Cara Mendapatkan Backlink Gratis - amaterasublog.com

Cara Mendapatkan Backlink Gratis

Cara Mendapatkan Backlink Gratis Untuk Pemula

Hallo teman-teman blogger, pada pembahasan artikel kali Admin Amaterasublog akan membagikan tips blogging:  Cara Mendapatkan Backlink Gratis, Banyak dan Berkualitas.

Namun, sebelum beranjak ke pokok pembahasan di atas, terlebih dahulu saya akan membahas apa itu Backlink dan apa Manfaatnya. Langsung yuk simak ulasan berikut ini:

Apa Itu Backlink? Dilansir dari laman Wikipedia, Backlink atau Pranala Balik adalah sebuah link yang masuk atau mengarah ke halaman situs web/ blog. Sedangkan dalam terminologi dasar link, backlink merupakan link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.

Baca Juga: Pengertian Tentang Web, Url, Situs, dan Blog

Backlik sendiri dibagi menjadi 2, Backlink dengan tag Dofollow dan Nofollow. Secara singkat arti dari tag "dofollow" adalah Google akan mengikuti backlink tersebut, sedangkan tag "nofollow" artinya Google tidak mengikuti backlink tersebut. Untuk lebih detailnya lagi  silahkan baca : Backlink Dofollow dan Nofollow

Apa Manfaat Backlink? Peran Backlink tentunya sangat penting dalam membantu perkembangan website atau blog di mata Search Engine. Hal ini dikarenakan backlink merupakan salah satu teknik SEO yang sejauh ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan web/ blog.
Note: Backlink yang berkualitas adalah backlink yang bersumber dari situs web terpercaya atau dari situs web dengan niche yang mirip dengan web/ blog yang kita miliki.
Untuk mengetahui apa saja manfaat dari Backlink berikut adalah 6 Manfaat Backlink untuk Website atau Blog:
  1. Backlink dapat meningkatkan kualitas dari suatu web/ blog.
  2. Backlink dapat memperkuat dan meningkatkan rangking dan Matriks dari suatu web/ blog.
  3. Backlink dapat menambah visitor atau menaikkan traffic suatu web/ blog.
  4. Backlink dapat meningkatkan DA dan PA web/ blog.
  5. Backlink dapat memperkuat dan meningkatkan branding web/ blog.
  6. Backlink dapat menambah Citation Flow dan Trust Flow suatu web/ blog.
Wiiih, ternyata si backlink ini manfaatnya oke juga ya bro?, iya donk... makanya banyakin backlink yang berkualitas agar website atau blog kamu semakin keren!!!.

Normalnya, mendapatkan backlink berkualitas yang efeknya sangat powerfull adalah dengan cara Link Building PBN (Private Blog Network). Akan tetapi tidak sedikit para blogger yang tidak sanggup dikarenakan harga yang ditawarkan oleh penyedia jasa PBN cukup mahal (Khususnya bagi mereka yang tidak ingin mengeluarkan fulus untuk membangun blognya termasuk Admin sendiri sih... berattttt bossssku... Wkwkwkwk).

Lantas bagaimana caranya kok bisa total Backlink yang terdeteksi pada domain www.amaterasublog.com bisa banyak banget???? Seperti contoh hasil screenshot di bawah ini:
Total Backlink www.amaterasublog.com | Sumber: websiteseochecker.com

Berdasarkan data di atas, ternyata Total Backlink yang mengarah ke domain blog ini lumayan banyak mencapai 55 Ribu Backlik dan rata-rata sekitar 98% backlink tersebut tidak menyalahi aturan alias termasuk berkualitas (meskipun efeknya tidak terlalu powerfull jika dibandingkan dengan Build PBN yang berbayar ituuuuuu, tapi lumayan lah dari pada lu manyun Wkwkwkwk).

Banyak yang bertanya-tanya perihal dari mana saya mendapatkan backlink-backlink di tersebut?!. Yah, memang awalnya saya tidak menghiraukan pertanyaan-pertanyaan itu, dan hanya menjawab seadanya saja. Namun semakin banyak yang nanya, ternyata mendorong saya untuk menulis artikel ini dan semoga ada manfaatnya.

Nah, setelah kita mengetahui tentang apa itu Backlink, Manfaat dan Bukti bahwa mendapatkan banyak backlink tidak selalu diperoleh dengan cara membeli backlink atau build PBN, tibalah saatnya saya akan memberikan tips cara memperoleh Backlink Gratis, Banyak dan Berkualitas berdasarkan pengalaman pribadi Admin Amaterasublog:


7 Cara Mendapatkan Backlink Gratis yang Banyak dan Berkualitas


Tips di bawah ini khusus untuk blogger pemula, jika ada blogger expert yang membaca artikel ini dan tidak setuju, maka sah-sah saja, karena setiap blogger mempunyai caranya masing-masing. So,  Inilah 7 Tips Cara Mendapatkan Backlink Gratis, Banyak dan Berkualitas :

1. Melakukan Guest Post

Melakukan Guest Post di blog orang lain merupakan salah satu cara agar blog kita mendapatkan backlink gratis. Kita bisa mencari blogger yang menyediakan Guest Post Gratis di media sosial (*Fb, Twitter dll), atau di group komunitas Blogger.

Tips: Cari blog yang nilai DA (Domain Athority) dan PA (Page Authority) lebih tinggi dari blog yang kita miliki dan tidak memiliki banyak spam score pada domainnya.

2. Membuat Konten yang Menarik

Pasti semua blogger setuju bahwa dengan membuat Konten yang Menarik dan berkualitas, kemungkinan mendapatkan backlink gratis akan sangat tinggi.

Tips: Buatlah artikel yang menarik, berkualitas, (*bukan konten musiman) dan panjang minimal 1000 kata, kemudian optimasi SEO nya sebaik mungkin. Usahakan artikel yang kita buat berada di halaman satu (page one) hasil pencarian google.

3. Melakukan Blogwalking Yang Baik dan Benar

Jangan malu melakukan BlogWalking ya gaes!. Yah, sejauh ini aktivitas blogwalking masih efektif untuk mendapatkan backlink yang banyak. Namun, perlu anda ketahui bahwa jangan melakukan blogwalking dengan asal-asalan, lakukanlah dengan cara yang baik dan benar. Lihat > Cara melakukan BlogWalking yang baik dan benar.

Tips: Pertama, Cari blog yang sudah ditinggalkan oleh pemiliknya, kriteria nya artikel yang dimuat pada blog tersebut berada di halaman satu (page one) hasil pencarian google. (*Usahakan blog yang nilai DA dan PA nya masih bagus).

Tips: Kedua, Cari blog yang menggunakan CMS Wordpress, kemudian komen di sana, usahakan blog yang menyertakan situs web di kolom komentarnya, seperti contoh di bawah ini:
Kolom Komentar Blog WordPress
*Keterangan: Kita akan mendapatkan Backlink Gratis NoFollow dengan ikut berkomentar di Blog WordPress. Berkomentarlah dengan bijak ya gaes!.

4. Berpartisipasi di Komunitas

Ikut berpartisipasi ke dalam komunitas yang berhubungan dengan niche konten yang kita buat. Contoh: Blog anda membahas tentang Anime, maka anda harus ikut berpartisipasi ke dalam komunitas yang berhubungan dengan Anime.

Tips: Pertama, Cari komunitas yang membernya aktif, dan cari blogger yang juga join di komunitas tersebut. Kemudian anda harus berinisiatif terlebih dahulu untuk menawarkan agar bisa saling menaruh backlink di masing-masing blog kalian.

Tips: Kedua, Gabunglah di berbagai Group Komunitas WA Blogger Indonesia. Daftar tautan link aktif nya bisa anda klik di sini > Group WhatsApp Komunitas Blogger.
 
5. Berpartisipasi di Forum Blogger

Berpartisipasi di berbagai forum blogger merupakan hal yang wajib anda lakukan jika ingin mendapatkan backlink gratis. Disamping untuk mencari kawan sesama blogger, anda juga bisa meraih keuntungan dengan cara saling backlink sesama blogger dengan niche yang sama tentunya.

Tips: Anda bisa join di forum berikut ini untuk mendapatkan banyak backlink gratis > Ads.id dan Kaskus
 
6. Daftar Jaringan Afiliasi

Dengan bergabung dengan berbagai Jaringan Afiliasi di beberapa situs merupakan salah satu cara mendapatkan Referral traffic dan backlink yang berkualitas. Terlepas nanti mau dipasang apa tidak scriptnya nanti, yang penting daftar aja dulu supaya mendapatkan backlink gratis. Contoh: Blog ini mendapatkan backlink gratis dari afiliasi rajabacklink.com dan kumpulblogger.com.

Tips: Carilah situs-situs yang menawarkan afiliasi, kemudian jangan sungkan untuk daftar sebanyak-banyaknya. Rekomendasi dari saya: rajabacklink.com, kumpulblogger.com dan sosiago.id.

7. Jangan Menjadi Blogger Yang Sombong

Tips: Terakhir dari saya adalah Jangan Menjadi Blogger Yang Sombong!. Artinya, ketika anda bergabung di beberapa komunitas di Group WA atau Forum Komunitas lainnya, jangan sekali kali menyombongkan diri dengan berperilaku sok tau segalanya tentang dunia blog. Berperilaku lah dengan sopan dan tawadhu, karena jika anda sopan dan tidak sombong Insya Allah akan banyak kawan sesama blogger yang senantiasa memberikan backlink gratis kepada anda. Ha ha ha ha


Nah, itulah 7 Cara Mendapatkan Backlink Gratis, Banyak dan Berkualitas untuk para blogger pemula versi Amaterasublog. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait tema artikel di atas, silahkan komen di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

4 Responses to "Cara Mendapatkan Backlink Gratis"

  1. Jadi seperti itu ya cara mendapatkan backlink yang berkualitas, ternyata banyak juga manfaat dari backlink, dan di artikel ini dijelaskan pula cara mendapatkan backlink berkualitas beserta tips jitu yang mudah dipahami oleh para blogger, dan selama saya blogger saya baru tau dalam sebuah backlink ada yang namanya "Daftar Jaringan Afililasi" dan saya sendiri pernah dengar "rajabacklink.com" dan ternyata itu situs untuk mendapatkan Refferal Traffic (y) Terimakasih banyak min infonya, gaada bosennya saya untuk berkunjung ke artikel ini untuk memahami tentang backlink secara detail (y)

    ReplyDelete
  2. Jadi seperti itu ya cara mendapatkan backlink yang berkualitas, ternyata banyak juga manfaat dari backlink, dan di artikel ini dijelaskan pula cara mendapatkan backlink berkualitas beserta tips jitu yang mudah dipahami oleh para blogger, dan selama saya blogger saya baru tau dalam sebuah backlink ada yang namanya "Daftar Jaringan Afililasi" dan saya sendiri pernah dengar "rajabacklink.com" dan ternyata itu situs untuk mendapatkan Refferal Traffic (y) Terimakasih banyak min infonya, gaada bosennya saya untuk berkunjung ke artikel ini untuk memahami tentang backlink secara detail (y)

    ReplyDelete
  3. Dulu saya sering menggunakan komentar di blog orang lain yang berbasis wordpress, dan ya hasilnya lumayan, tapi sekarang saya bingung untuk mencari lagi, tapi disini saya mendapatkan cara mendapatkan backlink berkualitas yang benar-benar bermanfaat bagi saya pribadi

    ReplyDelete
  4. i never know the use of adobe shadow until i saw this post. thank you for this! this is very helpful. google news

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel