Cara Melihat Tampilan Blog/Website Versi Seluler dan Tablet

Cara Melihat Tampilan Blog/Website Versi Seluler dan Tablet

Amaterasublog – Dalam artikel kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara mudah melihat tampilan blog/website di berbagai macam versi tampilan perangkat seluler dan tablet.

Memantau lalu lintas atau traffic blog merupakan salah satu aktivitas yang umum dilakukan oleh para pelaku blogging, guna meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic blog mereka. Sumber lalu lintas atau traffic yang masuk tentu berasal dari berbagai macam device/perangkat, mulai dari perangkat desktop/pc, sampai perangkat mobile/seluler pun banyak kita temukan di statistik sumber lalu lintas.
cara melihat tampilan blog/website di berbagai macam versi tampilan perangkat seluler dan tablet
Statistik penayangan menurut Sistem Operasi
Mengingat sumber traffic blog/website yang tidak hanya berasal dari pengguna desktop/pc, maka kita sebagai pemilik blog sudah seharusnya memperhatikan apakah blog kita sudah mobile friendly (support mobile display) apa tidak, supaya konten yang kita muat bisa dinikmati juga oleh mereka yang berkunjung dari perangkat lainnya seperti perangkat seluler/mobile dan tablet.

Nah, supaya blog kita mendukung tampilan seluler (support mobile display) atau istilah lainnya “Mobile Friendly” (ramah seluler) maka kita wajib menggunakan template yang responsive dan juga mobile friendly. (Lihat juga rekomendasi template responsive & mobile friendly "Klik di sini")

Untuk dapat melihat tampilan blog/website apakah sudah mobile friendly apa belum, teman-teman bisa ikutin cara-cara berikut ini :

Tutorial Cara: Melihat Tampilan Blog/Website Versi Seluler dan Tablet

1. Kunjungi situs MobileTest

Note 1 : Tampilan blog/website di perangkat seluler yang tersedia di situs MobileTest yaitu versi perangkat Apple iPhone 5, HTC ONE, Nokia Lumia 920, Samsung Galaxy Y, Google Nexus 7 dan juga tampilan dari Apple iPad Mini.

2. Selanjutnya klik salah satu tampilan seluler yang ingin teman-teman lihat.
cara melihat tampilan blog/website di berbagai macam versi tampilan perangkat seluler dan tablet
Pilih salah satu perangkat seluler yang diinginkan
3. Kemudian masukan URL alamat blog/website yang ingin teman-teman lihat di versi seluler atau tablet setelah itu klik  tombol GO.
cara melihat tampilan blog/website di berbagai macam versi tampilan perangkat seluler dan tablet
Isi dengan url blog/website kemudian klik GO
4. Selesai

Note 2 : Jika blog yang tampil sesuai dengan ukuran seluler dan konten di dalamnya mudah untuk dibaca, maka selamat blog teman-teman sudah responsive & mobile friendly. Tapi sebaliknya jika blog yang tampil ternyata acak-acakan atau masih sama dengan tampilan yang jika kita buka di desktop/pc, maka sungguh disayangkan ternyata blog teman-teman belum responsive dan mobile friendly. Saran saya teman-teman harus segera memperbaikinya atau diganti saja tamplatenya supaya pengunjung blog yang menggunakan perangkat seluler/mobile bisa nyaman membaca konten atau informasi yang dimuat di blog teman-teman dengan tampilan blog yang responsive & mobile friendly.

Note 3 : Bagi teman-teman yang ingin melihat tampilan blog/website dengan berbagai macam tampilan seluler lainnya, caranya Klik Menu Devices Pilih device (perangkat seluler yang diinginkan). Lihat contoh gambar di bawah ini :
cara melihat tampilan blog/website di berbagai macam versi tampilan perangkat seluler dan tablet
Cara mengganti tampilan seluler yang lainnya

Penutup

Mungkin cukup sekian tips tentang cara melihat tampilan blog/website di berbagai macam versi tampilan perangkat seluler dan tablet. Jika di dalam artikel ini ditemukan salah pengertian atau istilah lainnya yang berhubungan dengan ulasan artikel di atas mohon dikrokesi dengan menginggalkan komentar di bawah. Terimakasih sudah berkunjung di Amaterasublog. Semoga bermanfaat :-)
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

8 Responses to "Cara Melihat Tampilan Blog/Website Versi Seluler dan Tablet"

  1. Blog ane kyny belum mobile friendly deh gan, soalny klo dibuka dihp, navigasiny tuh gk berfungsi klo diklik, tp klo dilaptop berfungsi, minta pencerahanny yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan diperbaiki saja gan... Semoga artikel ini bermanfaat 😊👌

      Delete
    2. Akan saya usahakan gan, thanks yaa artikelnya menambah pengetahuan ane (y)

      Delete
  2. Info yg bagus, sayang selama ini saya tidak memperhatikan pentingnya tampilan mobile.

    ReplyDelete
  3. Baru tau tuh bisa ngecek pake mobile test kayak diatas, sudah dicoba jadi tau kita ini.. Nice info gan

    ReplyDelete
  4. Sering saya melakukan hal ini. Biar langsung dievaluasi ketika membuat/memakai template.
    Sangat bermanfaat sekali infonya,gan

    ReplyDelete
  5. Semangat terus berikan tips2 menarik min, mantab 👍

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel