√ 5 Tips Membuat Video di Android Secara Mudah untuk Pemula

5 Tips Membuat Video di Android Secara Mudah untuk Pemula

5 Tips Membuat Video di Android Secara Mudah untuk Pemula
Sumber: https://static-cse.canva.com/image/59472/canva-video-maker-conent-image.png

Tips Membuat Video di Android - Sebelum teknologi maju pesat, proses membuat video terasa sulit karena harus dilakukan melalui perangkat komputer. Belum lagi, aplikasinya berbayar serta tidak ramah pemula.

Namun kini, Anda bisa membuat video secara mudah lewat smartphone. Bagi pengguna sistem pengoperasian Android, akses penggarapan video kini dapat dieksekusi dengan praktis berdasarkan perangkat lunak yang tersedia.

Zaman sekarang, pengguna smartphone dimudahkan oleh kamera berkualitas mumpuni. Tak tanggung-tanggung, ada jenis kamera yang sudah dilengkapi resolusi 4K, stabilitasi gambar secara otomatis, rentang dinamis tinggi, high wide range, dan deretan fitur canggih lainnya.

Kendati demikian, segala fitur dan teknologi yang canggih ini belum tentu bisa dimanfaatkan oleh semua orang. Ingin tahu cara membuat video di Android secara mudah bagi pemula? Yuk, simak dan terapkan tipsnya di bawah ini!

5 Tips Membuat Video di Android Secara Mudah untuk Pemula
Sumber: https://metroeast.org/wp-content/uploads/2020/03/video-mobile-phone.jpg


Tips Membuat Video di Android


1. Rekam Secara Horizontal

Tips pertama membuat video lewat ponsel Android adalah rekam secara horizontal. Hindari merekam secara vertical karena meski mudah digenggam, namun hasilnya tidak akan nyaman bila dilihat menggunakan layar monitor komputer atau laptop.

Perekaman secara horizontal akan mendukung output video berorientasi lanskap. Gambar yang diambil juga bakal lebih bagus dan luas. Usahakan untuk konsisten merekam video secara horizontal agar mudah saat diedit menggunakan aplikasi video di ponsel.

2. Perhatikan Area dengan Kontras Tinggi

Berhati-hatilah saat merekam video di area dengan kontras tinggi seperti sinar matahari yang super terang atau tempat gelap. Meski canggih, smartphone Anda tetap akan kesulitan untuk menyeimbangkan tingkatkontras pada gambar.

Coba posisikan diri Anda di suatu tempat di mana cahayanya kondusif dan mendukung. Kontras yang tinggi dapat terlihat keren untuk beberapa momen,namun tetap saja ia tidak bagus untuk perekaman video. Jangan sampai hasil gambar jadi buruk gara-gara kontras yang tinggi!

3. Jangan Gunakan Zoom

Smartphone tidak memiliki lensa yang dapat digerakkan seperti kamera kelas atas, sehingga keputusan untuk melakukan zoom saat merekam video bisa jadi kesalahan fatal. Alih-alih merekam jarak jauh dan dekat, kualitas gambar malah akan pecah dan tak enak dipandang.

Atur proses perekaman pada jarak yang stabil. Jika hendak menyorot, lebih baik dekati objek secara teratur dan perlahan. Meski manual, namun cara ini lebih efektif dan tidak akan mengganggu kualitas video.

4. Atur Eksposur Secara Manual

Jika kondisi pencahayaan tidak idealdan aplikasi kamera memungkinkan, aturlah tingkat eksposur secara manual demi hasil yang lebih baik. Faktanya, pengaturan otomatis bisa merusak kualitas gambar karena kita tidak tahu perubahan kondisi di lapangan.

Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukannya, coba tekan layar selama beberapa detik untuk mengakses pengaturan. Atur pemilihan eksposur ke mode manual. Jadi sejak awal, Anda telah memiliki setting tersendiri yang telah disesuaikan dengan area tempat merekam video.

5. Gunakan Aplikasi Edit Video yang Tepat

Memasuki tahap editing, pada akhirnya kita akan mengandalkan aplikasi editing video yang mumpuni dan mudah dioperasikan. Semakin cocok dengan aplikasi tersebut, maka proses membuat video akan terasa menyenangkan dan Anda bisa bebas bereksplorasi.

Proses pasca-produksi bakal terasa seru jika dijalani secara tepat. Ada ponsel yang sudah dilengkapi perangkat bawaan, ada juga aplikasi membuat video hingga editing di Play Store. Temukan pilihan Anda secara bijak agar hasilnya memuaskan.

Itulah tadi tips membuat video dari awal sampai akhir. Latihlah terus kemampuan Anda, temukan cara dan langkah terbaik sesuai kebutuhan pribadi. Selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel