√ Siapa Itu Account Officer? Ini Pengertian, Tanggung Jawab, dan Skill yang Harus Dikuasai

Siapa Itu Account Officer? Ini Pengertian, Tanggung Jawab, dan Skill yang Harus Dikuasai

siapa-itu-account-officer-pengertian-tanggung-jawab-dan-skill-yang-harus-dikuasaiAccount Officer

amaterasublog.com,- Account officer adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab dalam mengelola pembukuan keuangan dalam suatu perusahaan. Namun, perlu diingat bahwa account officer ini berbeda dengan accounting officer meskipun sama-sama mengurusi soal keuangan.

Biasanya accounting officer banyak ditemukan pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor finansial.

Apabila Anda tertarik untuk meniti karir sebagai seorang account officer atau buat lulusan baru yang berkuliah di bidang ekonomi, bisa menyimak artikel yang sudah disiapkan oleh RedERP berikut ini.

Pengertian Account Officer

Secara harfiahnya, account officer adalah sebutan untuk orang yang memiliki tugas untuk mengkoordinasikan pendapatan dan juga pengeluaran dari suatu perusahaan. Umumnya account officer berada di bawah naungan lembaga keuangan khususnya di sektor perkreditan.

AO memainkan peranan yang sangat penting karena bank tidak akan terpisahkan dari kegiatan kredit. Untuk itu, seorang AO harus mampu mengidentifikasi calon nasabah yang memenuhi kriteria dan peraturan yang berlaku agar pihak bank terhindar dari kerugian.

Tugas dan Kewenangan Account Officer

Banyak orang yang masih salah kaprah tentang account officer karena mereka mengira sama dengan marketing atau pemasaran. Memang tidak salah, tetapi tugas AO tidak sepenuhnya fokus pada penjualan, meskipun ada beberapa tugas dan kewenangan yang sama.

Untuk membantu Anda memahami tugas AO, berikut ini tugas dan kewenangannya yang harus Anda ketahui jika ingin berkarir sebagai AO.

  • Memperkenalkan produk kepada konsumen, seperti kartu kredit, KPR, dan deposito. Media yang bisa digunakan bisa melalui pembagian brosur, media sosial, hingga meminta referensi dari orang yang dikenal.
  • Menjaga hubungan baik dengan konsumen untuk memudahkan dalam mendapatkan visibilitas lengkap ke manajemen prospek dan melakukan konversi prospek potensial menjadi pelanggan.
  • AO harus selalu berkoordinasi dengan divisi lain, seperti marketing untuk mempermudah dalam bekerja sehingga lebih efektif dan efisien karena target promosinya tepat.
  • Selain menjaga hubungan dengan klien atau nasabah, account officer juga harus bisa memberikan solusi kepada klien jika ada hambatan selama pengajuan, pembayaran, sampai pelunasan. Solusi yang diberikan harus menguntungkan kedua belah pihak.
  • Seorang AO juga bertugas untuk mengelola hutang dan piutang perusahaan. Dua hal ini menjadi kegiatan sehari-hari yang terjadi di dalam bisnis. Jika tidak dikelola akan berdampak negatif pada bisnis.

Tanggung Jawab Account Officer

Account officer juga memiliki tanggung jawab sebagai berikut:

  • Memastikan produk yang ditawarkan perusahaan terdistribusi dengan baik dan tepat ke sasaran.
  • Memastikan klien memahami tentang produk yang telah dipilih.
  • Menjaga relasi yang baik dengan klien, meskipun beberapa diantaranya tidak menaruh minat dari produk yang perusahaan tawarkan.
  • Memastikan klien mendapatkan solusi yang tepat dan cepat atas permasalahan yang terjadi.
  • Selalu menjaga kredibilitas dan nama baik perusahaan.

Skill yang Harus Dikuasai

Agar dapat mengelola setiap pekerjaan secara efektif, maka seorang account officer harus mempunyai beberapa keterampilan dan kualifikasi seperti di bawah ini:

  • Memiliki keahlian dalam mengoperasikan komputer dan mahir menggunakan program seperti Microsoft Excel dan QuickBooks.
  • Memiliki keahlian di bidang matematika untuk menjaga ketelitian dan keakuratan dalam mencatat dan mengawasi pembukuan keuangan perusahaan.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar dapat meyakinkan klien untuk menggunakan produk yang ditawarkan.
  • Kemampuan dalam mengorganisir dan menjaga catatan perusahaan dengan detail, teliti, dan akurat juga harus dimiliki seorang AO.
  • Kedisiplinan yang kuat untuk memastikan catatan keuangan perusahaan hasilnya akurat dan komprehensif.
  • Memiliki kemampuan multitasking untuk melakukan banyak tugas karena account officer akan mengelola beberapa akun, invoice, dan mengurus tahap pembayaran.

Semua skill tersebut harus bisa ada pada account officer. Namun, kini perusahaan bisa membantu mengkombinasikan kemampuan dan keterampilan AO dengan penggunaan teknologi untuk menyederhanakan operasionalnya. Misalnya seperti pembuatan faktur dan pengelolaan tagihan kepada klien.

Urusan pembuatan faktur sangat bisa disederhanakan dengan sistem e-invoicing yang ada dalam aplikasi akuntansi. Dengan begitu, arus kas di perusahaan Anda akan lancar dengan melakukan payment follow up secara otomatis tanpa menambah biaya.

Hasil perhitungannya pun akurat sehingga memudahkan Anda mengetahui dan mengidentifikasi kondisi keuangan perusahaan. Semoga bermanfaat!

Referensi:

https://rederp.co.id/blog/account-officer-adalah/

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "Siapa Itu Account Officer? Ini Pengertian, Tanggung Jawab, dan Skill yang Harus Dikuasai"