.

MEMAHAMI LEBIH DALAM PENGERTIAN DOMAIN DAN HOSTING

Artikel ini mengulas tentang pengertian Domain dan Hosting. Apa itu Domain? Apa itu Hosting? berikut adalah penjelasan keduanya:
DOMAIN DAN HOSTING

Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang pengertian Domain dan Hosting. Banyak diantara kita yang masih belum tahu dan masih keliru dalam mengartikan dua istilah di atas, maka dari itu untuk memahami lebih dalam pengertian domain dan hosting silahkan baca artikel ini sampai selesai. Berikut adalah ulasan lengkapnya; Pengertian Domain dan Hosting.

PENGERTIAN DOMAIN

Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.


Nama domain sendiri berfungsi untuk mempermudah bagi pengguna internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "Niagahoster.co.id". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Domain atau domain name adalah alamat website yang dituliskan pengguna Internet di kolom bar URL. Contohnya: Niagahoster.co.id, Domainesia.com.
Klik di sini untuk mendapatkan domain di Niagahoster.co.id


Klik di sini untuk mendapatkan domain di Domainesia.com


Klik di sini untuk mendapatkan domain di  Penyedia Domain Gratis

Seperti halnya contoh “ domainname.com ” pasti memiliki website yang bisa dibuka. Website itulah yang disebut dengan Hosting. Untuk memiliki domain, Anda harus mendaftarkan nama domain ke domain registrer, contohnya ke Hostinger.co.id.

Nama domain dikelola oleh organisasi nonprofit, yang bernama ICANN. Mereka yang mengatur bagaimana domain TLD bisa sampai sekarang ini. Domain mengarah ke web hosting melalui DNS Server, DNS mengarahkan domain pada web hosting. Setiap web hosting memiliki IP Address, IP Address inilah yang menjadi alamat web hosting. Domain hanyalah alat untuk mempermudah manusia menuliskan alamat web. Bayangkan jika kita harus mengingat 12 digit nomor untuk mengunjugi google, atau IP address versi 6 yang mencapai 16 digit.

Jika domain diibaratkan alamat, maka hosting adalah rumah yang kita miliki. Misalnya adalah website atau blog.

MEMAHAMI LEBIH DALAM PENGERTIAN DOMAIN DAN HOSTING
PENGERTIAN HOSTING

Hosting atau Layanan web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Jika dianalogikan, website adalah sebuah bangunan, maka hosting adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sebuah hosting terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu hosting berbagi (Shared Hosting), hosting dedikasi (Dedicated Hosting), VPS (Virtual Private Server) dan server kolokasi (Colocation Server).

Hosting berbagi (Shared Hosting)
Hosting berbagi adalah layanan hosting di mana sebuah akun hos ditaruh bersama-sama beberapa akun hos lain dalam satu server yang sama, dan memakai pelayanan bersama-sama. Satu website berbagi resource server seperti RAM dan CPU dengan user lain. Satu server bisa dihuni sedikit, sedikit sekali, ratusan hingga ribuan klien. Sesuai konsep berbagi, biaya pemeliharaan server tentu dibagi sesuai jumlah klien. Semakin banyak klien yang menghuni satu server, maka biasanya semakin murah biaya sewa yang harus dibayarkan klien.

Server Dedikasi (Dedicated Server)
Server terdedikasi adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam hos berbagi (shared hosting) atau VPS. Server-server tersebut bisa disediakan sendiri oleh penyewa atau dipinjamkan dari pemilik lokasi pusat data (data center) kepada penyewa. Provider menyediakan satu set web server fisik lengkap dengan sistem operasinya. User mendapat root akses untuk masuk ke web servernya, dan bertugas melakukan pemeliharaan server yang telah disediakan melalui akses yang telah disediakan.

Server Privat Maya (Virtual Private Server)
Virtual Private Server (VPS) dibuat dengan membagi resource server fisik ke dalam server-server virtualisasi dimana resource dapat dialokasikan dengan suatu cara yang tidak akan mempengaruhi hardware server secara langsung. Oleh sebab itu, di dalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan.

Server kolokasi (Colocation Server)
Server kolokasi adalah server yang dititipkan disuatu tempat penyedia jasa internet dimana penyedia jasa internet tersebut memberikan arus listrik, koneksi internet, dan pendingin ruangan, dan rack tempat meletakkan server. Server tersebut sepenuhnya milik pelanggan dan dikelola sendiri oleh pelanggan. Pelanggan tidak diharuskan menyewa server pada penyedia jasa internet. Adalah tanggung jawab pelanggan untuk mengunjungi data center. Melakukan upgrade hardware atau perubahan lainnya pada server kolokasi yang dimiliki.

Mungkin cukup sekian ulasan mengenai pengertian Domain dan hosting. Tulisan ini hanya untuk menunjang pemahaman mengenai istilah dan definisi di atas, jika ditemukan ada salah-salah pengertian mohon dikrokesi dengan menginggalkan komentar di bawah. Terimakasih sudah berkunjung di www.amaterasublog.com, semoga bermanfaat :-)

24 Responses to "MEMAHAMI LEBIH DALAM PENGERTIAN DOMAIN DAN HOSTING"

  1. maanfaat banget gan bagu pemula seperti ane :v

    ReplyDelete
  2. Manteb, makasih gan, lagi cari ² domain murah juga

    ReplyDelete
  3. makasih infonya,gan..
    jadi tau tempat-tempat pemesanan domain yg murah

    ReplyDelete
  4. Saya dari dulu sudah tahu hosting, tp ga pernah pakai, pakai yang gratisan dari Google aja.. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip gan... memang tergantung selera dan kebutuhan, terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
  5. Saya juga hanya tau tp tetap pakai geratisan....
    Ngirit hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip gan... memang tergantung selera dan kebutuhan, terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
  6. Mantal gan artikelnya mudah dipahami serta menambah wawasan

    ReplyDelete
  7. Ane ga mau komentar atas artikel ini .... yang ane komentari desain blognya itu loh bikin anuuu om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zheehahaha terimakasih mastah, ane masih dalam tahap belajar :v

      Delete

Trending