√ Cara Membuat Injeksi Co2 Diy Untuk Aquascape

Cara Membuat Injeksi Co2 Diy Untuk Aquascape


Amaterasublog.com,- Hallo teman-teman aquascaper lovers, dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial terkait bagaimana cara membuat injeksi Co2 DIY (Doi It Yourself) untuk kebutuhan tanaman aquascape khusus pemula. Tutorial yang akan saya ulas ini tentunya sangat mudah dibuat dan pastinya low budget ya teman-teman :).

Co2 Untuk Tanaman Aquascape

Sebagaimana yang diketahui bahwa co2 (Karbon Dioksida) merupakan salah satu unsur penting untuk kebutuhan tanaman baik itu tanaman darat maupun tanaman air. Kedua jenis tanaman tersebut tentunya sangat membutuhkan asupan co2 agar bisa hidup dan berfotosintesis dengan baik.

Baca juga: Mahakarya Aquascape Takashi Amano

Salah satu kendala dari para aquascaper pemula yang memiliki budget minim adalah mahalnya harga tabung Co2 di pasaran. Sehingga tidak sedikit penghobi pemula yang akhirya menyerah akibat kesulitan dalam meyuplai kebutuhan Co2 untuk tanaman aquascape nya tersebut.

Bagi teman-teman aquascaper yang memiliki budget yang minim, jangan khawatir, dalam artikel ini saya akan memberikan tutorial cara mudah membuat injeksi Co2 DIY aquascape dengan modal murah namun tahan lama. Langsung saja berikut ini tutorial lengkapnya:

cara-membuat-injeksi-co2-diy-untuk-aquascape
Image : YT AB Channel

Berikut Cara Membuat Injeksi Co2 Diy Untuk Aquascape

#Bahan-Bahan dan Alat

  1. Air Hangat
  2. 250 Gram Gula Pasir (Rek: Gula Pasir yang berbawarna kekuningan/kecoklatan)
  3. 1/2 Sendok Ragi/Fermipan (Rek: Ragi Fermipan)
  4. 1/2 Sendok Teh Soda Kue (Rek: Soda Kue Merk Koepoe-Koepoe)
  5. 1 Sendok Teh Agar-Agar (Opsional) (Rek: Agar-agar Merk Swallow)
  6. Selang aerator (Selang aerator yang kuat)
  7. 1 buah botol plastik bekas ukuran 1.5 L, lengkap dengan tutup botolnya (Rek: Bekas botol minuman bersoda)
  8. 1 buah botol plastik bekas 600 ml, lengkap dengan tutup botolnya (Rek: Bekas botol minuman bersoda)
  9. Bor untuk melubangi tutup botol, atau bisa juga pake paku yang dipanaskan atau sejenisnya
  10. Lem korea atau lem silikon (Lem tembak)
cara-membuat-injeksi-co2-diy-untuk-aquascape
Bahan-Bahan dan Alat Untuk Membuat Co2 DIY
Note :
#1 Rek = Rekomendasi
#2 Sekedar informasi tambahan: Tutup Botol Co2 modifikasi siap pakai, sudah banyak dijual di toko online/ marketplace.

#Cara Membuat DIY CO2 Aquascape

  1. Siapkan alat dan bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Buatlah 1 lubang di tutup botol ukuran 1,5L. (Buat lubang seukuran dengan selang aerator usahakan lebih kecil sedikit agar tidak mudah terjadi kebocoran).
  3. Buatlah 2 lubang di botol ukuran 600ml (Buat lubang seukuran dengan selang aerator usahakan lebih kecil sedikit agar tidak mudah terjadi kebocoran).
  4. Selanjutnya, masukan selang aerator ke lubang tutup botol yang sudah di buat tadi. Skemanya seperti gambar di bawah, lalu lem dengan lem korea atau lem tembak agar tidak terjadi kebocoran (Diamkan hingga lem mengering).
  5. Isi botol besar dengan air hangat kira-kira seleher botol dan campuran gula, ragi, soda kue, dan agar-agar, dengan takaran yang sudah di sebutkan di atas (Setelah bahan-bahannya dimasukan, kocok-kocok sedikit agar sedikit menyampur).
  6. Selanjutnya isi botol kecil dengan air biasa sekitar 3/4 botol. Botol kecil ini berguna untuk menyaring alkohol dari botol besar yang terbawa bersama gas CO2 agar nantinya yang masuk dalam aquascape hanya CO2nya saja.
  7. Tutup kedua botol tadi dengan menggunakan tutup yang sudah di pasang selang tadi(lihat gambar di atas), lalu tunggu beberapa jam sampai gelembung muncul di botol 600 ml.
Cara Membuat Injeksi Co2 DIY untuk Aquascape
Skema Gambar : Cara Membuat Injeksi Co2 DIY untuk Aquascape
Note1 : Co2 DIY ini jika teman-teman gunakan dengan cara yang benar, maka Co2 yang akan dihasilkan dapat bertahan hingga 2-3 minggu lebih.
Note2 : Hal yang wajib teman-teman perhatikan setelah membuat Co2 DIY adalah pastikan tidak ada kebocoran sedikitpun baik itu selangnya maupun sambungan ke tutup botolnya.
Note3 : Jika di dalam botol besar sudah tidak lagi mengeluarkan gelembung, maka ganti dengan bahan-bahannya yang baru.

Penutup ...

Demikianlah tutorial singkat tentang Cara Membuat Injeksi Co2 DIY untuk Aquascape, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Semoga eksperimen dalam membuat Co2 DIY nya berhasil dan semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Gratis :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan

( 3 ) Komentar untuk "Cara Membuat Injeksi Co2 Diy Untuk Aquascape"