√ Tips Mencari Air di Gunung dan Hutan Saat Tersesat

Tips Mencari Air di Gunung dan Hutan Saat Tersesat

Perlu sobat ketahui bahwa manusia bisa bertahan 14 hari tanpa aspan makanan, tetapi manusia akan mati dalam 4-5 hari apabila tidak menemukan air untuk diminum. Bagi sobat yang suka mendaki gunung atau berjelajah di hutan, tentu wajib tahu cara mendapatkan air jika mana tersesat di area tersebut.

5 Tips Cara Mencari dan Mendapatkan Air Ketika Tersesat di Gunung Atau di Hutan

Dilansir dari halaman facebook @pendakicantik, berikut 5 cara mencari dan mendapatkan air ketika kita tersesat di hutan atau gunung:

1. Ikuti jejak hewan

Tips Mencari Air di Gunung dan Hutan Saat Tersesat
#1

Jika sobat menemukan ada jejak hewan, maka ikuti arah jejak tersebut. Pasalnya insting hewan lebih peka ketimbang manusia dan jejak hewan di pegunungan atau hutan akan cenderung mengarah dimana sumber air berada/ dekat dengan sumber air.

2. Tumbuhan subur pertanda banyak air

Tips Mencari Air di Gunung dan Hutan Saat Tersesat
#2

Pada bagian tertentu gunung, jika terdapat tanaman yang tumbuh subur dan juga rumpun, maka itu bisa menjadi tanda bahwa area tersebut dekat dengan sumber air. Oleh karena itu periksalah di setiap sudut lokasi tersebut siapa tahu terdapat aliran air atau mungkin bisa juga berupa genangan air di sekitarnya.

3. Serangga yang berkumpul

Tips Mencari Air di Gunung dan Hutan Saat Tersesat
#3

Di gunung jika terlihat ada beberapa serangga yang berkumpul, maka bisa menjadi salah satu indikasi tempat tersebut dekat dengan sumber air. Kenapa? karena pada hakikatnya penghidupan serangga umumnya dekat dengan air.

4. Arah burung terbang yang bergerombol saat pagi atau sore

Tips Mencari Air di Gunung dan Hutan Saat Tersesat
#4

Jika di pagi atau sore hari terlihat sekelompok burung yang terbang dan turun didaerah tertentu, nah maka itu salah satu pertanda bahwa di daerah tersebut ada sumber air.

5. Daratan yang lebih rendah

Tips Mencari Air di Gunung dan Hutan Saat Tersesat
#5

Sejatinya sifat air yaitu mengalir dari atas ke bawah, maka pastikan jika akan mencari sumber air carilah lokasi yang lebih rendah.

Penutup ...

Itulah beberapa tips Cara Mencari Air Ketika Tersesat di Gunung atau di Hutan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk sobat yang hobi berpetualang ke alam bebas  [khususnya bagi para pemula].

Disclaimer : Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Mencari Air di Gunung dan Hutan Saat Tersesat"

Posting Komentar

Seputar Blogger & Publisher

Hobi Ikan Hias & Aquascape

Info Anime List & OST Anime

Literatur Sosiologi & Politik

Informasi Menarik Lainnya ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel