√ Cara Melakukan Blogwalking Yang Baik dan Benar | amaterasublog.com
Beranda - Tentang - Daftar Isi - Kontak - Link - Privacy

Cara Melakukan Blogwalking Yang Baik dan Benar

Cara Melakukan Blogwalking Yang Baik dan Benar

Cara Melakukan Blogwalking Yang Baik Dan Benar www.amaterasublog.com
Amaterasublog – Hallo teman-teman Blogger, dalam artikel kali ini saya akan mengulas tetang bagaimana Cara Melakukan Blogwalking Yang Baik Dan Benar.

Isltilah blogwalking bagi para blogger merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi khusunya bagi mereka yang sudah melalang melintang di dunia blogging. Namun dibalik polulernya istilah tersebut, bagi sebagian orang, khusunya blogger pemula (newbie) mungkin masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan blogwalking yang baik dan benar.

Apa Itu BlogWalking?

Blogwalking diartikan sebagai suatu aktivitas berkunjung ke blog orang lain (diprioritaskan blog yang memiliki niche yang sama) supaya mendapatkan backlink gratis, dengan cara ikut serta dalam berkomentar yang kemudian di akhiri dengan jejak berupa tautan aktif atau hanya berupa nama blog di kolom komentar blog yang dikunjungi.

Perlu kita ketahui sebelumnya bahwa, banyak dari pemilik situs blog yang justru malah merasa jengkel dan risih dengan kehadiran para pelaku blogwalking yang menyisipkan tautan aktif di dalam jejak komentarnya yang kemudian dianggap sebagai spam hingga akhirnya komentarnya tersebut dihapus. Jika hal tersebut terjadi maka kegiatan blogwakling yang kita lakukan tidak ada manfaatnya alias sia-sia. Lalu yang menjadi pertanyaanya yaitu, bagaimana caranya supaya kegiatan blogwalking kita tidak berakhir sia-sia? Nah, sesuai dengan tema konten di atas maka saya akan mencoba mengulas tentang bagaimana cara melakukan blogwalking yang baik dan benar.


Inilah Cara Melakukan Blogwalking Yang Baik Dan Benar

Mengikuti Aturan dan Ketentuan Berkomentar

Poin pertama yang wajib diketahui ketika melakukan blogwalking adalah wajib mengetahui terlebih dahulu tentang aturan dan ketentuan berkomentar yang telah dibuat oleh si pemilik blog. Hal ini dikarenakan agar blogwalking yang kita lakukan tidak berakhir sia-sia. Sebagaimana yang telah saya singgung sebelumnya, banyak dari pemilik blog yang risih bahkan jengkel dengan kehadian para blogwalkingers yang asal-asalan berkomentar dan hanya meninggalkan tautan aktif di kolom komentarnya. Oleh karena itu, saya saran kan agar membaca aturan dan ketentuan berkomentar terlebih dahulu sebelum berkomentar.

Memahami Isi Konten Artikel Sebelum Berkomentar

Salah satu hal yang sering dilakukan sebagian besar blogger saat melakukan blogwalking adalah tidak membaca keseluruhan isi artikel di blog yang dikunjunginya. Jelas ini adalah sesuatu yang tidak baik. Jika hal tersebut dilakukukan ketika kita melakukan aktivitas blogwalking, maka yang terjadi malah berkomentar tidak nyambung dan berujung dianggap komentar spam oleh si pemilik blog.

Maka saat akan berkomentar di blog orang lain, biasakan dulu membaca artikelnya dengan tuntas. Membaca saja kadang kita belum tentu paham, apalagi tidak membaca. Jika dari awal Anda sudah tak berkenan atau tak berminat dengan topik di dalam sebuah blog, maka lebih baik ditinggalkan saja blognya dan tidak usah berkomentar, dari pada nanti salah komentar dan membuat reputasi kita jelek.

Berkomentar Sesuai Tema Konten

Setelah kita baca seluruh artikel maka saatnya untuk meninggalkan jejak (berkomentar). Berkomentar dalam blogwalking adalah hal yang wajib, tak bisa dipungkiri. Berkunjung ke blog orang lain tanpa berkomentar bisa dianggap tak melakukan blogwalking. Maka berkomentar adalah hal yang penting dan terpenting dalam blogwalking. Namun memberi komentar pada blog orang lain tak boleh sembarangan. Komentar yang kita berikan harus bisa membuat nama dan blog kita mendapat reputasi baik, inilah yang disebut tehnik meningkatkan personal branding.

Lalu bagaimana cara berkomentar yang dapat meningkatkan personal branding? Yang pasti komentar itu harus baik, sopan, memberikan value tambahan terkait dengan artikel, dan yang terpenting harus menarik. Mengapa harus menarik? Komentar yang menarik akan memberikan pengaruh positif bagi orang lain dan membuat orang lain tertarik ingin lebih mengenal kita dan blog kita.

Memperkenalkan Blog Kita

Saat kita berkomentar di blog yang kita kunjungi, hal penting dan perlu dilakukan adalah meninggalkan jejak di kolom komentar serta memperkenalkan blog kita dengan cara menyantumkan url alamat blog yang telah disediakan oleh si pemilik blog (jika ada). Namun jika tidak ada, maka beri keterangan bisa berupa tautan atau nama blog kita. Tak perlu sungkan atau pun gengsi dengan hal tersebut, karena dengan meninggalkan jejak yang mengarah ke blog kita, maka dengan itu kita sudah memperkenalkan diri sebagai sesama blogger. Namun, alangkah baiknya ketika kita hendak menyisipkan tautan di akhir komentar lakukan dengan cara yang bijak, yakni dengan cara mematuhi peraturan berkomentar yang tertera di blog yang kita kunjungi tersebut.

Melakukan Saling Follow

Saat blogwalking hal yang seringkali menjadi hambatan adalah peluang untuk bersilaturahmi salah satunya dengan saling follow blog sesama blogger. Melakukan aktivitas saling follow sesama blogger seharusnya dilakukan, bagi blogger pemula maupun yang sudah peteran sekalipun guna membangun ikatan silaturahmi yang baik sesama blogger.

Penutup

Sekian pembahasan artikel kali ini tentang Cara Melakukan Blogwalking Yang Baik Dan Benar. Semoga bermanfaat :)
Sumber Informasi : www.maxmanroe.com
Disclaimer : Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini

Artikel Terkait

1 Response to "Cara Melakukan Blogwalking Yang Baik dan Benar"

  1. Menarik sekali pembahasannya. Terutama dalam hal berkomentar saat blog walking. Selama ini saya hanya mengomentari isi artikel saat blog walking. Sekarang coba meninggalkan jejak lah..hehe. Kunjung balik ke www.dinginaja.com

    ReplyDelete