Rekomendasi Ikan Hias Untuk Aquascape Berukuran Kecil - amaterasublog.com

Rekomendasi Ikan Hias Untuk Aquascape Berukuran Kecil

REKOMENDASI IKAN HIAS UNTUK AQUASCAPE BERUKURAN KECIL

REKOMENDASI IKAN HIAS UNTUK AQUASCAPE BERUKURAN KECIL www.amaterasublog.com
Amaterasublog – Hallo teman-teman aquascaper lovers, dalam pembahasan kali saya akan merekomendasikan ikan hias yang cocok untuk dijadikan penghuni Aquascape berukuruan kecil.

Bagi teman-teman yang mempunyai aquascape dengan tank berukuruan kecil, pasti pernah merasa kebingungan terkait jenis ikan hias apa yang cocok untuk menghuni aquascape yang berukuran tank yang tidak terlalu besar tersebut. Hal ini pernah saya alami ketika saya memiliki aquascpae berukuran tidak lebih dari 35x15cm, yang mana ikan hias yang saya pelihara dalam aquascape tersebut sebagian ikannya selalu tidak berumur panjang alias cepat (mokat). Tapi ada juga ikan hias yang alhamdulillah sudah 2 tahun lebih masih hidup sampai sekarang di dalam tank aquarium yang tergolong kecil.

Berangkat dari pengalaman, saya akan merekomendasikan kepada teman-teman yang mempunyai tank aquascape berukuran kecil agar memelihara ikan-ikan hias berikut ini:
Rekomendasi Ikan Hias Untuk Aquascape Berukuran Kecil
Rekomendasi Ikan Hias Untuk Aquascape Berukuran Kecil


[OPSI] IKAN HIAS UNTUK AQUASCAPE BERUKURAN KECIL

Ikan Hias Aquascape Guppy
Ikan Hias Aquascape "Guppy"

Ikan Hias Aquascape Guppy

Ikan hias aquascpae yang satu ini memang suadah tidak asing lagi bagi pencinta ikan hias air tawar.

Ikan guppy awalnya berasal dari ikan liar (nama lokal : ikan cere/ ikan seribu/ boncenang/ ondol dll) yang hidup di perairan air tawar, mulai dari persawahan, sungai, danau dan bahkan mereka dapat hidup di saluran got pembungan. Karena ikan tersebut memiliki karakteristik warna dasar yang indah, maka banyak dikembangbiakkan dan disilangkan dengan jenis ikan lainnya sehingga terlahirlah generasi ikan hias guppy dengan berbagai corak warna dan motif yang terkenal sampai sekarang.

Ikan guppy memiliki ukuran tubuh yang kecil dan memiliki aneka ragam corak warna yang sangat indah. Ikan ini selalu berenang berkelompok, akan sangat bagus jika dipelihara dalam aquascape mini dengan jumlah 6 ekor-10 ekor saja.
Ikan Hias Aquascape Chili Rasbora
Ikan Hias Aquascape "Ember Tetra"

Ikan Hias Aquascape Ember Tetra/ Amandae Red Tetra

Ikan hias aquascape ember tetra atau amandae red tetra, adalah salah satu jenis dari ikan tetra yang berwarna merah kekuningan (orange), warnanya yang terang dan cendrung transparan menjadi salah satu daya tarik dari si ikan kecil yang satu ini.

Ikan ember tetra,\ memiliki ukuran yang sangat kecil dan selalu berenang berkelompok juga, ikan ini sangat bagus bila di pelihara dalam aquascape mini dengan jumlah 6 ekor-10 ekor saja.

Note : Hampir semua jenis ikan tetra pada umumnya akan cocok bila ditempatkan dalam aquascape mini, akan tetapi disini saya lebih merekomendasikan ikan tetra jenis amber tetra / amandae red tetra.
Ikan Hias Aquascape Chili Rasbora
Ikan Hias Aquascape "Chili Rasbora"

Ikan Hias Aquascape Chili Rasbora

Ikan aquascape chili rasbora merupakan salah satu jenis ikan hias endemik asli Indonesia,  yang keberadaannya hanya terdapat di perairan air tawar di wilayah Kalimantan Selatan. Di habitat aslinya ikan berukuran kecil yang satu ini banyak menghuni di sungai yang banyak terdapat pepohonan bercabang dan tumbang.

Ikan chili rasbora, juga dikenal dengan nama lain yaitu dwarf rasbora, mico rasbora dan mosquito rasbora. Ikan rasbora memiliki ukran yang sangat kecil, dan bentuk tubuh yang ramping serta memiliki kemiripan dengan jenis ikan tetra.

Bagi teman-teman yang memiliki aquascpe dengan tank berukuran kecil, maka ikan rasbora ini bisa menjadi opsi untuk dipelihara di dalam aquascpe mini dalam jumlah 6-10 ekor.
Ikan Hias Aquascape Corydoras
Ikan Hias Aquascape "Corydoras"

Ikan Hias Aquascape Corydoras

Ikan hias corydoras adalah ikan hias yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini masih tergolong kelompok catfish atau ikan lele sehingga ia dapat dikenali dari dua pasang kumis yang ada di mulutnya.

Ikan hias corydoras ini termaasuk kelompok ikan lele hias sehingga jarang dimakan. Berbeda dengan jenis ikan lele yang memang ditujukan untuk konsumsi. Ikan ini sangatlah unik, dengan memiliki tubuh pendek gemuk serta panjang tubuhnya rata-rata hanya hanya 12 cm saja. Sedangkan ciri fisik unik lainnya adalah mulut ikan ini yang mengarah ke bawah sehingga memudahkannya mencari makanan di dasar air.

Ikan corydoras saya rekomendasikan sebagai salah satu opsi penghuni aquascape mini karena karakteristik ikan ini yang kalem di dasar air, juga berperan untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan kotoran ikan. Cukup pelihara ikan corydoras ini 2 ekor saja.
Rekomendasi Ikan Hias Untuk Aquascape Berukuran Kecil
Aquascape Mini AmaterasuBlog :)

Penutup

Mungkin cukup sekian ulasan artikel kali ini tentang Rekomendasi Ikan Hias untuk Aquascape berukuran Kecil, dan semoga informasi pengalaman saya di atas dapat bermanfaat bagi teman-teman aquascaper lainnya. Jika ada ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar.
Rekomendasi Ikan Hias Untuk Aquascape Berukuran Kecil
Rekomendasi Ikan Hias Untuk Aquascape Berukuran Kecil
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

3 Responses to "Rekomendasi Ikan Hias Untuk Aquascape Berukuran Kecil"

  1. Wuh mantap banget, ternyata mas ini memilik blog yang hampir konsisten tentang aquascape :), lihatnya tenang banget sangat puas sekali bisa mampir melihat blog ini, jangan lupa juga cobalah bermain di jalpintarr-id blogspot com :)

    ReplyDelete
  2. Ikan guppy mantap. Motif sama warnanya enak dipandang

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel