Pengertian Tentang Web, Url, Situs, dan Blog - amaterasublog.com

Pengertian Tentang Web, Url, Situs, dan Blog

PENGERTIAN TENTANG WEB, URL, SITUS, DAN BLOG

MENGETAHUI LEBIH DALAM TENTANG WEB, URL, SITUS, DAN BLOG
WEB, URL, SITUS, DAN BLOG
Berikut ini saya akan membahas tentang pengertian apa itu Web, Blog, Url dan Situs. Banyak diantara kita yang masih keliru dalam memahami istilah yang sudah popular di zaman serba digital ini yang ironinya hampir semua orang menggunakan jasa jaringan Internet, namun masih masih banyak orang yang belum mengerti dengan istilah-istilahnya. Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas lebih dalam mengenai istilah dan definisi Web, Url, Situs dan Blog.
MENGETAHUI LEBIH DALAM TENTANG WEB, URL, SITUS, DAN BLOG
WWW / WEB

PENGERTIAN WWW / WEB

Waring Wera Wanua atau World Wide Web (disingkat WWW dan Web) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.

WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW atau biasa disebut Web adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, audio, video dan juga animasi.

Fasilitas WWW atau Web tergolong masih baru dibandingkan surel (email), sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen-dokumen yang sangat banyak yang berada pada komputer server (web server), di mana server-server ini tersebar di lima benua, dan terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language). Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lainnya. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut hypertext. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung audio atau suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hypermedia.

Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling terkoneksi menggunakan hyperteks link. Dengan mengklik hyperlink, maka bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.
MENGETAHUI LEBIH DALAM TENTANG WEB, URL, SITUS, DAN BLOG
URL (UNIFORM RESOURCE LOCATOR)

PENGERTIAN URL (UNIFORM RESOURCE LOCATOR)

Istilah URL yakni singkatan dari Uniform Resource Locator (jika diterjemahkan: Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen-dokumen dapat merujuk pranala ke Jejaring Jagat Jembar atau World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.

URL menunjukkan sumber daya Internet atau alamat sebuah halaman web (homepage) yaitu halaman suatu dokumen atau program yang ingin ditampilkan atau digunakan. Secara umum perlu memasukkan tiga informasi untuk menuju ke alamat tertentu, yaitu :
➥Protokol
➥Alamat Server
➥Path File

Bagian pertama URL menunjukkan protokol misalnya http:// atau https://. Protokol adalah persetujuan bersama yang digunakan untuk berkomunikasi dengan Hypertext Transfer Protocol. Bagian kedua URL menunjukkan alamat server dimana sumber daya tersebut terletak, misalnya www.microsoft.com untuk website Microsoft Corporation. Bagian ketiga URL adalah path file yaitu menunjukkan lokasi dan nama dokumen atau program dalam server tersebut, misalnya: kb/deskapp/word/q1974.html. di mana kb/deskapp/word/ adalah lokasi file dan q1974.html adalah nama berkas dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

MENGETAHUI LEBIH DALAM TENTANG WEB, URL, SITUS, DAN BLOG
SITUS

PENGERTIAN SITUS

Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi "akar" (root), yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi "beranda", "halaman muka" atau laman web), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanansurat elektronik (e-mail), dan lain-lain.

Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.

Adapun untuk penjelasan secara detail dan terperinci terkait apa itu Website, definisi Website, serta profesi pengembangan Aplikasi Web, silahkan kunjungi tautan link di bawah ini :
Tentang Website Serta Profesi Pengembangan Aplikas Web
MENGETAHUI LEBIH DALAM TENTANG WEB, URL, SITUS, DAN BLOG
CMS BLOGGER

PENGERTIAN BLOG

Blog adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media Blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, dimiliki oleh perusahaan Pyra Labs yang disebarluaskan pada Agustus 1999. Karena kepopuleran tersebut, Pyra Labs akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

➤Fungsi Blog

Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting. Dalam perkembangan sekarang, blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpasang di blog. Untuk dapat menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung/visitor.

➤Cara Membuat Blog

Langkah awal sebelum membuat blog, Anda harus memiliki surel atau surat elektronik (Email). Email di butuhkan saat Anda hendak mendaftar blog nantinya. Jika Anda belum mempunyai Email, Anda bisa membuatnya di situs penyedia Email gratis, seperti : Gmail, Yahoo, Hotmail, dll.

Banyak penyedia blog gratis, seperti : Blogdetik.com, tumblr.com, weebly.com, dan banyak lainnya. Platform blog yang paling populer saat ini adalah Blogger.com dan Wordpress.com. [Artikel Lain : Perbedaan Blog dan Website]

Penutup

Mungkin cukup sekian ulasan mengenai Pengertian Web, Url, Situs dan Blog. Tulisan ini hanya untuk menunjang pemahaman mengenai istilah dan definisi di atas, jika ada salah-salah pengertian mohon dikrokesi dengan menginggalkan komentar di bawah. Terimakasih sudah berkunjung di www.amaterasublog.com, semoga bermanfaat :-)
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

8 Responses to "Pengertian Tentang Web, Url, Situs, dan Blog"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel