√ 10 Fakta Menarik Tentang Bahasa Jepang

10 Fakta Menarik Tentang Bahasa Jepang

amaterasublog.com,- Halo teman-teman, pada artikel seputar Fakta Jejepangan kali ini saya akan membahas tentang 10 Fakta Menarik Bahasa Jepang yang mungkin belum banyak orang tahu. Nah langsung saja berikut ulasannya...

10-fakta-menarik-tentang-bahasa-jepangFakta Bahasa Jepang

Mengenal Tentang Bahasa Jepang

Bahasa Jepang adalah bahasa resmi yang digunakan di negara Jepang. Bahasa Jepang memiliki sistem tulisan yang unik, dengan tiga jenis tulisan utama yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Hiragana dan katakana merupakan aksara fonetis Jepang yang digunakan untuk menulis suku kata. Sedangkan kanji adalah karakter logogram yang diadopsi dari bahasa Tionghoa dan digunakan untuk menulis kata-kata benda, benda abstrak, kata kerja, dan sebagainya. Silakan baca juga: Abjad Jepang A Sampai Z

Bahasa Jepang memiliki beberapa dialek yang berbeda di berbagai wilayah Jepang, namun dialek standar Tokyo yang umumnya diajarkan sebagai bahasa resmi di sekolah-sekolah.

Bahasa Jepang juga memiliki sistem kehormatan yang kompleks, dengan berbagai kata dan ungkapan yang digunakan untuk menghormati orang yang lebih tua atau memiliki status sosial yang lebih tinggi.

Selain digunakan di Jepang, bahasa Jepang juga banyak dipelajari dan digunakan di berbagai negara sebagai bahasa kedua atau bahasa asing. Bahasa Jepang memiliki kaya akan budaya dan tradisi, dan pengetahuan tentang bahasa ini bisa membantu dalam memahami budaya Jepang secara lebih mendalam.

10 Fakta Menarik Tentang Bahasa Jepang

Bahasa Jepang merupakan bahasa yang unik dan menarik untuk dipelajari. Nah berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang bahasa Jepang yang wajib kamu ketahui:

1. Bahasa Jepang menggunakan tiga jenis sistem penulisan yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Hiragana digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa Jepang asli. Katakana digunakan untuk menulis kata serapan dari bahasa asing (selain bahasa Cina. Sedangkan kanji digunakan untuk mengetahui batas kata dalam suatu kalimat.

2. Ada sekitar 40.000 huruf kanji Jepang, namun dalam kehidupan sehari-hari, hanya sekitar 3.000-4000 kanji yang biasanya digunakan secara umum oleh masyarakat Jepang (Okada,1975:10).

3. Bahasa Jepang memiliki banyak kata serapan dari bahasa Inggris, terutama dalam kosakata yang berkaitan dengan teknologi, makanan, dan budaya populer.

4. Tidak ada tanda tanya (?) dalam bahasa Jepang. Sebaliknya, penutur menggunakan intonasi yang berbeda untuk menunjukkan bahwa mereka menyampaikan pertanyaan.

5. Bahasa Jepang memiliki banyak bentuk kehormatan dan tuturannya bervariasi tergantung pada tingkatan sosial dan usia lawan bicara.

6. Dalam bahasa Jepang, urutan kata dalam kalimat tidak terlalu ketat dan tidak ada pemisahan antara kata benda dan kata kerja.

7. Bahasa Jepang memiliki banyak kata untuk mengungkapkan rasa hormat, seperti "san" yang ditambahkan setelah nama seseorang untuk menunjukkan penghormatan.

8. Bahasa Jepang juga memiliki banyak kata yang tidak memiliki arti yang tepat, seperti "mottainai" yang menggambarkan perasaan penyesalan atas pemborosan atau pembaziran.

9. Bahasa Jepang memiliki beberapa dialek subregion, yang dapat memiliki perbedaan dalam pengucapan dan kosakata.

10. Bahasa Jepang juga memiliki banyak bunyi onomatope seperti "pika pika" untuk menggambarkan kilatan cahaya atau "guruguru" untuk menggambarkan sesuatu yang berputar-putar. Silakan baca juga: Kosakata Bahasa Jepang Sehari Hari

Penutup

Demikianlah artikel tentang 10 Fakta Menarik Bahasa Jepang yang perlu Anda diketahui. Jika ada pertanyaan terkait isi artikel di atas, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "10 Fakta Menarik Tentang Bahasa Jepang"