√ 7 Rekomendasi Sayuran yang Cocok ditanam di Rumah

7 Rekomendasi Sayuran yang Cocok ditanam di Rumah

7-rekomendasi-sayuran-yang-cocok-ditanam-di-rumah Tanaman Sayuran

amaterasublog.com,- Hallo teman-teman, pada postingan artikel kali ini saya akan membahas tentang 7 Rekomendasi Sayuran yang Cocok ditanam di Rumah. Kira-kira jenis sayuran apa saja sih yang cocok jika ditanam di rumah atau di pekarangan rumah?, nah untuk menambah wawasan terkait seputar dunia pertanian, langsung saja yuk simak artikel ini sampai selesai...

Sekilas Tentang Sayuran

Sayuran adalah jenis makanan yang berasal dari tumbuhan, biasanya dikonsumsi sebagai sumber serat, vitamin, mineral,dan antioksidan. Sayuran dikenal sebagai salah satu komponen penting dalam diet sehat dan bergizi karena rendah kalori dan tinggi gizi, serta dapat mencegah berbagai penyakit seperti kankerdan antioksidan. Beberapa contoh sayuran yang sering dikonsumsi antara lain bayam, brokoli, wortel, tomat, kentang, bawang, kubis, dan banyak lagi.

Sayuran juga sering menjadi pilihan bagi orang yang melakukan diet dan gaya hidup sehat, karena rendah kalori namun tinggi nutrisi. Selain dikonsumsi segar, sayuran sering diolah sebagai sup, sayur bening, tumis, salad, atau bahkan jus. Oleh karena itu, sayuran sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mendukung kegiatan sehari-hari. Untuk kamu yang ingin menanam sayuran, kamu bisa juga loh menanamnya di rumah atau di pekarangan rumah, namun tentunya harus disesuaikan juga dengan jenis sayurannya ya. Nah berikut rekomendasi dari saya terkait jenis-jenis sayuran apa saja yang cocok ditanam di rumah atau di pekarangan rumah:

7 Rekomendasi Sayuran yang cocok ditanam di Rumah

1. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang biasanya tumbuh di daerah tropis. Sayur bayam memiliki daun yang halus berwarna hijau gelap atau hijau muda, tergantung pada varietasnya. Sayur bayam memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, dan serat.

Sayuran bayam biasanya akan tumbuh dengan baik di daerah tropis, dan dapat tumbuh dengan bantuan sinar matahari tidak langsung atau teduh. Ini sangat cocok jika kita tanam di depan teras rumah dengan menggunakan teknik hidroponik.

2. Kangkung

Kangkung merupakan jenis sayuran yang sangat populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa. Sayuran kangkung memiliki tekstur yang renyah dan rasanya pun enak, apalagi jika dimasak dengan saus terasi atau sambal. Sayur ini juga kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, serta serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kangkung juga tergolong sayuran yang rendah kalori, sehingga cocok dikonsumsi bagi yang sedang menjalankan program diet.

Menanam sayur kangkung ini cukup mudah, kita bisa menggunakan teknik hidroponik atau langsung menanamnya di polybag. Caranya, kamu bisa menanam dari benihnya langsung, atau menggunakan stek batang kangkung yang kamu beli di pasar.

3. Pakcoy

Sayuran Pakcoy memiliki daun yang mirip dengan sawi, tetapi ukurannya lebih kecil dan rapat, dengan warna hijau. Pakcoy memiliki bentuk daun yang menyerupai kol, namun lebih kecil dan berbentuk bundar. Sayuran ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang sedikit pahit dan manis. Pakcoy sangat baik untuk kesehatan karena kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin K, folat, dan kalium.

Sama seperti bayam dan kangkung, sayuran pakcoy ini juga dapat kamu tanaman dengan teknik hidroponik atau menanamnya langsung di media polybag. Pakcoy sudah bisa dipanen dalam waktu 3-4 minggu setelah ditanam pada media hidroponik atau polybag mandiri.

4. Selada

Selada merupakan sayuran hijau yang biasanya dijadikan sebagai bahan dasar dalam berbagai jenis salad. Selada kaya akan serat dan memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti vitamin C, vitamin K, beta-karoten, folat, zat besi, kalsium dan potasium. Selain itu selada juga mengandung vitamin A, dan beberapa mineral seperti kalsium dan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Terlepas dari banyaknya manfaat dan khasiat yang terkandung pada sayuran selada, ternyata sayuran ini juga cukup mudah ditanaman di pekarangan rumah atau bahkan di teras rumah. Nah bagi kamu yang ingin coba menanam sayuran ini, kamu bisa menggunakan teknik hidroponik atau menanamnya langsung di media polybag.

5. Buncis

Sayuran buncis salah satu jenis sayuran yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan. Buncis memiliki bentuk yang panjangdan ramping dengan warna hijau kebiruan atau kuning kehijauan. Buncis memiliki tekstur yang renyah dan rasanya segar dengan aroma yang khas. Sayuran ini kaya akan nutrisidan silinder dengan warna hijau kekuning-kuningan. Bagian dalamnya berisi biji atau kacang yang dapat dimakan.

Buncis sangat bergizi karena mengandung banyak serat, protein, vitamn C, vitamin K, dan zat besi. Selain itu, buncis juga dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti direbus, ditumis, atau bahkan dijadikan sayur sop.

Buncis banyak tumbuh di daerah beriklim hangat, sehingga sangat cocok jika ditanam di halaman atau di depan rumah. Cara paling efektif dalam menanam buncis yaitu dengan cara menanamnya langsung dari bijinya, tanpa melalui proses penyemaian. Kamu bisa menggunakan media tanah gembur kemudian isi ke dalam polybag.

6. Toge

Sayuran toge adalah sejenis sayuran yang berasal dari biji kacang-kacangan. Toge dikenal juga dengan nama kecambah. Toge memiliki tekstur renyah dan rasa yang segar, sehingga cocok sebagai bahan dalam berbagai masakan seperti tumis sayuran, salad, dan mie goreng. Selaingerminasi. Toge memiliki tekstur yang renyah dan memiliki rasa yang sedikit manis. Selain itu, toge juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B6, asam folat, serat, protein, dan mineral seperti magnesium, besi, dan kalium. Toge sering dijadikan sebagai bahan tambahan dalam salad, mie goreng, atau sebagai pelengkap dalam masakan seperti sate atau sup.

Untuk menanam sayur toge di rumah caranya cukup mudah, kamu bisa menggunakan gelas plastik bekas sebagai media tanamnya. Sayur toge ini sudah dapat dipanen dalam waktu sangat singkat yaitu kurang lebih 2 sampai 3 hari.

7. Bawang Merah dan Bawang Daun

Sayuran yang cocok ditanam di rumah yang terakhir yaitu bawang merah dan bawang daun. Bawang merah merupakan bahan makanan yang berasal dari umbi tanaman Allium cepa. Bawang merah memiliki kulit yang sedikit merah dan dagingnya berwarna putih dengan rasa yang lebih manis dibandingkan dengan bawang putih.

Sedangkan Bawang Daun merupakan penamaan untuk daun yang berasal dari tanaman Allium cepa bawang merah. Tanaman ini jika dibiarkan nantinya umbinya akan membesar dan kemudian jadilah bawang merah.

Nah untuk menanam bawang merah dan bawang daun ini, kamu bisa menggunakan polybag sebagai medianya. Namun perlu diperhatikan bahwa tanaman ini membutuhkan sinar cahaya matahari yang maksimal (minimal 70% penyinaran) agar dapat tumbuh dengan baik. Kamu bisa menempatkan tanaman ini di depan rumah yang terkena sinar matahari langsung atau bisa juga di pekarangan rumah ya gaes ya...

Penutup ...

Demikianlah ulasan artikel tentang 7 Rekomendasi Sayuran yang Cocok ditanam di Rumah. Jika ada pertanyaan terkait isi artikel di atas, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Akhir kata, Semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "7 Rekomendasi Sayuran yang Cocok ditanam di Rumah"