√ Penjelasan Mengenai Javascript dan Contohnya Untuk Pemula

Penjelasan Mengenai Javascript dan Contohnya Untuk Pemula

penjelasan-apa-itu-javascript-dan-contohnya Javascript dan Contohnya

amaterasublog.com,- Hallo teman-teman blogger, pada artikel ini saya akan membahas tentang Pengertian Javascript dan Contohnya. Namun, penjelasan mengenai javascript berikut ini khusus bagi para pemula ya guys ya! Nah langsung saja berikut pembahasnnya:

Pengertian Javascript dan Contohnya

1. Apa Itu Javascript

Apa itu javascript? pengertian javascript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk mengembangkan situs web interaktif. Bahasa ini dikembangkan oleh Brendan Eich pada tahun 1995 dan merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer dalam pengembangan situs web modern.

JavaScript digunakan untuk membuat interaksi pengguna yang banyak digunakan seperti validasi form, animasiangkan oleh Netscape pada tahun 1995 dan sekarang menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia.

Baca juga: Penjelasan Mengenai CSS dan Contohnya Untuk Pemula

JavaScript digunakan untuk membuat fungsionalitas yang interaktif seperti animasi, tombol interaktif, validasi formulir, pengolahan data dinamis, dan masih banyak lagi.

Bahasa ini bekerja pada sisi klien, artinya, kode JavaScript dijalankan di browser klien, sehingga memperbolehkan pengembangan situs web yang lebih interaktif. Dan juga, JavaScript dapat digunakan di banyak platform termasuk web, desktop dan mobile.

Apa itu javascript dengan contoh?

2. Contoh Javascript

Berikut ini adalah contoh JavaScript untuk membuat sebuah halaman web yang menampilkan pesan sederhana saat tombol diklik:



<html>
<head>
    <title>Contoh JavaScript</title>
    <script>
        function tampilkanPesan() {
            alert('Hello, ini adalah contoh pesan JavaScript!');
        }
    </script>
</head<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Contoh JavaScript</title>
    <script>
        function tampilkanPesan() {
            alert("Hello World!");
        }
    </script>
</head>
<body>
    <h1>Contoh JavaScript</h1>
    <button onclick="tampilkanPesan()">Klik Saya</button>
</body>
</html>

Pada contoh di atas, kita menambahkan sebuah function bernama tampilkanPesan yang akan menampilkan pesan "Hello World!" saat tombol diklik. Kemudian kita menambahkan sebuah button dalam body dengan menggunakan atribut onclick yang akan memanggil function tersebut saat tombol diklik.

3. Penutup ...

Demikianlah ulasan artikel tentang Penjelasan Javascript dan Contohnya untuk tingkatpemula. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait isi artikel di atas, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ya.

Semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "Penjelasan Mengenai Javascript dan Contohnya Untuk Pemula"