√ 6 Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Hubungan Internasional

6 Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Hubungan Internasional

karir-untuk-lulusan-jurusan-hubungan-internasional Rekomendasi Karir Hubungan Internasional

amaterasublog.com,- Hallo teman-teman, pada postingan artikel seputar dunia kerja kali ini saya akan membahas tentang Rekomendasi Karir yang cocok untuk lulusan sarjana atau pascasarjana Jurusan Hubungan Internasional. Langsung saja berikut ulasannya:

Hubungan Internasional (HI) merupakan salah satu jurusan di bidang ilmu sosial dan politik yang mempelajari hubungan antar negara, organisasi internasional, serta aktor-aktor dalam dunia internasional. Jurusan ini mencakup berbagai topik seperti diplomasi, keamanan internasional, perdagangan internasional, hukum internasionalasional, serta aktor-aktor global lainnya.

Para mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional akan mempelajari sejarah hubungan internasional, diplomasi, keamanan internasional, perdagangan internasional, integrasi ekonomi regional, isu-isu lingkungan global, konflik global serta organisasi internasional seperti PBB, ASEAN, atau Uni Eropa.

Baca juga: 6 Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Perhotelan

Setelah lulus dari Jurusan Hubungan Internasional, lulusan dapat bekerja di berbagai bidang seperti diplomat, konsultan keamanan, analis kebijakan luar negeri, pengembangan bisnis internasional, serta pekerjaan yang berhubungan dengan organisasi internasional.

6 Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Hubungan Internasional

Lulusan Jurusan Hubungan Internasional cocok untuk bekerja di berbagai bidang pekerjaan yang terkait dengan perspektif global. Beberapa contoh bidang pekerjaan yang dapat dikejar oleh lulusan jurusan Hubungan Internasional antara lain:

1. Diplomasi

Sebagai diplomat, lulusan Hubungan Internasional dapat bekerja di institusi kebijakan luar negeri dan organisasi internasional.

2. Organisasi Internasional

Sebagai staf, penasihat atau pengurus di organisasi-organisasi internasional seperti PBB dan WTO

3. Jurnalistik/intelejen

Sebagai wartawan atau jurnalis internasional untuk media, menghasilkan kontribusi dalam media massa atau membantu mengumpulkan intelijen bagi lembaga pemerintah.

4. Pendidikan

Sebagai dosen atau pengajar di universitas atau lembaga pendidikan terkait Hubungan Internasional.

5. Bisnis

sebagai analis risiko politik atau penasihat strategi bilateral dan multilateral perusahaan, terlibat dalam perdagangan internasional, dan bekerja di perusahaan multinasional.

6. Studi Kepentingan Masyarakat (Public Interest Research)

Sebagai peneliti konsultasi terkait internasional atau di lembaga swadaya masyarakat atau perusahaan swasta.

Kesimpulannya, Jurusan Hubungan Internasional memberikan banyak opsi karir yang luas serta menarik bagi mahasiswa yang memiliki passion atau ketertarikan terhadap lingkungan internasional dan global.

Demikianlah ulasan artikel seputar dunia kerja tentang Rekomendasi Karir yang cocok untuk lulusan sarjana atau pascasarjana Jurusan Hubungan Internasional. Jika ada pertanyaan terkait isi artikel di atas, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah. Barang kali kita bisa berdiskusi. Semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "6 Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Hubungan Internasional"