√ Manfaat Penggunaan Teknologi Jaringan Komputer

Manfaat Penggunaan Teknologi Jaringan Komputer

Manfaat Penggunaan Teknologi Jaringan KomputerTeknologi Jaringan Komputer

Amaterasublog, – Hallo teman-teman, pada pembahasan seputar teknologi kali ini saya akan mengulas tentang Manfaat Penggunaan Teknologi Jaringan Komputer.

Seiring perkembangan zaman, teknologi sudah banyak mengalami peningkatan yang begitu pesat. Salah satu perkembangan teknologi yang saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat luas adalah teknologi jaringan komputer. Dimana banyak sekali orang yang saat ini melakukan berbagai macam pekerjaan dengan menggunakan teknologi tersebut.

Teknologi Jaringan Komputer

Teknologi jaringan komputer (computer network) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Teknologi jaringan komputer sendiri pertama kali dikembangkan pada tahun 1940-an di Amerika oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken.

Skema Teknologi Jaringan Komputer

Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Dalam hal ini pihak yang meminta dan menerima layanan disebut dengan klien (client) sedangkan pihak yang memberikan atau mengirim layanan disebut dengan peladen (server). Skema ini disebut dengan sistem (client-server), yang mana sitem ini digunakan di hampir seluruh teknologi jaringan komputer.

4 Manfaat Utama dalam Penggunaan Teknologi Jaringan Komputer

1. Mudah Berbagi Berkas (Sharing Files)

Dengan adanya teknologi jaringan komputer, tentu menjadi sebuah hal yang sangat menguntungkan karena dapat dengan mudah melakukan kegiatan berbagi berkas atau data (sharing files). Biasanya hal ini dilakukan oleh sebuah perusahaan yang pastinya memiliki banyak sekali data yang harus di kroscek satu dan yang lainnya.

Proses sharing data tentunya akan semakin mudah dengan adanya pemanfaatan teknologi jaringan komputer. Dimana waktu yang di butuhkan cenderung lebih efisien di bandingkan dengan melakukan cara manual dalam melakukan sharing data.

2. Arus Informasi Menjadi Cepat

Manfaat lain dari penggunaan teknologi jaringan komputer yaitu dapat membuat lebih cepatnya arus informasi. Sesuai dengan apa yang telah di sampaikan sebelumnya, adanya teknologi jaringan komputer akan mempercepat waktu penyampaian informasi, sehingga arus informasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan bisa dilakukan secara cepat dan lebih maksimal.

3. Sebagai Sumber Informasi

Salah satu manfaat adanya teknologi jaringan komputer berdampak pada proses pendidikan yang ada saat ini. Dimana dengan adanya pemanfaatan jaringan komputer secara tepat bisa menjadi media bagi guru dan murid untuk kemudian lebih mudah mendapatkan informasi. Sehingga proses pembelajaran di kelas bisa dilakukan secara maksimal sesuai dengan tujuan dari pendidikan itu sendiri.

4. Sebagai Media Promosi

Teknologi jaringan komputer sebagai media promosi sudah banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis atau pengusaha. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa, pembisnis atau pengusaha sangat membutuhkan promosi dalam pemasaran produk yang ingin dijual. Seiring perkembangan teknologi jaringan komputer, media promosi (contoh: media online) menjadi alat yang sangat penting untuk pengembangan suatu bisnis. Tak heran jika banyak pengusaha yang melakukan berbagai hal untuk bisa menggaet para konsumen secara lebih luas dengan memanfaatkan media promosi jaringan komputer atau internet.

Baca Juga: Mengenal Teknologi Rekayasa Otomasi

Penutup ...

Demikianlah ulasan tentang Manfaat Penggunaan Teknologi Jaringan Komputer, jika ada pertanyaan atau hal lainnya yang berhubungan dengan isi artikel di atas, silahkan tulis di kolom komentar bawah. Semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Gratis :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan

( 6 ) Komentar untuk "Manfaat Penggunaan Teknologi Jaringan Komputer"

  1. namun, jika salah menggunakan atau kurang kehati-hatian, data pribadipun bisa tersebar, ada plus-minusnya ini... :D

    BalasHapus
  2. Setuju banget! Semenjak adanya teknologi jaringan komputer, berbagi file jadi makin mudah, bahkan cuma hitungan detik kita sudah bisa menerima file yang dibagikan itu.

    BalasHapus
  3. memang enak banget kalau jaringan udah jadi mau kirim-kirim file ga usah nyamperin komputer yang jauh letaknya tinggal klik2 aja

    BalasHapus
  4. Materi wajib yang ada di tiap perkuliahan IT, teknik informatika, ilmu komputer, sistem informasi, bahkan manajemen informatika dan ilmu komunikasi pun ada nih materinya.

    Nice artikel

    BalasHapus
  5. Setuju nih, semenjak adanya jaringan saya bisa berbagi file, foto dan data dengan cepat

    BalasHapus
  6. Wah, saya baru tahu istilah teknologi jaringan komputer ini. Padahal mungkin saya sudah pernah merasakan manfaatnya. Terima kasih informasinya, kakak.

    BalasHapus