.

MENGENAL LEBIH DALAM TENTANG AQUASCAPE

APA ITU AQUASCAPE
APA ITU AQUASCAPE


Apa itu Aquascape? banyak dari kita orang-orang awam pada umumnya yang masih bertanya mengenai apa itu aquascape. Yah hobi ini di Indonesia memang tergolong masih baru dan tak sepopuler hobi lainnya yang sudah banyak penggemarnya.


Namun akhir-akhir ini hobi aquascape mulai menjamur terbukti banyaknya toko dan pedagang ikan hias dan akuarium yang juga menjual macam-macam kebutuhan untuk aquascape.

MENGENAL LEBIH DALAM TENTANG AQUASCAPE
PENGERTIAN AQUASCAPAE


Aquascape adalah sebuah seni yang mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan lain-lain. Seni dalam aquascpe yaitu menggunakan media di dalam kotak kaca atau akuarium atau bisa juga acrylic yang menyerupai akuarium.

Aquascape sangatlah menarik karena kita tidak hanya memelihara ikan saja tapi juga memelihara semua komponen yang ada didalam akuarium. Lantas apa yang membedakan antara aquascape dengan akuarium? Tak sedikit orang yang gagal memahami dan tidak bisa membedakan keduanya.

SEJARAH AQUASCAPE Takashi Amano
SEJARAH AQUASCAPE


Sejarah Aquascape berasal di Negeri Samurai Jepang pada tahun 1990, dan sang pencetusnya ialah Takashi Amano. 
Beliaulah yang pertama kali memulai serta memperkenalkan konsep pemeliharaan tanaman air di dalam akuarium yang disebut dengan Aquascape.


Alirannya Takashi Amano sendiri lebih ke Nature Aquascape pada saat itu, yaitu meniru kondisi alam sebenarnya dan terlihat benar-benar alami meskipun berada di dalam sebuah akuarium.


Serta konsep estetika Jepang Wabi-sabi, yang berfokus pada kefanaan dan minimalis, serta Iwagumi, yang mengatur penempatan batu. Takashi Amano mendirikan sebuah perusahan bernama Aqua Design Amano yang dikalangan peghobi dikenal dengan singkatan ADA (Aqua Design Amano).


Sampai saat ini, Takashi Amano bersama perusahaannya memang telah menjadi salah satu kiblat atau referensi para penghobi Aquascape di dunia dalam membuat Aquascape dan lagi perusahaan tersebut menjual hampir segala macam produk-produk yang berkaitan dengan Aquascape. [Lihat Mahakarya Aquascape Ala Takashi Amano]

AQUASCAPAE VS AKUARIUM
AQUASCAPAE VS AKUARIUM


Sebenarnya Aquascape dan akuarium memang sama dalam hal material dasar pembuatannya, dimana keduanya menggunakan wadah yang terbuat dari kaca. Selain berbahan kaca, bahan seperti acrylic atau bahan lain juga dapat digunakan sebagai wadah untuk media keduanya.

Namun akuarium hanya berfokus pada ikan hias saja sebagai isinya dan bisa juga ditambahkan dengan media batu-batuan atau pasir dan juga dekorasi tanaman sintetis. Sementara aquascape ikan hanyalah sebagai penghias dan bukan hal yang diwajibkan alias pelengkap saja.

Aquascape lebih berfokus pada tanaman, kayu, air, batu dan faunanya yang terdapat dalam media tersebut. Faunanya dapat berupa ikan hias berukuruan kecil, keong atau udang sehingga lebih bervariasi dan tampak lebih indah. Perlu kita ketahui dalam konsep aquascpae, ikan hanya berperan sebagai pelengkap saja dan bukan inti dari aquascape itu sendiri.

Selain itu, ikan yang digunakan pada Aquascape harus ikan yang berukuran kecil, tujuannya yaitu agar tidak merusak atau memakan tanaman yang ada. Tujuan utama pembuatan Aquascape adalah untuk membuat sebuah landscape bawah air yang eksotis, terlihat alami dan menarik jika dipandang.

Dalam hal pembuatan dan pemeliharaannya, ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan. Ada banyak faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan pembuatan dan pemeliharaan Aquascape.

FAKTOR PENTING AQUASCAPAE
FAKTOR PENTING AQUASCAPAE


Berikut adalah faktor-faktor yang sangat penting sekali dalam keberhasilan pembuatan dan pemeliharaan aquascape:

Pencahayaan yang berfungsi sebagai pengganti sinar matahari untuk proses fotosintesis. Pencahayaan Aquascape dibagi menjadi 3 bagian yaitu lowlight, midlight dan juga highlight. Pencahayaan tersebut berfungsi sebagai pengganti peran matahari sehingga harus disesuaikan dengan karakteristik tanaman yang ada dalam aquascape tersebut. [Lihat Cara Mengatur Intensitas Cahaya Untuk Aquascape]

Injek CO2 yang berfungsi untuk keberlangsungan hidup bagi tanaman air dan merupakan suatu kebutuan tanaman yang ada di dalam aquascape. [Lihat Cara Membuat Injek CO2 DIY Untuk Aquascape]

Pupuk merupakan bagian penting untuk kebutuhan nutrisi bagi tanaman yang ada di dalam aquascpe, agar tanaman tersebut bisa tumbuh sehat dan maksimal maka pupuk menjadi faktor penting. [Lihat Cara Membuat Pupuk Tancap DIY Untuk Aquascape]

Filterisasi atau penyaringan air juga menjadi prioritas utama demi menghasilkan kualitas air yang bersih dan sehat bagi tanaman serta fauna lainnya yang ada di dalam aqascape.

Suhu air yang diperlukan harus ideal, jangan biarkan suhu Aquascape terlalu tinggi, suhu yang terlalu tinggi dapat membuat tanaman atau fauna di dalam Aquascape akan tidak sehat atau bisa juga mati. Sementara suhu yang terlalu dingin tidak baik karena dapat membuat fauna yang ada akan menjadi pasif. [Lihat Suhu Air Ideal Untuk Aquascape]

Landscape, pembuatan landscape Aquascape sendiri dikelompokkan menjadi 3, di antaranya yaitu foreground (bagian depan), midground (bagian tengah) dan juga background (bagian belakang). [Lihat 10 Rekomendasi Landscape Terbaik Aquascape]

Nah itu lah beberapa pengertian tentang apa itu aquascape dan sejarah singkatnya, serta perbedaan yang mendasar antara pemeliharaan akuarium dengan aquascape. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang ingin menambahkan atau menanyakan bisa teman-teman tulis di kolom komentar di bawah.

8 Responses to "MENGENAL LEBIH DALAM TENTANG AQUASCAPE"

  1. Dirumah saya juga ada beberapa koleksinya. Jadi libuh tau untuk merawatnya

    ReplyDelete
  2. Kasarannya kalo aquarium Fokusnya ke ikan, aquaspace Fokusnya ke tanaman, gitu ya.?
    Lebih tertarik dg aquaspace ini kayanya, Tapi kelihatannya perawatannya rumit hahai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul gan.. kira-kira seperti itu perbedaannya, kl untuk perawatan memang gampang-gampang susah, tapi kl dijalani sebetulnya mudah merawatnya gan he he he

      Delete
  3. Wah saya kira aquascape itu sama aja dengan aquarium

    ReplyDelete
  4. Wah ... ini kalo berhasil akan indah loh hasilnya tapi butuh ketelatenan untuk membuatnya lebig indah

    ReplyDelete
  5. Ini kalo berhasil bakal keren sih, thx artikel yg bagus. Nanti saya coba jajal 👌

    ReplyDelete
  6. wah bagus ini artikel nya saya jadi tau apa itu aquascape , btw thanks ya informasinya

    ReplyDelete

Trending