√ Cara Membedakan Ikan Sumatra Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Sumatra Jantan dan Betina

cara-membedakan-ikan-sumatra-jantan-dan-BetinaIkan Sumatra Jantan dan Betina

Amaterasublog.com,- Hallo pecinta ikan hias, pada artikel ini saya akan membahas tentang Cara Membedakan Ikan Sumatra Jantan dan Betina. Nah, untuk mengetahui bagaimana cara membedakan nya, silahkan simak artikel ini sampai selesai!.

Tentang Ikan Sumatra

Ikan Sumatra (Puntius tetrazona) adalah jenis ikan berukuran kecil dengan panjang sekitar 70mm, dan termasuk kedalam anggota suku Cyprinidae anak-suku dari Cyprininae.

Disebut ikan sumatra karena ikan ini banyak ditemukan di Pulau Sumtera lebih tepatnya di perairan Lampung, Jambi dan Riau.

Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Sumatra dan Harganya

Di Kalimantan Barat, ikan ini lebih dikenal dengan nama "ikan berbaju", sebagian orang juga menyebut ikan ini dengan nama ikan elang dan ikan harimau. Sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama sumatra barb atau tiger barb fish.

Di habitat aslinya, ikan sumatra dapat ditemukan di sungai-sungai dangkal, dengan arus sedang, baik di kondisi air jernih atau keruh. Ikan sumatra menyukai pH antara 6.0–8.0, dengan kesadahan air antara 5–19 dGH, dan kisaran temperatur air antara 20–26 °C. Rata-rata lama hidup ikan sumatra yaitu sekitar 6 tahun. (id.wikipedia.org/wiki/Ikan_sumatra)

Cara Membedakan Ikan Sumatra Jantan dan Betina

Untuk dapat membedakan jenis kelamin ikan sumatra jantan dan ikan sumatra betina, kamu bisa memperhatikan secara saksama beberapa ciri-ciri fisik berikut ini:

1. Ikan Sumatra Jantan

cara-membedakan-ikan-sumatra-jantan-dan-betina
#1 Contoh Gambar: Ikan Sumatra Jantan

Nama

Ikan Sumatra (sumatra tiger barb fish)

Keluarga, Genus

Cyprinidae, Puntius

Jenis Kelamin

Jantan

Karakter

Agresif (terutama kepada ikan sumatra betina)

Ciri-Ciri Fisik

Ciri-ciri ikan sumatra jantan yaitu ukuran badan lebih kecil, perut ramping, area mulut dan sirip berwarna merah, serta warna keseluruhan lebih cerah.

Note : Ikan sumatra berjenis kelamin jantan akan sangat mudah dikenali jika ukurannya sudah mencapai kurang lebih 5-6cm, dan sudah berumur sekitar 6 bulanan.

2. Ikan Sumatra Betina

cara-membedakan-ikan-sumatra-jantan-dan-betina
#2 Contoh Gambar: Ikan Sumatra Betina

Nama

Ikan Sumatra (sumatra tiger barb fish)

Keluarga, Genus

Cyprinidae, Puntius

Jenis Kelamin

Jantan

Karakter

Tenang

Ciri-Ciri Fisik

Ciri-ciri ikan sumatra betina yaitu ukuran badan lebih besar, perut agak buncit, area mulut dan sirip berwarna merah pudar (bahkan ada yang tidak berwarna), serta keseluruhan warna di badannya cenderung tidak tegas (pudar).

Note : Ikan sumatra berjenis kelamin betina juga akan sangat mudah dikenali jika ukurannya sudah besar, kurang lebih 5-6cm atau umurnya sekitar 6 bualanan.

3. Kesimpulan dan Penutup ...

Kesimpulannya, untuk Ikan Sumatra Jantan rata-rata memiliki warna merah/orange cerah di sekitar moncong mulut dan siripnya, kemudian bentuk perutnya lebih ramping, serta memiliki warna keseluruhan lebih cerah.

Sedangkan untuk Ikan Sumatra Betina, disekitar mulut dan siripnya juga memiliki warna merah/orange namun tidak cerah alias pudar, bahkan ada yang tidak berwarna sama sekali, bentuk perutnya lebih bulat berisi, serta memiliki warna keseluruhan tidak tegas atau seperti warnanya agak pudar.

Demikianlah ulasan artikel tentang Cara Membedakan Ikan Sumatra Jantan dan Betina. Jika ada pertanyaan terkait isi artikel di atas, silahkan tulis di kolom komen di bawah. Semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "Cara Membedakan Ikan Sumatra Jantan dan Betina"