Tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah - amaterasublog.com

Tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di WajahCara Menghilangkan Bekas Jerawat | Foto Ilustrasi
Amaterasublog – Hallo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah.

Bagi sebagian orang, jerawat merupakan sesuatu yang sangat menyebalkan kehadirannya, baik bagi wanita maupun pria. selain mengganggu penampilan, timbulnya jerawat tak jarang menimbulkan rasa gatal dan perih.

Selain itu jerawat yang sudah mengering terkadang meninggalkan bekas pada kulit atau berupa flek hitam. Untuk kasus yang lebih tidak menyenangkan, bekas jerawat menyebabkan permukaan wajah menjadi kasar dan kucel  sehingga secara tak langsung dapat mempengaruhi penampilan seseorang.
Lihat juga artikel kesehatan lainnya di Info Penting
Nah, untuk menghilangkan bekas jerawat, sudah banyak terdapat beberapa metode penyembuhan untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah, dimulai dari metode kedokteran (ilmiah) hingga cara tradisioanal.

Pada artikel ini saya akan membahas segala informasi yang anda butuhkan, tips yang bermanfaat / pencegahan, penyembuhan dan tips cara untuk menghilangkan jerawat/bekas jerawat. Sebelum membahas poin–poin tersebut ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab munculnya jerawat yang kerap menghantui kita, langsung saja berikut ini ulasannya:

Faktor Penyebab Munculnya Jerawat
  1. Lapisan kulit mati yang ditinggalkan oleh jerawat menyumbat pori–pori yang terinfeksi.
  2. Berlebihnya lapisan kulit wajah berminyak yang disebabkan oleh kalenjar minyak
  3. Faktor Keturunan (genetika).
  4. Dipengaruhi oleh faktor emosi (stress).
  5. Perubahan hormon manusia yang lazim dialami oleh remaja yang akan menginjak dewasa (masa puber)/yang lebih di kenal lagi masa-masa cinta monyet.
  6. Dipengaruhi oleh adanya iritasi pada kulit.
  7. Efek samping dari obat–obatan / suplemen yang dikonsumsi seperti Amino, Pil KB dan sejenisnya.
  8. Kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan dan juga cairan.

Cara Mencegah Munculnya Jerawat
  1. Untuk mencegah timbulnya jerawat yang muncul pada wajah, selalu sempatkan diri anda untuk membersihkan wajah anda setiap hari dengan sabun pencuci wajah.
  2. Selalu bersihkan wajah setiap menjelang tidur, terutama bagi yang menggunakan make-up, karena deposit tumpukan bahan – bahan make-up yang tidak bersih akan menumpuk dan menjadi tempat bersarangnya kuman yang berakibat tumbuhnya jerawat.
  3. Perbanyakan konsumsi sayuran hijau dan makanan lain yang mengandung vitamin C.

Jenis Jerawat Yang Sering Muncul di Wajah
  1. Jerawat Papula: Jenis jerawat ini muncul di bawah permukaan kulit, dapat teraba sebagai tonjolan padat dan terasa nyeri. Kulit di sekitar tonjolannya tampak bengkak kemerahan. Jerawat papula tidak memiliki titik nanah pada puncaknya.
  2. Jerawat Nodul: Nodul adalah jenis jerawat inflamasi yang terbentuk di bawah kulit dan bisa menimbulkan rasa sakit. Nodul terlihat seperti papula, tapi lebih dalam dan besar serta tidak memiliki puncak berwarna putih.
  3. Jerawat Pustula: Pustula adalah jenis jerawat berupa benjolan yang lebih besar dan lunak. Bagian dasarnya berwarna kemerahan, sementara puncaknya berwarna putih atau kekuningan dan tampak lebih terangkat karena terisi nanah.
  4. Jerawat kistik (jerawat batu): Jerawat batu terbentuk jauh di lapisan kulit yang lebih dalam. Penyebab utamanya adalah penyumbatan pori oleh sel kulit mati yang dibarengi dengan infeksi bakteri. Akibatnya, muncul benjolan merah besar, bertekstur lunak karena berisi bernanah, yang terasa sakit ketika tersentuh.
Untuk keterangan dan informasi lengkapnya, terkait jenis jerawat, teman-teman bisa kunjungi tautan ini: https://hellosehat.com

Jenis jerawat yang paling banyak dialami oleh sebagian besar orang adalah berupa tonjolan kecil berwarna kemerahan, seperti jerawat papula, jerawat nodul dan jerawat postula atau biasa disebut dengan jerawat umum. Beberapa hal yang menyebabkan timbulnya jerawat ini adalah disebabkan oleh suhu/udara lembab, hormanal yang memicu kulit memproduksi minyak secara berlebih sehingga menjadikannya tempat berkembang biaknya bakteri yang kemudian menyebabkan pori–pori wajah tersumbat sehingga menyebabkan tumbuhnya jerawat pada wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat Umum

Dianjurkan agar memakai sabun pencuci wajah yang mengandung zat benzoyl-peroxida (bisa dilihat dari informasi pada kemasan) atau menggunakan sabun sulfur untuk merontokkan bakteri–bakteri penyebab jerawat.

Langkah terbaik adalah memeriksakan ke dokter kulit yang lebih memiliki kapasitas untuk memberikan anda solusi dan obat yang tepat untuk menyembuhkan jerawat anda. Obat–obatan yang dapat menyembuhkan jerawat umumnya mengandung vitamin A derivatif seperti Retin-A.

Untuk mencegah dan meminimalkan peradangan pada kulit wajah sekaligus membunuh bakteri kulit, disarankan agar menggunakan obat jerawat yang mengandung zat benzoyl-peroksida atau salep obat yang memiliki kandungan antibiotik seperti Garamicyn (bisa di dapatkan di apotik).

Cara Menghilangan Jerawat Kistik (Jerawat Batu)

Jerawat jenis ini umumnya lebih sulit disembuhkan karena tidak mempan akan obat–obatan yang digunakan untuk menyembuhkan jerawat biasa. Yang bisa anda lakukan hanyalah berkonsultasi sesegera mungkin ke dokter kulit untuk mengobatinya.
Dan umumnya penyembuhan yang paling efektif untuk jerawat batu adalah melalui metode suntikan/serum, atau yang disebut dengan cortisone yang dapat memberikan hasil maksimal umumnya- sekitar 48 jam (2 atau 3 hari) dan bisa juga dengan Anda rajin membersihkan wajah anda setiap saat. Olah raga yang cukup pada pagi hari.

Cara Menghilangkan Bekas JerawatFoto Ilustrasi | Sumber: review.bukalapak.com

7 Tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Setelah membahas lebih dalam mengenai jenis jerawat di atas, serta penyebab dan cara penyembuhannya, dan yang perlu anda ketahui bahwa Jerawat yang telah mengering atau sembuh tak jarang meninggalkan bekas. Nah, melalui tips berikut ini, saya akan membahas tentang cara menghilangkan bekas jerawat yang saya dapatkan dari berbagai sumber terpercaya.

1. Menggunakan Ubi Kayu

Temukan sepotong ubi kayu (bisa ditanyakan kepada penjual ubi di pasar), lalu bersihkan ubi dan buang kulitnya. Parut ubi yang telah dibersihkan tersebut lalu ambil airnya, lalu gunakan air hasil perasan tersebut untuk dioleskan ke wajah anda / bekas jerawat berada. Rutinkan hal ini setiap hari selama kurang lebih satu minggu untuk melihat hasilnya. Bila bekas jerawat sedikit menghilang, lanjutkan perawatan hingga bekas jerawat menghilang secara total.

2. Menggunakan Jeruk Nipis

Peras beberapa jeruk nipis, lalu oleskan pada bekas jerawat. Anda dapat menggnakan kapas atau cottonbud untuk melakukan hal ini. Diamkan wajah selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air bersih sampai bener-bener bersih. Metode lainnya yang juga bisa digunakan adalah dengan mengoleskan secara langsung ke kulit wajah dengan jeruk nipis yang telah dibelah menjadi dua. Cara ini juga diyakini dapat menguras dan mengurangi minyak di wajah.tapi kalau tidak cocok ga ada hasilnya langsung saja berkonsultasi sma dokter.

3. Menggunakan Kayu Manis

Ambil lah beberapa batang kulit kayu manis lalu hancurkan dan jadikan serbuk dengan cara menumbuknya. Setelah itu baurkan dengan sedikit air lalu oleskan pada bekas jerawat sampai bener-bener merata dan diamkan selama kurang lebih 10mnit . Lakukan secara rutin selama satu atau dua minggu hingga bekas jerawat menghilang secara sempurna.

4. Menggunakan Telur

Gunakan putih telur sebagai masker wajah. Metode ini sudah diketahui sejak zaman dahulu selain sebagai cara menghilangkan bekas jerawat juga sebagai resep untuk merawat wajah agar tetap halus dan lembab.dan wajah tetap halus dan bercahaya.cara: Cukup oles dan diamkan selama 15 hingga 20 menit kemudian bersihkan dengan air bersih. Untuk perawatan, lakukan hal ini 2x dalam seminggu.

5. Menggunakan Daun Sirih Muda

Dapatkan sekitar 5 helai daun sirih muda. Lumatkan daun sirih lalu balurkan secara merata pada bagian – bagian yang di tinggalkan oleh bekas jerawat usap-usapkan pada wajah  dan diamkan wajah selama 20mnit . Lakukan secara rutin selama seminggu hingga bekas jerawat menghilang. Agar olesan daun sirih dapat menempel pada wajah, ada baiknya mencuci wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan tumbukan daun sirih.

6. Menggunakan Masker Wajah

Anda dapat juga menggunakan masker wajah yang terbuat dari SandalWood. Anda dapat mendapatkannya di apotik, salon kecantikan ataupun di internet. Masker yang terbuat dari pepohonan jenis Sandalwood ini diyakini ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat dan kulit berminyak pada wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda dapat mencampurkan masker Sandalwood dengan susu, telur atau oatmeal (gandum) sebelum dioleskan pada wajah.

7. Menggunakan Kulit Kayu Manis & Madu

Pada cara sebelumnya telah dibahas salah satu metode dengan menggunakan kayu manis. Pada cara berikut anda dapat menambahkan sedikit madu. Oleskan campuran kulit kayu manis dan madu pada bekas jerawat setiap malam menjelang tidur dan bersihkan wajah dengan air hangat sampai bener-bener bersih. Lakukan hal yang sama setiap harinya hingga bekas jerawat menghilang. Bila anda termasuk orang yang sibuk dan cenderung malas untuk membeli bahan–bahan yang sulit, cukup oleskan madu lebah murni pada bekas jerawat juga cukup ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat

Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini Tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen di kolom komentar di bawah. Akhir kata : Semoga bermanfaat :)
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 Response to "Tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah"

  1. iya sih, aku pernah coba pakai jeruk nipis, awalnya cocok tapi lama-lama malah gak cocok. Tapi kalau pakai telur dijamin top markotop, tapi ga tahan banget sama bau amisnya. - mungkinblogdotcom

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel