√ Cara Screenshot di Laptop Windows 7 Windows 8 dan Windows 10

Cara Screenshot di Laptop Windows 7 Windows 8 dan Windows 10

Cara Screenshot di Laptop Windows 7 Windows 8 dan Windows 10Contoh Gambar Windows 2010

Amaterasublog,– Hallo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sebuah tutorial Cara Screenshot di Laptop Windows 7 Windows 8 dan Windows 10. Yosh, untuk menghemat waktu, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Berikut Cara Screenshot di Laptop Windows 7 Windows 8 dan Windows 10

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Bagi para pengguna komputer jinjing windows 10 kegiatan mengambil tangkapan gambar atau screenshot merupakan aktivitas yang sangat esensial. Maka tak heran jika kegiatan screen capture ini menjadi suatu fitur yang sangat krusial.

Baca juga: Cara Mudah Screenshot di Laptop Asus, Acer dan Dell

Meskipun demikian terkadang beberapa kondisi mengharuskan seseorang untuk melakukan pengambilan porsi atau gambar di area-area tertentu guna dikirimkan kepada seseorang atau atasan. Namun tenang saja, sebab hanya dengan berbekal beberapa shortcut saja Anda sudah bisa melakukan screenshot di laptop windows 10 seperti tutorialnya berikut ini:

Cara Screenshot di Laptop Windows 7 Windows 8 dan Windows 10
1. Cara Screenshot di Laptop Windows 10
  1. Langkah pertama adalah menentukan jendela atau area yang hendak Anda tangkap layarnya. Pastikan bahwa halaman yang Anda pilih sedang berjalan di bagian paling depan dan bukan berjalan dibelakang aplikasi-aplikasi lainnya yang lainnya.
  2. Klik tombol kombinasi alt + Print Screen secara bersama-sama pada keyboard laptop yang Anda miliki.
  3. Kemudian lanjutkan langkah dengan membuka Microsoft Paint.
  4. Lalu tekan tombol ctrl+V secara bersamaan untuk memindahkan hasil tangkapan layar tersebut ke atas kanvas Microsoft Paint.
  5. Nah langkah terakhir Anda bisa melakukan penyimpanan atau penyuntingan terhadap hasil screenshot yang telah Anda terapkan tersebut.

Cara Screenshot di Laptop Windows 8

Trik screenshots di laptop windows 8 menggunakan Alt + Prt Scr atau PrtScr saja umumnya sudah banyak diketahui oleh para pengguna dan beberapa khalayak ramai.

Namun tahukah Anda ada cara praktis dan mudah lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar pada laptop windows 8 yang Anda miliki. Menurut beberapa pengguna tips ini terbilang teknik baru dalam upaya Sreen Capture porsi atau halaman tertentu pada laptop.

Bahkan penerapan trik tangkapan layar di Laptop windows 8 ini juga mampu menyimpan hasil screenshot dengan sendirinya di suatu folder tertentu. Nah bagi Anda yang ingin menerapkan sekaligus mencoba kiat ini, berikut adalah penjelasan lengkapnya yang bisa Anda coba simak dengan seksama :)

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih halaman atau jendela yang hendak Anda screenshot pada laptop. Pastikan bahwa area-area yang telah Anda pilih berjalan pada aplikasi paling depan. Nah untuk memindahkan posisi aplikasi ini Anda bisa menekan halaman yang dikehendaki.

Cara Screenshot di Laptop Windows 7 Windows 8 dan Windows 10
2. Cara Screenshot di Laptop Windows 8
  1. Kemudian lanjutkan langkah dengan menekan tombol Windows + Print Screen pada keyboard laptop windows 8 yang Anda miliki. Nah pada tahapan ini biasanya secara otomatis hasil tangkapan layar akan tersimpan ke dalam sebuah folder CUsersMy Pictures Screenshots.
  2. Belum berhenti sampai di sini, Anda harus melanjutkan perintah dengan membuka halaman Microsoft Paint.
  3. Setelah itu barulah hasil tangkapan layar tersebut Anda paste di kanvas yang tersedia pada Microsoft Paint.
  4. Nantinya pada tahap ini Anda bisa langsung menyimpannya atau menyuntingnya dan kemudian dikirim ke orang-orang yang berkepentingan terhadap hasil screenshots yang telah Anda lakukan tersebut.

Cara Screenshot di Laptop Windows 7

Kegiatan mengambil tangkapan layar pada suatu halaman komputer atau laptop, web, desktop, foto atau halaman lainnya yang dikehendaki bukan hanya sekedar untuk berbagi informasi kepada seseorang akan suatu hal yang sedang terjadi saja.

Namun bagi beberapa kalangan hasil tangkapan layar dari aktivitas ini juga kerap digunakan sebagai pelengkap sebuah berkas atau dokumen tertentu dalam suatu kegiatan.

Secara umum cara screenshot di laptop windows 2007 ini sangat mudah bahkan tanpa bantuan aplikasi atau shortcut tertentu Anda bisa melakukannya dengan mudah dan praktis. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tombol ‘Prt Scr’ yang tersedia di keyboard laptop Anda.

Biasanya posisi tombol ini berada di pojok kanan atas. Namun keadaan ini bisa berubah mengingat setiap merek laptop memiliki desain keyboard yang berbeda-beda. Bagi Anda yang penasaran bagaimanakah caranya, inilah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Cara Screenshot di Laptop Windows 7 Windows 8 dan Windows 10
3. Cara Screenshot di Laptop Windows 7
  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menekan tombol ‘Prt Scr’ di keyboard. Nah tindakan ini secara otomatis Anda sudah mengcopy tampilan atau gambar yang sudah dikehendaki sebelumnya. Nantinya hasil copyan gambar tersebut sudah langsung tersimpan pada RAM laptop Anda.
  2. Nah langkah selanjutnya Anda cukup membuka halaman Microsoft Paint yang tersedia di Windows .
  3. Setelah itu paste gambar yang sudah Anda copy sebelumnya pada kanvas yang tersedia di Microsoft Paints. Atau dengan menekan kombinasi tombol ctrl+V secara bersama-sama.
  4. Nah nantinya pada halaman Microsoft Paint ini Anda bebas untuk mengeditnya serta menyimpannya kembali atau mungkin mengirim langsung kepada orang-orang yang bersangkutan.
Cara Screenshoot di Laptop Windows 7 Windows 8 dan Windows 10Contoh: Paint & Screenshot di Windows 7

Meskipun bagi banyak orang yang belum tahu aktivitas ini cukup membingungkan sekali, namun nyatanya screenshots di laptop pada beberapa merek tersebut diatas sangat mudah dan praktis sekali untuk dilakukan.

Nah bagi Anda yang hendak mencoba menerapkan cara screenshot di laptop atau notebook ini silahkan memilih salah satu cara yang menurut Anda mudah untuk dilakukan dan diingat.

Namun jangan lupa untuk memastikan bahwa tutorial yang diterapkan sudah sesuai atau belum dengan merek laptop yang dimiliki. Sebab beberapa merek laptop memiliki tata cara menangkap layar yang berbeda. Seperti contoh pada merek Laptop jenis Toshiba Satellite, untuk bisa menlakukan screenshot saya mengkombinasikan tombol Fn+Prtsc Sysrq.

Penutup ...

Demikianlah pembahasan tentang tutorial Cara Screenshot di Laptop Windows 7 Windows 8 dan Windows 10. Jika ada pertanyaan terkait tutorial di atas, silahkan tinggalkan jejak berupa komentar di bawah ini. Akhir kata dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "Cara Screenshot di Laptop Windows 7 Windows 8 dan Windows 10"