Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page yang Wajib diketahui Blogger Pemula - amaterasublog.com

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page yang Wajib diketahui Blogger Pemula

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page yang Wajib diketahui Blogger PemulaPerbedaan SEO On Page dan Off Page
Amaterasublog – Hallo teman-teman bloggers, pada kesempatan kali ini saya akan mereview sebuah informasi tentang Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page yang Wajib diketahui Blogger Pemula.

Memiliki blog atau website dengan tampilan yang keren merupakan kebaanggan tersendiri bagi pemiliknya, terlebih lagi jika blog/websitenya tersebut ramai pengunjung setiap saatnya dan tentunya konten artikel yang sudah kita buat banyak dibaca orang banyak.

Nah, salah satu cara agar artikel kita banyak dikunjungi orang banyak adalah dengan menempatkan situs blog/website kita pada posisi teratas di hasil penelusuran mesin pencari google menggunakan kata kunci/keyword yang ditargetkan. Itulah tujuan utama dari teknik SEO (Search Engine Optimization).

Untuk dapat membuat konten artikel yang SEO friendly, ada 2 hal yang harus diketahui terlebih dahulu khususnya bagi pemula yaitu tentang SEO On Page dan SEO Off Page. Yah, pada artikel kali ini saya akan mencoba mengulas pengertian, fungsi dan pebedaan anatara keduanya.

Apa itu SEO?

Dikutip langsung dari laman support.google.com, SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer". Tujuan utama pengoptimalan mesin telusur pada sebuah website/blog, agar mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian seperti google, bing, yahoo, duckduckgo dan mesin telusur lainnya.

Alhasil dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi mendapatkan trafik organik pada sebuah website/blog akan menjadi meningkat. Keuntungan lainnya selain menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga akan membantu mendapatkan trafik yang tepat sasaran sehingga website/blog yang kita miliki dapat berkembang dengan maksimal.

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page yang Wajib diketahui Blogger PemulaSEO on Page & of Page

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

1. SEO on Page

SEO on Page merupakan sebuah pengoptimalan yang ada di dalam website blog itu sendiri. Berikut ini adalah bagian-bagian dari SEO on Page:

  • Memasang Meta Tag

Hal yang paling penting dalam optimasi SEO on page adalah wajib memasang Meta Tag seperti header tag, title tag, alt tag dan meta description tag. Tujuannya yaitu untuk memudahkan algoritma mesin telusur dalam menentukan konten mana yang layak menempati ranking teratas hasil pencarian.

  • Meriset keyword

Melakukan riset keyword adalah hal yang harus dilakukan ketika kita ingin membuat konten yang SEO Friendly. Tujuannya yaitu untuk memahami pasar visitor dan volume yang sering di cari oleh orang-orang. Dengan itu artikel yang kita buat bisa bersaing dengan artikel yang lain.

  • Mengoptimalkan Struktur Konten

Selain melakukan riset keyword, kita juga harus membuat konten yang mudah dibaca dan mudah dipahami oleh pengunjung. Gunakanlah struktur konten tulisan yang rapi seperti penempatan keyword di Heading dan sub-heading, serta menggunakan tulisan kata kunci dengan menggunakan huruf Bold, Garis Miring atau Tulusan Garis Bawah.

  • Menempatkan link Postingan

Cara banyak sekali oleh para master web atau blog karena hasilnya sangat luar biasa sehingga meningkatkan penarikan pengunjung. Pembaca yang melihat link postingan tadi jika itu informasi yang sesuai keinginan mereka secara otomatis akan di klik sehingga anda bisa mendapatkan visitor dengan mudah.

  • Kecepatan Website

Kecepatan loading pada suatu blog atau website sangat peranan penting dalam SEO. Sejak 2018, Google menetapkan kecepatan loading website (di desktop dan perangkat mobile) sebagai salah satu indikator utama SEO. Semakin cepat loading website, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan ranking lebih tinggi di hasil pencarian Google.

2. SEO off Page

SEO Off Page adalah teknik SEO yang dilakukan di luar blog atau website. Pemilik blog/website harus melakukan optimasi dari luar halaman webnya, yaitu untuk mendapatkan pengunjung agar masuk ke websitenya tersebut sehingga menghasilkan trafik yang valid. Langsung saja berikut ini adalah bagian-bagian dari SEO off page:

  • Bertukar Link

Bertukar sebuah link adalah salah satu bentuk dari silaturahmi dengan para blog lain dan anda juga bisa melakukan sebuah backlink. Backlink adalah link hidup yang tertanam pada Postingan ataupun komentar. Namun kebanyakan pemula masih banyak yang ragu oleh hal tersebut dan coba buang pikiran negatif ambil positifnya.

  • Berkunjung Ke Blog Orang Lain (BlogWalking)

Hal ini bisa kita lakukan karena sangat mudah sekali, dan akan banyak hal di dapatkan dari blog orang lain. Misalkan saja mendapatkan ilmu dan referensi dari blog tersebut

  • Mengembangkan Blog Dummy

Blog dummy adalah suatu blog yang dibust dengan sengaja yang fungsinya untuk mendukung blog utama kita. Cara kerja SEO Dummy yaitu menautkan link pada sebuah artikel yang menuju halaman blog utama kita sendiri. Cara ini sering dilakukan karena memiliki kemampuan seperti backlink karena itu kita harus paham betul tentang blog dummy.

Penutup

Mungkin cukup sekian ulasan singkat terkait Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page yang Wajib diketahui Blogger Pemula. Jika ada pertanyaan silahkan komen di kolom komentar di bawah ini. Akhir kata dari saya, Semoga bermanfaat dan Salam Blogger Indonesia :)
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page yang Wajib diketahui Blogger Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel