Pondok Pesantren Az-Ziyadah Jakarta Timur - amaterasublog.com

Pondok Pesantren Az-Ziyadah Jakarta Timur

Pondok Pesantren Az-Ziyadah adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang berlokasi di Daerah Tanah 80 Klender Duren Sawit Jakarta Timur.


PONDOK PESANTREN AZ-ZIYADAH

Pondok Pesantren Az-Ziyadah adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang berlokasi di Daerah Tanah 80 Klender Duren Sawit Jakarta Timur. Didirikan oleh seorang ulama kharismatik Al-Maghfurlah KH. Ahmad Zayadi Muhajir Al-Bantani.
Pondok Pesantren Az-Ziyadah adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang berlokasi di Daerah Tanah 80 Klender Duren Sawit Jakarta Timur.

✴SEJARAH PONPES AZ-ZIYADAH✴

K.H. Zayadi lahir pada 23 Desember 1918 di Kampung Tanah 80, Klender, Jakarta Timur. Beliau anak dari pasangan H. Muhajir bin Ahmad Gojek bin Dato Muh. Sholeh dan Umi Anisah. Dari garis ayahnya, K.H. Zayadi adalah cucu ulama Banten, K.H. Muhammad Sholeh yang dikenal sebagai “Mu’allim Ale”. Beliau hijrah dan menetap di Kampung 80. ibunya wanita asli Betawi. K.H. Zayadi dikenal sebagai pribadi yang sederhana dan ulama yang mempunyai akhlaq terpuji, sabar, tawadhu, berpendirian teguh, dan berusaha mencari keridhaan gurunya, sehingga wibawa dan kharismanya sangat tampak dan diakui oleh masyarakat Klender (Ahmad Jember, 2011).

Pada umur 15 tahun, atas saran gurunya K.H. M. Thohir, Cipinang Muara, dan K.H. R. Mustaqiem, Rawa Bening, ia mendirikan Pondok Pesantren Az-Ziyadah. Tujuannya mencetak ulama, disamping mencerdaskan bangsa dan mengembangkan ajaran Ahlusunnah wal Jama’ah.

Pesantren Az-Ziyadah dalam perkembangannya berawal dari pengajian sistem halaqah yang berpusat di masjid Al-Husna pada tahun 1948, pada awalnya fokus pengajarannya adalah membaca dan menulis saja, yaitu kegiatan pengajian al-Qur’an dan kitab kuning secara tradisional (dengan sistem bandongan atau weton dan sorogan) yang mengkaji tentang ilmu-ilmu agama yaitu tafsir, hadist, fiqih dan bahasa Arab. Hingga pada tahun 1971, ketika gedung madrasah dan bangunan asrama santri berdiri permanent, sistem pendidikannya mulai menggunakan sistem klasikal sehingga jumlah santrinya mencapai 6.600 orang. Mereka itu murid dari tingkat ibtidaiyah sampai aliyah (Yayasan Pondok Pesantren Az-Ziyadah, 2013).


PONDOK PESANTREN AZ-ZIYADAH KLENDER DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR
Sumber : Ponpes Az-Ziyadah Jakarta Timur
PONDOK PESANTREN AZ-ZIYADAH JAKARTA TIMUR

✴VISI DAN MISI PONPES AZ-ZIYADAH✴

Visi Pondok Pesantren Az-Ziyadah adalah Mencetak Kader Ulama, Zu’amma dan Agniya yang konsisten menjunjung tinggi nilai-nilai Islami. Sedangkan Misi Pondok Pesantren Az-Ziyadah menumbuhkan budaya ilmu, amal dan taqwa serta akhlaqul karimah pada jiwa santri dalam pengabdiannya kepada agama dan masyarakat (Yayasan Pondok Pesantren Az-Ziyadah).
PONDOK PESANTREN AZ-ZIYADAH JAKARTA TIMUR

✴PERKEMBANGAN PONPES AZ-ZIYADAH✴

Gambaran umum perkembangan Pesantren Az-Ziyadah dari masa ke masa:

Sekitar tahun 1948 awal pendirian Pondok Pesantren Az-Ziyadah menggunakan sistem pengajaran halaqoh dengan kajian kitab kuning yang merupakan ciri khas bagian dari setiap pondok pesantren.

Pada tahun 1971 sistem pengajaran tersebut berubah menggunakan pedekatan sistem klasikal yang sudah menjadi kebutuhan pada saat itu.

Pada tahun 1991 Pondok Pesantren Az-Ziyadah mendirikan Sekolah Tinggi Agama Islam Az-Ziyadah (STAIZA) untuk mencetak sarjana-sarjana yang benar-benar berkemamuan ulama.

Pada tahun 2001 sistem klasikal mengalami pengembangan dengan mengikutsertakan para santri program pemerintah wajar Diknas 9 tahun. Program yang diikuti adalah program pendidikan dasar salafiyah, mengikuti ujian negara dibawah naungan Departemen Agama, sehingga para alumni Az-Ziyadah disamping memiliki kemampuan basic ilmu-ilmu kitab salafiyah juga mampu berkiprah di berbagai lapisan kebutuhan masyarakat.

Pada tahun 2006 Pondok Pesantren Az-Ziyadah di lengkapi lagi dengan sebuah lembaga Pesantren Tinggi/ Ma’had ‘Ali yang digagas dan dipimpin oleh salah seorang alumni yang telah berhasil menjadi tokoh nasional, Dr. HH. A. Fadloli El-Muhir, yang seluruh maha santrinya/ Mahasiswanya tidak dikenakan biaya pendidikan setelah memenuhi persyaratan.

Dan pada tahun pelajaran 2006/2007 juga didirikan sebuah lembaga pendidikan menengah yang mengacu pada sistem pendidikan modern Gontor yaitu Tarbiyatul Mu’alimin Mualimat Al-Islamiyah (TMI) yang dikembangkan di Pondok Pesantren Az-Ziyadah adalah setingkat dengan madrasah Tsanawiyah dan ‘Aliyah dan mengikuti ujian negara dibawah naungan Departemen Agama. Kurikulum yang diterapkan adalah perpaduan kurikulum Pondok Pesantren Az-Ziyadah dengan Pondok Pesantren Darunnajah dan Pondok Pesantren Modern Gontor serta kurikulum negeri baik Departemen Agama maupun Departemen Pendidikan Nasional. Program ini para santri selama pendidikan dibina selama 24 jam sehingga seluruh santri wajib mukim/ tinggal di asrama (Yayasan Al-Husna Waz-Ziyadah, 2013).

PONDOK PESANTREN AZ-ZIYADAH JAKARTA TIMUR

✴PROFIL PONDOK PESANTREN AZ-ZIYADAH✴

Nama Pesantren
Pondok Pesantren Az-Ziyadah
Nama Yayasan
Al-Husna Waz-Ziyadah
Pemimpin Pesantren
KH. Muhajir Zayadi
Pemimpin Yayasan
Hj. Fatimah Hasbiyallah
Alamat Pesantren
Jl. Madrasah Tanah 80 No.01 Klender Duren Sawit Jakarta Timur Kode Pos: 13470
Tahun Berdiri
Tahun 1970 M
Tahun Beroprasi
Tahun 1975 M
No Akta
1.711.2/292/09-05/95/M/PRONA/1993
Akta Notaris
Elly Halida, SH
NPWP
1.920.097.9-022
No. Surat Kepemilikan Tanah
452/SK/KAKANWIL/BPN/DKI
Luas Tanah
19.150 M2
Luas Bangunan
10.000 M2
No Telp
(021) 8611412 – 8615482
Pondok Pesantren Az-Ziyadah
Baca juga artikel tentang: Rekomendasi terbaru obat asam urat Mosehat
Loading...

1 Response to "Pondok Pesantren Az-Ziyadah Jakarta Timur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel