√ Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang Jantan dan BetinaIkan Cupang Jantan dan Betina

Amaterasublog - Membedakan antara Ikan Cupang Jantan dan Betina sebenarnya cukup mudah, meskipun terkadang masih banyak orang yang tidak tahu cara membedakan antara keduanya karena memang terlihat mirip.

Apalagi jika Ikan Cupang tersebut umurnya masih muda, maka akan sangat susah untuk dibedakan mana jantan dan mana betina. Nah, untuk mengetahui perbedaan mendasar pada jenis kelamin ikan cupang, maka di sini saya akan mengulas berdasarkan ciri-ciri fisik dan juga karakteristik dari ikan cupang jantan dan betina.

Baca juga: Kriteria Ikan Cupang Hias Kontes SNI

Berikut Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan

Ikan Cupang Jantan dewasa (baik jenis halfmoon atau plakat) pada umumnya memiliki sirip belakang, perut dan ekor yang panjang. Ukuran panjang siripnya kisaran 2-3 kali lebih panjang dari pada tubuhnya. Nah, adapun ciri-ciri lainnya adalah sebagai berikut.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Jantan

Untuk dapat membedakan jenis kelamin Ikan Cupang Jantan bisa dilihat dari 3 faktor ciri berikut ini:

1. Bentuk Fisik

Bentuk fisik pada ikan Cupang jantan cenderung memiliki tubuh lebih memipih atau memanjang, sedikit lebih rata dari sisi ke sisi. Contoh bentuk fisik pada ikan cupang jantan dewasa bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini:

Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina
Contoh Ikan Cupang Jantan

2. Warna

Salah satu nilai estetika pada ikan cupang ialah terdapat pada warnanya yang cenderung mencolok, nah warna yang paling kuat tentunya terdapat pada jenis ikan cupang jantan.

3. Karakteristik

Ikan cupang jantan atau pun betina keduanya memiliki karakter yang agresif. Namun, ikan jantan biasanya lebih agresif dari betina. Nah, ikan cupang jantan juga akan mengobarkan insangnya untuk menunjukkan dominasinya terhadap ikan lain yang ada disekelilingnya.

Karakteristik lainnya pada cupang jantan dewasa yang mana tidak dilakukan oleh ikan cupang betina adalah ikan cupang jantan meniup sarang gelembung ketika siap kawin (Bubble Nests). Sarang gelembung ini dibuat dari gelembung air liur ikan di permukaan air untuk melindungi telur selama berkembang biak.

Cara Membedakan Ikan Cupang Betina

Sedangkan Ikan Cupang Betina (baik jenis halfmoon atau plakat) umunya memiliki sirip yang lebih pendek dari pada ikan jantan. Adapun untuk ciri-ciri lainnya adalah sebagai berikut.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Betina

Sedangkan untuk membedakan jenis kelamin Ikan Cupang Betina bisa dilihat dari 3 faktor ciri-ciri berikut ini:

1. Bentuk Fisik

Bentuk fisik pada ikan cupang betina cenderung lebih pendek dan bertubuh lebar (gemuk di bagian perut) dibandingkan cupang jantan. Ciri fisik lainnya yang terdapat pada jenis ikan cupang betina dewasa yaitu terdapat “titik telur atau ovipositor” terletak di antara sirip perut dan dubur. Lebih jelasnya bisa Anda lihat pada contoh gambar di bawah ini:

Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina
Contoh Ikan Cupang Betina

2. Warna

Ikan Cupang betina memiliki warna yang agak redup dan cenderung agak kusam jika dibandingkan dengan jenis ikan cupang jantan. Nah, dari faktor warna ini lah biasanya kita dengan mudah membedakan jenis kelamin ikan cupang. Tapi ada beberapa jenis ikan cupang betina yang memiliki warna yang cerah seperti gambar di atas.

3. Karakteristik

Karakteristik ikan cupang betina sebenar hampir sama dengan ikan jantan, yaitu tidak akan segan-segan mengobarkan insangnya jika berhadapan dengan ikan lainnya di dalam akuarium. Hanya saja ikan betina ini karakternya cenderung lebih kalem ketimbang ikan cupang jantan.

Demikianlah tips cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina yang bisa saya ulas dalam artikel kali ini. Jika ada pertanyaan terkait isi artikel di atas silahkan komen pada kolom komentar di bawah ini dengan bijak. Semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

#Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina" ...

Posting Komentar