√ Tempat Wisata Alam di Bandung Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Alam di Bandung Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Alam di Bandung Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi Wisata Alam Bandung Barat

amaterasublog.com,- Hallo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Tempat Wisata Alam di Bandung Barat yang wajib Kamu kunjungi. Langsung saja, berikut ini destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Bandung Barat yang recommended, dan dapat dijadikan referensi untuk kamu kunjungi ketika ingin liburan ke tanah Parahyangan..

Tentang Bandung Barat

Bandung Barat adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten ini terletak sekitar 30 km sebelah barat Kota Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Bandung Barat memiliki luas wilayah sebesar 1.305,77 km² dengan tingkat kepadatan penduduk 1.238 jiwa/km². Pusat pemerintahan Kabupaten Bandung Barat berlokasi di Kecamatan Ngamprah yang terletak di jalur Bandung-Jakarta.

Kabupaten Bandung Barat dibentuk pada tahun 2007 dari pemekaran wilayah Kabupaten Bandung. Wilayah kabupaten ini terdiri dari 16 kecamatan dan 165 desa/kelurahan. Kabupaten Bandung Barat memiliki potensi wisata yang cukup besar, di antaranya adalah Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu, Sanghyang Heuleut, Curug Malela, Stone Garden, Gunung Putri, dan berbagai tempat wisata alam lainnya. Selain itu, kabupaten Bandung Barat juga merupakan pusat industri tekstil dan garmen di Jawa Barat.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bandung Barat - Jawa Barat

1. Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu wisata alam terkeren yang terletak di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kawah gunung Tangkuban Perahu memiliki bentuk kawah yang menjorok ke bawah dan dikelilingi oleh vegetasi hijau yang menawan. Air panas dan gas keluar dari kawah, memberikan tampilan yang menarik serta keindahan alam yang mempesona, dengan pemandangan kawah yang mengeluarkan asap dan belerang yang membara.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bandung Barat
1. Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Pengunjung dapat menikmati keindahan kawah dengan berjalan-jalan di sekitar kawah atau menyaksikan pemandangan dari puncak gunung. Selain itu, terdapat juga air terjun, kolam air panas, dan tempat untuk membeli oleh-oleh khas dari daerah itu. Wisata kawah gunung Tangkuban Perahu sangat cocok bagi orang yang suka dengan wisata alam dan ingin mengalami pengalaman yang berbeda dengan mengunjungi kawah gunung aktif ini.

Lokasi: Secara administrasi Gunung Tangkuban Perahu ini termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang dan Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Harga tiket: Rp20.000

2. Sungai Cikahuripan

Sungai Cikahuripan adalah salah satu tempat wista alam dengan pemandangan yang sangat estetik yang terletak di Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Aliran sungai Kahuripan ini konon terbentuk dari anak sungai Citaurum pada masa purba, dengan bukti dari topografi wilayahnya yang banyak dikelilingi bebatuan purba.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bandung Barat
2. Sungai Cikahuripan

Sungai Cikahuripan ini juga disebut-sebut sebagai Green Canyon nya Bandung Barat, dan banyak yang menyamakan pemandangannya dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Lokasi: Kampung Panyusupan, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Harga tiket: 10,000

3. Curug Malela

Curug Malela adalah tempat wisata air terjun yang terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Curug Malela merupakan air terjun terbesar di Bandung Barat, sehingga banyak yang memberi julukan sebagai Niagara-nya Indonesia, karena memang ukuran air terjunnya yang besar. Air terjun ini sangat cocok dijadikan tempat untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam sambil mendengarkan gemericik air terjun yang jernih.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bandung Barat
3. Curug Malela

Untuk mencapai Curug Malela, pengunjung harus melewati jalan menuju area perbukitan yang cukup terjal dan berkelok-belok. Namun perjalanan yang cukup melelahkan tersebut akan terbayar dengan keindahan alam yang memukau di Curug Malela.

Lokasi: Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Harga tiket: 10,000

4. Stone Garden

Stone Garden adalah objek wisata poluler yang terletak di desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Stone Garden ini merupakan sebuah puncak bukit berbatu yang cukup luas, dengan dekorasi alam membentuk taman dengan banyak bebatuan yang terlihat berceceran, namun terlihat sangat artistik.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bandung Barat
4. Stone Garden

Di dalam area Stone Garden, terdapat spot foto yang instagramable, yang cocok untuk berfoto selfie dengan background pemandangan alam luar biasa, terutama pada waktu tertentu seperti pada saat matahari terbit dan tenggelam.

Lokasi: Gunung Masigit, Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Harga tiket: 10,000

5. Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Kabupaten Bandung Barat. Terletak di kawasan pegunungan yang sejuk, dengan hamparan pemandangan alam yang indah, membuat Gunung Putri Lembang menjadi tempat favorit bagi wisatawan pendaki yang ingin menikmati keindahanan dengan udara yang sejuk nan segar.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bandung Barat
5. Gunung Putri Lembang

Gunung Putri memiliki ketinggian sekitar 1.587 mdpl yang menjadikannya tempat ideal bagi para wisatawan pendaki pemula. Wisata Gunung Putri ini juga menawarkan pemandangan alam yang spektakuler, juga beberapa spot foto yang instagramable yang bisa menjadi tempat untuk berswafoto di sela-sela liburan.

Jadi bagi Anda yang mencari tempat wisata yang menyenangkan dan menyegarkan di Lembang, wisata Gunung Putri bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Lokasi: Jalan Gunung Putri, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Harga tiket: 17,000

Penutup ...

Demikianlah ulasan artikel tetanng Tempat Wisata Alam di Bandung Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi. Jika ada pertanyaan terkait isi artikel di atas, silahkan tulis di kolom kometar di bawah ini.

Semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "Tempat Wisata Alam di Bandung Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi"