Rekomendasi Keong Hias Untuk Aquascape - amaterasublog.com

Rekomendasi Keong Hias Untuk Aquascape

REKOMENDASI KEONG HIAS UNTUK AQUASCAPE

REKOMENDASI KEONG HIAS UNTUK AQUASCAPE www.amaterasublog.com
Amaterasublog – Hallo teman-teman aquascaper lovers, selamat datang di laman blog yang membahas tentang seputar hobi aquascape. Oke langsung saja, jika dalam pembahasan artikel sebelumnya saya merekomendasikan Ikan Hias untuk Aquascape Berukuran Kecil, nah selanjutnya dalam artikel ini saya akan mengulas rekomendasi salah satu fauna aquascape yakni Keong Hias Untuk Aquascape.

Mengingat dalam suatu ekosistem aquascape harus ada beberapa flora dan fauna yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme), salah satunya adalah fauna keong atau yang berfungsi sebagai pemakan alga dan sisa-sisa makanan ikan hias di dalam aquascape. Tetapi perlu teman-teman ketahui, ada beberapa jenis keong yang dapat merusak ekosistem yang ada, seperti memakan tanaman air (flora tanaman hias) dan tingkat populasinya mudah membeludak alias susah dikontrol, keong yang dimaksud adalah keong liar atau keong hama.

Adapun jenis fauna keong yang ramah lngkungan untuk aquascape adalah jenis keong hias seperti jenis keong hias berikut ini:
Rekomendasi Keong Hias Untuk Aquascape
Rekomendasi Keong Hias Untuk Aquascape

4 JENIS KEONG HIAS UNTUK AQUASCAPE

Keong Hias Aquascape "Keong Turbo"
Keong Hias Aquascape "Keong Turbo"

Keong Hias Aquascape "Keong Turbo"

Keong Turbo atau Zebra Snail adalah salah satu spesies siput air yang dapat hidup di air tawar meskipun habitat aslinya berasal dari perairan payau. Nama latinnya siput ini yaitu "Neritina Natalensis".

Keong Turbo memiliki cangkang berwarna emas dengan garis-garis berwarna hitam, dengan ukuran sekitar 1-3 cm. Keong turbo yang berukuran besar akan sangat cocok untuk ditempatkan pada tank aquascape yang besar, sedangkan keong turbo yang berukuran kecil cocok untuk ditempatkan pada tank aquascape berukuran kecil (nano tank aquascape).

Dibalik penampilannya yang indah, keong turbo ini memiliki fungsi sebagai si pemakan lumut liar (alga) yang menempel pada kaca akuarium dan lumut liar yang menempel pada daun tanaman hias aquascape.
Keong Hias Aquascape "Keong Bawang"
Keong Hias Aquascape "Keong Bawang"

Keong Hias Aquascape "Keong Bawang"

Keong Bawang atau Tracked Nerite, juga salah satu spesies siput air yang dapat hidup di air tawar meski habitat aslinya di air payau. Jika kita perhatikan keong bawang ini terlihat agak mirip dengan keong turbo, hanya saja yang membedakan antara keduanya terletak pada corak warna dan ukurannya.

Ciri-ciri fisik Keong Bawang memiliki cangkang berwarna merah gelap atau orange dengan corak titik-titik berwarna hitam. Ukuran fisik keong bawang lebih kecil sedikit dari ukuran keong turbo.

Sama halnya dengan keong turbo, keong bawang pun berfungsi sebagai pemakan alga yang menempel di kaca akuarium dan pemakan lumut liar yang menempel pada daun tanaman hias aquascape.
Keong Hias Aquascape "Keong Tanduk"
Keong Hias Aquascape "Keong Tanduk"

Keong Hias Aquascape "Keong Tanduk"

Keong Tanduk atau Horn Snail, juga salah satu spesies siput air payau yang dapat hidup juga di air tawar.

Ciri-ciri fisik Keong Tanduk yaitu memiliki tanduk di atas cangkangnya (sesuai dengan namanya), memiliki warna kuning, orange dan merah gelap, dengan motif garis berwarna hitam. Untuk ukuran keong tanduk ini sangat kecil dengan ukuran maksimal 2.5 cm saja. Bagi teman-teman yang mempunyai aquascape berukuran kecil (Nano Tank Aquascape), sangat disarankan agar memelihara keong hias yang satu ini.
Keong Hias Aquascape "Keong Assasin"
Keong Hias Aquascape "Keong Assasin"

Keong Hias Aquascape "Keong Assasin"

Keong Assasin atau Assasin Sanil / Killer Snail, merupakan salah satu siput air tawar yang mana habitat asli biasa ditemukan di danau. Berbeda dengan keong hias lainnya yang habitat aslinya di perairan payau, keong assasin ini asli penghungi air tawar yakni lebih tepatnya banyak ditemukan di danau Toba Sumatra Utara.

Ciri-ciri fisik yang khas dari keong assasin adalah bentuknya yang kerucut seperti terompet, dengan warna kuning atau orange dan memiliki motif spiral berwarna hitam atau coklat. Ketika masih ukuran bayi, keong assasin memiliki warna bervariasi, ada yang berwarna ungu atau juga warna-warni lainnya yang sangat indah.

Dibalik tampilannya yang sangat indah, keong assasin merupakan jenis keong pemakan daging (karnivora) alias keong pemakan keong lainnya. Nah, dari sifat pembunuhnya itu lah keong assasin sangat digemari oleh para aquascaper guna untuk menekan atau memberantas keong liar (keong hama) yang ada di dalam tank aquascape mereka.
Rekomendasi Keong Hias Untuk Aquascape
Rekomendasi Keong Hias Untuk Aquascape

Penutup

Mungkin cukup sekian ulasan artikel kali ini tentang Rekomendasi Keong Hias untuk Aquascape. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi teman-teman aquascaper. Jika ada pertanyaan atau kritikan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Termakasih sudah berkunjung di AmaterasuBlog. :)
Loading...

4 Responses to "Rekomendasi Keong Hias Untuk Aquascape"

  1. Keongnya unik-unik, kalau yang keong assasin seperti bekicot, apa emang bekicot gan???

    ReplyDelete
  2. keren nih, rekomendasi keong nya bagus bagus, apalagi yang turbo snail, wih gg.

    makasih informasinya 👌

    ReplyDelete
  3. Keong asasasin ini, nih, yang wajib punya. Tapi, apa nanti kalau ditempatkan di satu aquarium nggak bakalan makan keong yang lainnya seperti si keong tanduk, itu. Pengin punya aquascape malahan jadinya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel