Cara Menghapus File Cache Android Yang Sulit Dihilangkan - amaterasublog.com

Cara Menghapus File Cache Android Yang Sulit Dihilangkan

Cara Menghapus File Cache Android Yang Sulit Dihilangkan

Cara Menghapus File Cache Yang Sulit Dihilangkan Cara Menghapus File Chache di Android
Amaterasublog – Hallo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sebuah tutorial tentang Cara Menghapus File Cache Android Yang Sulit Dihilangkan.

Pada setiap android pasti ada yang namanya cache, cache merupakan file sampah dari sisa data sementara dari aplikasi yang terpasang atau data sementara dari sebuah website. Cache ini memiliki fungsi utama yaitu untuk membuat load dari sebuah aplikasi dan halaman website yang kita akses, oleh karena itu sebenarnya cache ini memiliki peran yang cukup penting untuk meningkatkan performa dari android.

Dengan adanya cache pada sebuah android, browser tidak perlu lagi mengunduh data dari website yang sebelumnya pernah kita kunjungi dan kita dapat mengakses website tersebut dengan cepat. Hal ini juga sama dengan aplikasi, dengan adanya cache dari sebuah aplikasi, saat kita membuka aplikasi tersebut maka loading aplikasi tersebut menjadi lebih cepat.

Baca Juga Artikel menarik lainnya di PAKUJATEA BLOGGER

Cache ini memiliki cukup banyak kegunaan, tapi meskipun begitu cache  juga memiliki kerugian. Semakin banyak file data cache yang ada di memori smartphone , maka memori semakin terisi penuh dan akibatnya smartphone kita menjadi lemot. Meskipun terkadang browser dan aplikasi dapat menghapus cache tersebut secara otomatis dalam jangka waktu tertentu, namun terkadang ada masalah dimana cache tersebut tidak terhapus secara menyeluruh. Apabila terjadi seperti ini, maka kita harus menghapusnya secara manual.

Kalian tidak perlu khawatir lagi saat menghapus cache, karena menghapus cache tidak akan menghapus data dari aplikasi tersebut dan sama sekali tidak berbahaya maupun mempengaruhinya. Sebelum kita beranjak ke tahap tutorialnya, pertama saya akan jelaskan terlebih dahulu tentang keuntungan menghapus cache yang ada pada smartphone kita.
  1. Mengurangi isi memori dari smartphone.
  2. Mempercepat dan meningkatkan performa pada android.
  3. Memperbaiki aplikasi android yang sedang dalam masalah.
  4. Membuat tampilan halaman web menjadi fresh.

Tutorial Cara Menghapus File Cache Android Yang Sulit Dihilangkan

Cara Menghapus Cache dari Satu Aplikasi di Android

Cara ini sangat cocok dilakukan untuk kalian yang memiliki aplikasi yang sering bermasalah. Dengan beberapa cara ini kalian dapat menghapus salah satu cache aplikasi tanpa menghapus nya dari sebuah aplikasi ataupun browser yang lain. Jadi cara ini sangat efektif untuk aplikasi yang sering menemui masalah. Caranya sangat mudah, berikut ini adalah tutorialnya:
Cara Menghapus File Cache Android Yang Sulit Dihilangkan
Menghapus Cache dari Satu Aplikasi di Android
  1. Masuk ke Pengaturan, kemudian tekan Aplikasi terinstall atau bisa juga Apps (pada beberapa perangkat namanya Aplication Manager).
  2. Setelah itu,  pilih salah satu aplikasi yang ingin kalian hapus data cachenya.
  3. Setelah memilih salah satu aplikasinya, maka akan muncul tampilan beberapa informasi dari aplikasi yaitu berupa ukuran data cache dari aplikasi tersebut. Untuk menghapus cachenya silahkan kalian tekan "Hapus Cache".
  4. Silahkan kalian ulangi langkah diatas pada aplikasi lain yang ingin kalian hapus data cachenya.

Menghapus Cache dari Semua Aplikasi di Android

Apabila kalian merasa bahwa smartphone kalian sudah terasa sangat lemot, tetapi kalian tidak tahu apa penyebabnya, maka kalian bisa coba menghapus semua cache dari aplikasi yang terinstall di smartphone android kalian. Tapi cara yang satu ini hanya bisa digunakan oleh smartphone yang menggunakan OS android 4.2 ke atas. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Cara Menghapus File Cache Android Yang Sulit Dihilangkan
Menghapus Cache dari Semua Aplikasi di Android
  1. Masuk ke Pengaturan, kemudian ke Storage atau Penyimpanan.
  2. Disana akan ada banyak informasi yang ditampilkan seperti penyimpanan data, dan penggunaan data, serta cache yang ada. Silahkan kalian tekan pada "informasi Cache data" sampai muncul sebuah pop-up yang mengatakan akan menghapus semua cache aplikasi yang terinstall.
  3. Setelah itu, silahkan kalian tekan tombol "Lanjutkan" untuk melakukan penghapusan.

Penutup

Mungkin cukup sekian ulasan tentang Tutorial Cara Menghapus File Cache Android Yang Sulit Dihilangkan. Jika ada yang ingin ditanyakan terikait isi artikel di atas, silahkan komen di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah. Semoga bermanfaat :)

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 Responses to "Cara Menghapus File Cache Android Yang Sulit Dihilangkan"

  1. ternyata ada cara simple untuk hapus semua cache ya, selama ini saya hapus 1 per satu, makasih sharingnya mas

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel