√ Tips Menjaga Kesehatan Anak Pada Masa Pandemi

Tips Menjaga Kesehatan Anak Pada Masa Pandemi

Tips Menjaga Kesehatan Anak Pada Masa PandemiTips Menjaga Kesehatan Anak Pada Masa Pandemi

Sejak pertama kali kasus COVID-19 dikonfirmasi masuk ke Indonesia pada awal bulan Maret tahun 2020, membuat masyarakat menjadi paranoid akan penularan virus tersebut. Orang tua yang memiliki anak tentu merasa paling cemas dan khawatir akan kesehatan keluarganya terlebih anak-anaknya.

Bukan tanpa alasan, karena sebelum masuk ke Indonesia, terlebih dahulu informasi terkait keganasan akan pandemi virus corona yang terjadi di Wuhan Tiongkok telah beredar di berbagai media sosial. Hal inilah yang menjadi faktor akan kekhawatiran masyarakat Indonesia pada waktu itu menjadi tinggi dan berharap Vaksin Covid segera ditemukan.

Menurut Kemenkes, ada 4 kelompok yang diketahui lebih rentan terinfeksi virus corona antara lain yaitu orang lanjut usia (lansia), orang dengan riwayat penyakit tertentu, tenaga medis di rumah sakit dan anak-anak.

Berdasarkan pada kutipan Kemenkes di atas, ternyata ada beberapa kolompok yang lebih rentan terinfeksi virus corona, yang salah satunya adalah anak-anak. Nah, pada artikel kesehatan kali ini admin amaterasublog telah menghimpun berbagai informasi dari berbagi sumber terkait beberapa tips menjaga kesehatan anak di tengah Pandemi COVID-19. Langsung saja berikut ulasannya:

Berikut 6 Tips Menjaga Kesehatan Anak Pada Masa Pandemi COVID-19

1. Penuhi kebutuhan nutrisi anak

Agar anak senantiasa sehat yaitu dengan tercukupi nya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Pada dasarnya untuk menjaga daya tahan tubuh pada anak, tubuhnya memerlukan  asupan nutrisi berupa kandungan karbohidrat, protein, lemak dan air. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dari makanan pokok seperti lauk-pauk, buah-buahan, sayur-sayuran dan air mineral. Maka dari pada itu pastikan anak Anda kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik, guna terhidar dari berbagi macam virus yang masuk terutama COVID-19.

2. Ajarkan perilaku hidup sehat dan bersih

Agar terhidar dari berbagi macam penyakit, terutama penyakit virus corona, ajarkan anak-anak untuk membiasakan diri memakai masker saat hendak pergi ke luar rumah. Jangan lupa juga agar rajin cuci tangan di air mengalir, menutup mulut dan hidung dengan bagian dalam siku saat bersin/batuk. Serta berikan edukasi terhadap anak untuk tidak menyentuh mata atau wajah, dan mandi secara teratur setelah bepergian.

3. Ajak anak berolahraga

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, meskipun kita disarankan untuk di rumah saja, namun tubuh tetap harus bergerak agar tetap sehat dan juga bugar. Jangan lupa ajaklah anak-anak olahraga bersama setiap pagi minimal 30 menit saja. Olahraga bisa dilakukan di dalam rumah atau di depan halaman rumah, silahkan sesuaikan dengan kondisi tempat tinggal Anda.

4. Istirahat yang cukup

Tips penting lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh pada anak di tengah pandemi ini yaitu berikan anak istirahat atau tidur yang cukup. Waktu tidur yang dibutuhkan untuk bayi sekitar 18 jam, anak balita 12-13 jam, sedangkan untuk anak usia lima tahun  ke atas sekitar 10 jam sehari.

Kenapa tidur yang cukup itu sangat penting untuk kesehatan? hal ini dikarenakan dalam kondisi tidur, umumnya sel-sel rusak di dalam tubuh manusia akan beregenerasi menjadi sel-sel baru, sehingga ketika terbangun dari tidur yang cukup maka tubuh akan segar kembali.

5. Berikan suplemen tambahan untuk anak

Tips yang ke 5 agar kesehatan anak terjaga dengan baik di tengah pandemi ini yaitu berikanlah tambahan suplemen kepada anak. Salah satu suplemen yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu yang mengandung vitamin D.

Sebagaimana yang kita ketahui dari pernyataan para ahli bahwa, COVID-19 dapat diatasi dengan cara menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Nah, untuk menjaga daya tahan tubuh pada anak maka sebagai orang tua disarankan untuk memberikan suplemen tambahan yang mengandung Vitamin D.

Vitamin D mampu membantu meningkatkan sel-sel imunitas seperti sel T dan makrofag.

Meskipun dalam kondisi noramal, ketika anak berada di bawah sinar matahari secara alami akan menghasilkan vitamin D, namun di tengah pandemi seperti sekarang ini, anak-anak bisa saja kurang terpapar sinar matahari dikarenakan harus tetap berada di rumah. Maka dari pada itu berikanlah suplemen tambahan untuk anak.

6. Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter

Jangan ragu untuk langsung berkonsultasi dengan dokter jika terjadi perubahan suhu pada badan anak atau gejala yang mengarah ke COVID-19. Untuk gejala umum seperti demam, batuk kering, kesulitan bernapas atau sesak napas pada anak, kita sebagai orang tua sudah seharusnya jangan ragu mengkonsultasikan nya ke dokter terdekat.

Tips Menjaga Kesehatan Anak Pada Masa Pandemi
Gejala Umum Virus Corona

Jika di lingkungan Anda tinggal jauh dari dokter atau tempat layanan kesehatan, sebaiknya Anda  segera menghubungi layanan dokter online seperti Halodoc, sebuah layanan kesehatan yang bisa diakses melalui smartphone dimana pun Anda berada.

Halodoc merupakan salah satu aplikasi kesehatan terbaik di Indonesia, yang salah satu fitur unggulannya yaitu Tanya Dokter Umum dan Dokter Spesialis. Tenaga medis yang bekerjasama dengan Halodoc merupakan dokter aktif yang sudah berpengalaman dan terverifikasi.

Penutup...

Itulah 6 Tips Menjaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi COVID-19, semoga pandemi ini segera berlalu, serta Vaksin COVID-19 dari pemerintah dapat lulus uji klinis dan siap didistribusikan kepada seluruh masyarakat. Semoga bermanfaat :)

Disclaimer : Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Anak Pada Masa Pandemi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel