.

JENIS BAHAN KAIN UNTUK MEMBUAT PAKAIAN



JENIS BAHAN KAIN UNTUK MEMBUAT PAKAIAN
Ilustrasi Bahan Kain
JENIS-JENIS BAHAN KAIN YANG BIASA DIPAKAI UNTUK MEMBUAT KAOS – KEMEJA - JAS DAN JUGA SWEATER



Berikut adalah ulasan tentang beberapa  jenis kain yang biasa dipakai oleh konveksi atau distro untuk memproduksi kaos, kemeja, jas (semi jas) dan juga sweater (hoodie) dll :


KAIN COTTON COMBED

COTTON COMBED (20S, 24S, 30S, 40S) Ciri-cirinya bisa dilihat dari serat benang lebih halus, hasil rajutan dan penampilan lebih rata, sehingga kaos cotton combed sangat nyaman dipakai di cuaca tropis dan dapat menyerap keringat (alias tidak gerah). Bahan cotton combed banyak dipakai untuk bahan kaos-kaos distro dewasa ini.

KAIN COTTON CARDED

COTTON CARDED Ciri-cirinya hampir sama dengan kain cotton combed, hanya saja terdapat perbedaan pada penampilan serat benang yg kurang halus, hasil rajutan dan penampilan bahan kurang rata.

KAIN TC (TETERON COTTON)

TC (TETERON COTTON) Merupakan campuran dari Cotton Combed 35 % dan Polyester (Teteron) 65%. Dibanding dengan bahan Cotton, bahan TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan. Namun kelebihannya jenis bahan TC lebih tahan ‘shrinkage’ (tidak susut atau melar) meskipun sudah dicuci berkali-kali.

KAIN CVC ( COTTON VISCOSE)

CVC ( COTTON VISCOSE) Merupakan campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.

KAIN PE

PE Terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan yang untuk produk plastik berupa biji plastik. Karena sifat bahan dasarnya, maka jenis bahan ini tidak bisa menyerap keringat dan panas dipakainya.

KAIN HYGET

HYGET Jenis bahan ini juga terbuat dari bahan dasar plastik, namun lebih tipis. Banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai.

KAIN LACOSTE

LACOSTE Merupakan jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat kaos POLO / Wangki / KAOS BERKKERAH.

KAIN FLEECE

FLEECE Biasanya untuk membuat sweater dan hoodie. Bahan tebal, tekstur bagian dalamnya berbulu seperti kapas.

KAIN BABY TERRY

BABY TERRY Bahan ini memiliki karakteristik menyerupai bahan Fleece bahkan susah membedakanya bagi orang yang awam. Serat serat di dalamnya lebih kecil dan lebih halus, sehingga jika di buat menjadi Sweater akan lebih nyaman dan lebih lembut dari pada Fleece. Untuk membedakan bisa dilihat dari tekstur dalamnya mirip dengan handuk hanya garis-garis seratnya lebih tipis, baby terry biasa dipakai untuk jaket / sweater atau cardigan.

KAIN TERRY DOORS

TERRY DOORS Bahan ini memiliki karakteristik menyerupai bahan Baby Terry bahkan susah membedakanya bagi orang yang awam. Hanya bahan ini lebih tebal dari bahan baby terry. Serta mirip dengan bahan fleece hanya saja permukaan dalamnya tidak diberi bulu / kapas dan yang jelas tekstur dalamnya seperti handuk seperti baby terry hanya saja lebih kasar seratnya.

KAIN SPANDEX

SPANDEX Bahannya yang lentur dan halus, merupakan bahan yang biasa untuk dibuat cardigan, atau juga pakaian cewek.

KAIN DRILL

DRILL Berbahan licin, biasa dipakai untuk membuat jas dan setelan.

KAIN KANVAS

KANVAS Bahan yang tebal dan kaku, yang biasa dipakai untuk bahan dasar jaket anak muda.

KAIN BABY KANVAS

BABY KANVAS Bahan kanvas yang tipis, yang biasa dipakai untuk bahan kemeja.

KAIN LOTTO

LOTTO Bahan Lotto ini biasanya digunakan untuk sweater/pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty. tiga jenis kain diatas adalah bahan yang sering digunakan untuk bahan jaket sporty. Lotto dan Diadora adalah bahan jaket yang agak mengkilat dan diadora agak lebih tebal, sementara Adidas lebih tidak mengkilat.

KAIN SATIN

SATIN Satin adalah jenis kain yang ditenun dengan dengan menggunakan teknik serat filamen sehingga memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap dan licin.

KAIN MICRO

MICRO Begitulan orang konveksi menyebut untuk bahan yang satu ini. Bahan ini alurnya (serat) sangat kecil, dipegang cenderung licin. Biasanya digunakan untuk bahan jaket resmi dan celana resmi. Sifat bahanya jatuh, sehingga tidak mudah kusut.

KAIN TASLAN

TASLAN Bahan ini paling terkenal paling eksklusif,karena bahan ini termasuk bahan anti air, sebenarnya bahan taslan ini banyak macamnya seperti taslan salur, taslan korea, taslan Lokal, atau taslan taslan yang lain.

15 Responses to "JENIS BAHAN KAIN UNTUK MEMBUAT PAKAIAN"

  1. Untuk model kain yang paling bagus untuk kaos seragaman yang mana ya mas?

    ReplyDelete
  2. Nah ini yg saya cari gan, dan pd akhirny ktmu juga # thanks

    ReplyDelete
  3. Baru tau begitu banyak sekali jenis bahan kain..

    ReplyDelete
  4. Kebetulan aku ada niat di bidang fashion, ijin save link ya :) gabyalma.wordpress.com

    ReplyDelete
  5. Klau bisa sertakan gambarnya juga gan, biar makin kece

    ReplyDelete
  6. Ternyata banyak jenis kain ya,kirain kain cuma satu jenis aja,trimakasih infonya gan,sangat bermanfaat!!

    ReplyDelete
  7. Jadi tau nih ternyata banyak jenis kain. Biasanya yang sering dengar cuman jenis cotton combed

    ReplyDelete
  8. ternyata banyak juga jenis jenis kain. sedikit saran sih lebih bagus lagi kalau ada gambarnya gitu.

    ReplyDelete
  9. Ane mau beli kain buat bikin kemeja, terus searching, eh ketemu blog ini...dan akhirnya ane tau kain apa yg cocok untuk di jadiin kemeja

    ReplyDelete
  10. Bahan yang kuat dan aman tanpa luntur apa ya dari deretan diatas min

    ReplyDelete
  11. ternyata jenis kain tu bnyk bgt ya bro, baru tau gw

    ReplyDelete