√ 7 Kunci Sukses Breeding Ikan Cupang Untuk Pemula

7 Kunci Sukses Breeding Ikan Cupang Untuk Pemula


Amaterasublog - Hallo "betta lover" di mana pun Anda berada... Pada pembahasan seputar dunia ikan hias kali ini saya akan membahas tentang tips sukses mengawinkan Ikan Cupang khusus untuk para pemula.

Baca juga: Cara membedakan ikan cupang jantan dan betina

Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling populer belakangan ini. Seiring dengan ketenaran nya tersebut, banyak sekali dari penghobi baru (newbie) yang turut mencoba membudidayakan nya.

Nah, oleh karena itu disini saya akan mencoba mengulas beberapa tips sukses dalam mengawinkan ikan cupang khusus bagi Anda yang masih pemula. Langsung saja berikut ulasannya...

7 Kunci Sukses Breeding Ikan Cupang Kusus Untuk Pemula

Dilansir dari postingan IG @cupangtapibetta, berikut ini adalah 7 Kunci Sukses Breeding Ikan Cupang khusus bagi pemula:

1. Indukan

Pertama tama dan yang paling utama agar sukses mengawinkan ikan cupang yaitu; pastikan indukan yang ingin sobat kawinkan sudah matang, umur dan ukuran idealnya sekitar berumur 5 bulan atau lebih dengan size M. Hal ini bertujuan untuk mengurangi potensi burayak cepat mati saat menetas.

2. Treatment

Persiapan untuk menghasilkan telur yang banyak dan besar, berikan calon indukan dengan pakan jentik nyamuk secukupnya. Sobat bisa berikan di pagi hari dan sore selama 1 minggu sebelum mengawinkan nya. Cara ini sudah saya buktikan dapat meningkatkan kualitas dan juga kuantitas telur dari indukan si betina.

3. Media Pemijahan

Gunakan media pemijahan yang ideal, nah disini saya menggunakan ember es krim 5 kg. Kelebihan menggunakan ember es krim yaitu ukuruannya yang sangat cocok juga tidak terlalu luas, hal ini dapat membantu menghemat tenaga indukan jantan saat menjaga burayak yang jatuh atau tenggelam di bawah busa.

Sedangkan kekurangannya yaitu terlalu sempit jika anakan/ burayak yang menetas terhitung banyak karena akan mengganggu kadar oksigen di dalam media air. Solusi rekomendasi nya adalah dengan memindahkan burayak ke kolam pembesaran saat berumur 4-5 hari pasca menetas.

4. Air

Salah satu faktor penting dalam mengawinkan cupang adalah air. Pastikan air yang digunakan bersih dan tidak tercemar dengan zat berbahaya.

  • Jika sobat menggunakan air PDAM, baiknya menghilangkan klorin nya terlebih dahulu sebelum memasukkan ikan nya.
  • Jika sobat menggunakan air tanah, baiknya mengendapkan dulu airnya tersebut selama 1-2 hari. Solusi rekomendasi nya yaitu gunakan air isi ulang galon agar lebih hemat waktu.

5. Settingan

Settingan tempat pemijahan menjadi salah satu faktor penentu juga agar sukses dalam mengawinkan ikan cupang. Jika tempat pemijahan sudah nyaman, biasanya indukan cupang tidak membutuhkan waktu lama untuk bertelur. Adapun untuk solusi rekomendasi nya adalah sebagai berikut:

  • Ketinggian air yang digunakan sekitar 10-12 cm.
  • Gunakan potongan daun ketapang untuk membantu indukan jantan dalam membuat buih/ busa.
  • Tuangkan garam ikan secukupnya dan kalau bisa ditambahkan tumbuhan air seperti Apu-apu atau Frogbit.

6. Suhu Udara

Suhu udara yang paling ideal adalah 27-29 derajat celcius. Pengalaman kami, saat kondisi cuaca kurang bagus dan cenderung dingin, ini membuat calon indukan lebih malas bergerak dan bahkan sampai tidak mau kawin.

7. Berdo'a

Nah yang terakhir ini yaitu jangan lupa berdo'a kepada sang pencipta kehidupan ini. Karena ikhtiar sudah, hitung-hitungan juga sudah, dan berdo'a lah agar proses breeding-nya berhasil.

Penutup ...

Demikianlah ulasan singkat tentang 7 Kunci Sukses Breeding Ikan Cupang Untuk Pemula. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :).

Disclaimer : Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Kunci Sukses Breeding Ikan Cupang Untuk Pemula"

Posting Komentar

Seputar Blogger & Publisher

Hobi Ikan Hias & Aquascape

Info Anime List & OST Anime

Informasi Menarik Lainnya ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel