√ Mitologi Dewa-Dewi Yunani Kuno

Mitologi Dewa-Dewi Yunani Kuno

mitologi-dewa-dewi-yunani-kunoMitologi Dewa-Dewi Yunani Kuno

Amaterasublog.com,- Hallo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang Mitologi Dewa-Dewi Yunani Kuno yang tersebar luas melalui tradisi lisan.

Kebanyakan Dewa-Dewi Yunani digambarkan seperti manusia, dilahirkan namun tak akan tua, kebal terhadap apapun, bisa tak terlihat, dan tiap dewa mempunyai karakteristik tersendiri. Karena itu, para dewa juga memiliki nama-nama gelar untuk tiap karakternya yang mungkin lebih dari 1 seperti Demeter. Dewa-dewi ini terkadang membantu manusia dan bahkan memperistri seorang wanita manusia dan menghasilkan anak yang setengah manusia setengah dewa, anak tersebutlah yang kemudian dikenal sebagai pahlawan.

Mitologi Dewa-Dewi Yunani Kuno


Asal Usul Arti Mitologi

Walaupun ada berbagai mitologi di seluruh dunia kata mitologi berasal dari Yunani yang terdiri dari 2 kata yaitu:

1. Muthos yang dalam bahasa Yunani berarti sebuah seni bahasa yang menjadi ritual.
2. Logos yang berarti sebuah kata, sabda, firman, cerita atau argumen yang meyakinkan.

Beberapa sumber yang dipakai sebagai rujukan mitologi Yunani antara lain adalah karya-karya Homerus dan Hesiodus.

Rentang Waktu Dewa-Dewi Yunani Kuno
  1. Masa Dewa-Dewi Dasar
  2. Masa Para Titan
  3. Masa Dewa-Dewi
  4. Masa Dewa dan manusia hidup bersama
  5. Masa Para Pahlawan
Twelve Olympians

12 Dewa Olimpus juga dikenal dengan sebutan Dodekatheon (Greek: δωδεκα /dodeka = 12, θεον /theon = dewa) dalam Mitologi Yunani adalah dewa dewi utama Yunani yang tinggal di puncak Gunung Olimpus. Ada sekitar 17 dewa dewi yang dianggap 12 Dewa Olimpus walaupun jumlahnya tidak lebih dari dua belas dalam satu daftar.

Dewa Dewi Olimpus

Zeus, Hera, Poseidon, Ares, Hermes, Hefestus, Aphrodite, Athena, Apollo dan Artemis selalu masuk dalam daftar Dewa Dewi Olimpus. Dua dari Hebe, Helios, Hestia, Demeter, Dionisius, Hades dan Persefone menjadi pelengkap dari kesepuluh dewa dewi itu.

Kisah Para Dewa

Hestia menyerahkan posisinya sebagai anggota Olimpus kepada Dionisius agar dapat hidup bersama manusia (akhirnya dia diangkat sebagai penjaga api di Olimpus) maka ia menolak disebut sebagai anggota Olimpus. Persefone tingal selama 6 bulan setiap tahunnya bersama suaminya Hades di dunia bawah tanah (konon mengakibatkan kegersangan di musim gugur dan dingin). 6 bulan lainnya, ia boleh kembali ke Olimpus dan tinggal bersama ibunya, Demeter. Walaupun Hades termasuk dewa utama Yunani, tetapi karena tinggal di dunia bawah tanah maka ia tidak erat dengan Olimpus. Dalam kisah lain, Helios memberikan tempatnya untuk Apollo. Hebe, seorang pembawa cawan anggur bagi para dewa menyerahkan posisinya di Olimpus untuk menikahi Herakles yang menjadi dewa Olimpus setelah wafat.

Karakteristik Dewa-Dewi Yunani

Setiap dewa dewi dalam Mitologi Yunani memiliki setidaknya satu unsur yang dikuasai dan dilindunginya. Unsur itu masing-masing adalah:

1. Dewa Zeus

Zeus adalah raja para dewa dalam mitologi Yunani. Dalam Theogonia karya Hesiodos, Zeus disebut sebagai "Ayah para Dewa dan manusia". Zeus tinggal di Gunung Olimpus. Zeus adalah dewa langit dan petir.

2. Dewi Hera

Hera adalah istri dari Zeus, adalah dewi pelindung pernikahan, pengorbanan dan kesetiaan.

3. Dewa Poseidon

Poseidon adalah penguasa laut sekaligus dewa gempa bumi dan kuda. Dia adalah putra Titan Kronos dan Rea. Dalam mitologi Romawi, dia dikenal sebagai Neptunus.

4. Dewa Ares

Ares merupakan anak dari pasangan Zeus dan Hera. Ia mempunyai dua orang pengawal yaitu Fobos dan Deimos. Ia dikenal sebagai dewa perang yang selalu haus akan pertempuran darah. Ares berkuasa atas alat-alat perang, penyerangan dan pertahanan kota, pemberontakan, penjarahan, kejantanan, serta keberanian.

5. Dewa Hermes

Hermes adalah dewa penunjuk jalan, pelindung para petualang,penggembala dan penghiburan. Ia juga utusan dewa Zeus.

6. Dewa Hefestus

Hefestus adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi dan pengrajin senjata.

7. Dewi Aphrodite

Aphrodite adalah dewi cinta, seks dan keindahan fisik.

8. Dewi Athena

Athena adalah dewi kebijaksanaan, perang, keindahan jiwa, seni dan pendidikan.

9. Dewa Apollo

Apollo adalah dewa cahaya, musik, tarian, obat-obatan dan pelindung para pepanah.

10. Dewi Artemis

Artemis adalah dewi pelindung hewan, perburuan, kesuburan dan kesucian.

11. Dewi Demeter

Demeter adalah dewi bunga, tumbuh-tumbuhan, makanan, argraris dan pelindung bahtera perkawinan.

12. Dewi Hestia

Hestia adalah dewi pelindung rumah, keluarga dan perapian.

Demikianlah ulasan artikel tentang Mitologi Dewa-Dewi Yunani Kuno, jika ada kekurangan terkait isi arikel di atas, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "Mitologi Dewa-Dewi Yunani Kuno"