√ Penjelasan Mengenai CSS dan Contohnya Untuk Pemula

Penjelasan Mengenai CSS dan Contohnya Untuk Pemula

penjelasan-apa-itu-css-dan-contohnya CSS dan Contohnya

amaterasublog.com,- Hallo teman-teman blogger, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Penjelasan serta Pengertian CSS dan Contohnya. Namun penjelasan mengenai CSS ini, sama seperti penjelasan sebelumnya mengenai HTML dan Contohnya, yaitu ditujukan bagi pemula, untuk yang sudah pro skip aja... Nah langsung saja berikut pembahasnnya:

Pengertian CSS dan Contohnya

1. Apa Itu CSS

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets (Lembar Gaya Cascading). CSS digunakan untuk mengubah tampilan dan layout halaman web dengan mengontrol bagaimana elemen HTML ditampilkan dalam browser.

CSS secara terpisah ditulis dari kode HTML dan memungkinkan pengembang web untuk mengatur gaya elemen HTML secara efektif dari halaman web. Dengan CSS, Anda bisa menentukan dan mengatur warna, ukuran, jenis huruf, jarak antara elemen, dan lain sebagainya, sehingga tampilan halaman web menjadi lebih menarik dan mudah dibaca.

Baca juga: Penjelasan Mengenai HTML dan Contohnya Untuk Pemula

CSS juga memungkinkan untuk desain responsif, yang artinya tampilan halaman web akan menyesuaikan ukuran layar perangkat yang digunakan, seperti desktop, tablet atau smartphone.

Dengan penggunaan CSS, pemisahan antara konten (HTML) dan tampilan (CSS) menjadi lebih jelas, menambah fleksibilitas dan kemudahan dalam mengubah tampilan suatu halaman web tanpa merubah konten sebenarnya.

2. Contoh CSS

Berikut adalah contoh CSS yang sederhana untuk mengatur tampilan teks pada halaman web:



body {font-family: Arial, sans-serif;
  color: #333333;
  background-color: #f0f0f0;
}

h1 {
  font-size: 36px;
  font-weight: bold;
  text-align: centerfont-family: Arial, sans-serif;
  background-color: #e5e5e5;
}

h1 {
  font-size: 36px;
  color: #333333;
  margin-bottom: 20px;
}

p {
  font-size: 16px;
  line-height: 1.5;
  color: #666666;
}

a {
  color: #007bff;
  text-decoration: none;
}

a:hover {
  color: #0056b3;
}

Kode di atas akan mengubah teks pada halaman web dengan menetapkan font, ukuran, warna, dan margin. Terdapat juga aturan untuk tautan sehingga akan berubah warna ketika dihover.

3. Penutup ...

Demikianlah ulasan artikel tentang Pengertian dan Penjelasan Mengenai CSS dan Contohnya untuk pemula. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait isi artikel di atas, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ya.

Semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "Penjelasan Mengenai CSS dan Contohnya Untuk Pemula"