5 Hal yang Perlu Diperhatikan HRD Dalam Merekrut Karyawan Secara Online - amaterasublog.com

5 Hal yang Perlu Diperhatikan HRD Dalam Merekrut Karyawan Secara Online

5 Hal yang Perlu Diperhatikan HRD Dalam Merekrut Karyawan Secara OnlineFoto Ilustrasi Rekrutmen Karyawan Online

Melakukan rekrutmen karyawan secara online, merupakan salah satu sistem yang diterapkan oleh sebagian besar perusahaan di era digital berbasis internet. Menambah SDM perusahaan melalui website maupun aplikasi rekrutmen karyawan dianggap lebih praktis, efisien, dan memperingan pekerjaan staf HRD. Sistem ini juga memudahkan calon karyawan dalam melamar pekerjaan.

Namun, dengan menggunakan sistem rekrutmen online, jumlah lamaran yang masuk akan lebih banyak karena siapa pun bisa melamar dimana saja dan kapan saja. Apalagi setiap bulannya pasti banyak orang sedang mencari pekerjaan. Hal ini juga bisa menambah pekerjaan staf HRD jika tidak lihai dalam mengolah lamaran yang masuk.

Berikut beberapa hal cara yang harus diperhatikan oleh staf HRD dalam merekrut karyawan secara online:


5 Hal yang Perlu Diperhatikan HRD Dalam Merekrut Karyawan Secara Online

1. Memprioritaskan Persyaratan yang Dicari

Awali dengan mengunggah informasi lowongan pekerjaan yang jelas. Tulis berbagai persyaratan yang anda butuhkan dan inginkan pada calon karyawan baru anda. Cantumkan pula deskripsi kerja dengan jelas dan benar.

Sebagai staf HRD, anda perlu memiliki catatan pribadi tentang persyaratan yang anda prioritaskan. Misalnya, anda lebih mementingkan pengalaman atau latar belakang pendidikan, begitu pula usia dan status dari calon karyawan. Agar lebih mudah dan cepat, eliminasi lamaran yang tidak sesuai dengan prioritas lowongan anda, tanpa membaca keseluruhan dokumen yang akan memakan waktu. 


2. Melihat Kelengkapan Dokumen Calon Pelamar

Anda bisa melihat keseriusan dan kualitas seorang calon pelamar melalui kelengkapan dokumennya. Oleh Karena itu, anda juga perlu menjelaskan secara rinci dokumen apa saja yang anda butuhkan sebagai bahan pertimbangkan. Segera eliminasi pelamar yang tidak mengirimkan dokumen secara lengkap. Karena ada dua kemungkinan; pelamar tidak membaca lowongan dengan seksama atau pelamar mungkin saja memiliki kepribadian yang mudah menyepelekan peraturan.

Anda juga bisa melihat kelengkapan informasi yang tercantum dalam CV calon karyawan sebagai bahan pertimbangan.
Baca Juga : Pelatihan Pajak PPh 21 Terbaru

3. Mengunggah Lowongan pada Website Maupun Aplikasi yang Terpercaya

Jangan habiskan waktu anda dalam mengunggah lowongan di website pencarian kerja yang kurang kompeten dan populer. Tak usah terlalu banyak, masukan lowongan pada satu, maksimal 3 aplikasi rekrutmen karyawan. Dalam satu aplikasi atau website saja, ada kemungkinan anda akan menerima ratusan hingga ribuan lamaran.

Jika anda perusahaan startup yang masih berkembang, fokuskan saja pada satu website paling populer dan terpercaya. Adapun beberapa aplikasi praktis yang bisa anda andalkan dalam merekrut karyawan baru, diantaranya adalah; Google Here, Yello, Jobvite, dan iCIMS Talent.


4. Meminta Portfolio Pelamar

Ada satu dokumen penting yang patut anda minta dari calon pelamar yaitu portfolio. Hal ini berlaku untuk anda yang sedang mencari karyawan seperti designer, penulis, planner, dan pekerjaan lain yang memiliki hasil pekerjaan dalam bentuk file. Melalui portfolio, anda bisa langsung mengetahui kualitas pekerjaan calon karyawan.

Tak semua file portfolio berkualitas. Utamakan portfolio yang pernah calon karyawan kerjakan untuk projek komersil. Misalnya portfolio dari perusahaan sebelumnya maupun usaha freelance pelamar. Tugas akhir atau portofolio pribadi cenderung tidak memiliki kualitas dan pembuktian bahwa pekerjaan tersebut bisa dijual.


5. Menentukan Jumlah Calon Karyawan yang Dipanggil Untuk Wawancara

Setelah berkutat dengan seleksi dokumen dan pencarian kandidat yang sesuai, anda perlu menentukan berapa banyak orang yang ingin anda panggil untuk wawancara. Jika anda perusahaan berskala kecil, jangan memanggil terlalu banyak calon yang akan memakan waktu wawancara paling sebentar 30 menit. Hal ini akan membuang waktu anda. 

Anda bisa meningkatkan jumlah pelamar yang dipanggil untuk wawancara sesuai dengan berapa banyak karyawan yang pada akhirnya akan anda pekerjakan.

Itu tadi beberapa hal penting yang harus diperhatikan HRD dalam merekrut karyawan. Penggunaan aplikasi rekrutmen karyawan akan membuat pekerjaan tim HR semakin praktis dan efisien dalam menjaring kandidat bertalenta terbaik. Manfaatkan aplikasi rekrutmen karyawan dari LinovHR untuk menerapkan strategi berburu calon karyawan bertalenta dan mendukung kinerja perusahaan Anda.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Hal yang Perlu Diperhatikan HRD Dalam Merekrut Karyawan Secara Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel