’an dengan sumua sumber pembelajaran.

Status Kelembagaan Pesantren Terpadu Daarul Ilmi

PTDI mendapatkan pengakuan berupa status terakreditasi dari Depdiknas Jawa Barat untuk Tingkat SMP & SMA dan Depag Bandung barat untuk pesantren.

Tenaga Pengajar Pesantren Terpadu Daarul Ilmi

Guru-guru yang diterjunkan dalam proses pendidikan di PTDI adalah mereka yang kompeten di bidangnya, yang telah mendapatkan pelatihan-pelatihan tentang metode pembelajaran yang faktual, yang memiliki dedikasi dan komitmen tinggi dalam mengembangkan kependidikan islam dan memiliki pengalaman yang baik dalam mengajar.

Mereka (para pengajar/ asatidz) diantarnya berasal dari universitas-universitas negeri dan swasta yang ada di pulau Jawa yaitu : ISID-Gontor, UIN, LIPIA-Jakarta, UPI-Bandung, Universitas Borobudur-Jakarta, Uninus-Bandung. Dll.

Profil Pondok Pesantren Terpadu Daarul Ilmi
Nama Pesantren
Pesantren Terpadu Daarul Ilmi
Nama Yayasan
Yayasan Daarul Ilmi Bandung
Pemimpin Pesantren
Ust. Suhardi Abdul Hamid Husaen
Alamat Pesantren
Kp. Ciwaru, Ds. Bojongmekar, Kec. Cipeundeuy, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat
Tahun Berdiri
Tahun 1993 M
Tahun Beroprasi
Tahun 1993 - Sekarang
No Akta
11. Tgl. 23 Januari 2008
Akta Notaris
Bpk. Nurdjaja. SH
NPWP
02-761.182-421.000
Luas Tanah
7 H
Luas Bangunan
1.400.M2
No. Surat Izin Bangunan
642.2/06/03/PSU/08
Status Tanah
Wakaf
Kurikulum Pesantren
Ilmu Al Qur'an dan Science
PESANTREN TERPADU DAARUL ILMI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel