√ 12 Makhluk Mitologi Asal Indonesia

12 Makhluk Mitologi Asal Indonesia

12 Makhluk Mitologi Asal IndonesiaMakhluk Mitologi Asal Indonesia

Hallo teman-teman, pada postingan kali ini saya akan mengulas informasi menarik tentang 13 Makhluk Mitologi Asal Indonesia yang mungkin ada beberapa belum kamu tahu.

Mitologi menurut kbbi.web.id adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. Sedangkan dilansir dari halaman wikipedia, Istilah "mitologi" merupakan kajian tentang mitos, maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos.

Jika berbicara mengenai mitologi, hampir setiap negara memiliki berbagai versi mitologi nya masing-masing. Akan menjadi sangat menarik ketika satu mitologi dengan mitologi yang lainnya saling berhubungan atau berkaitan. Begitu pun dengan makhluk yang ada di dalam mitologi itu sendiri sering kali karakteristik nya sama, hanya yang membedakannya yaitu ceritanya saja.

Nah, kira-kira makluk mitologi apa saja yang ada di Indonesia?, untuk menambah ragam informasi, yuk baca postingan artikel ini sampai dengan selesai.

Berikut 12 Makhluk Mitologi Asal Indonesia Paling Populer

Dikutip dari beberapa sumber yang saya temukan, berikut ini 12 Makhluk Mitologi Asal Indonesia paling populer yang perlu kamu Ketahui:

1. Garuda

Kebanyakan dari kita pasti tahu Garuda, karena sosok ini merupakan lambang dari ideologi negara kita Pancasila. Siapa sangka ternyata Garuda ini adalah makhluk mitologi lho.

Gambar ilustrasi makhluk mitologi Garuda.
Ilustrasi - Garuda

Ada bermacam-macam interpretasi mengenai fisik dari Garuda, tapi kebanyakan menggambarkan nya dengan bulu emas berwajah putih dan memiliki sayap merah. Garuda punya paruh dan sayap seperti burung elang, sementara badannya mirip manusia. Konon ukurannya juga sangat besar sampai-sampai dia bisa menghalangi cahaya matahari.

Kisah Garuda sendiri ada dalam kepercayaan Hindu dan Budha yang tertuang dalam Kitab Mahabharata dan Purana yang asalnya dari India.Garuda juga dikenal sebagai raja para burung dan tunggangan Dewa BataraWisnu. Sedangkan bangsa Jepang mengenal makhluk mirip Garuda yang mereka sebut Karura.

Selain jadi lambang negara Indonesia, ternyata Garuda juga dijadikan lambang oleh negara Thailand dan dikenal Krut Pha.

2. Kuda Sembrani

Kuda Sembrani merupakan hewan mitologi berasal dari Jawa, yaitu seekor kuda bersayap yang sangat pemberani, bisa terbang,mirip dengan Pegasus dari mitologi Yunani.

Gambar ilustrasi makhluk mitologi Kuda Sembrani di Jawa Kuningan.
Ilustrasi - Kuda Sembrani

Menurut cerita pewayangan, Kuda Sembrani merupakan kuda tunggangan Batara Wisnuselain Garuda. Tapi hikayat rakyat Jawa menyebutnya sebagai alat transportasi untuk raja, ratu dan senopati.

Salah satu cerita legenda juga mengatakan Kuda Sembrani milik Sultan Agung pernah kabur dari kerajaan Mataram dan singgah di pantai Madasari Pangandaran Jawa Barat.

3. Ahool

Alasan makhluk mitologi asal Indonesia yang satu ini dinamai Ahool yaitu dikarenakan makhluk tersebut mengeluarkan bunyi suara "ahOOOoooool" dengan sangat panjang dan keras. Untuk bentuk makhluk ini sangat menyeramkan, yakni berwujud kelelawar raksasa sebesar anak umur satu tahun. Kepalanya mirip monyet, matanya hitam besar, cakarnya besar, bulunya berwarna abu-abu gelap, dan bentangan sayapnya bisa mencapai tiga setengah meter.

Gambar ilustrasi makhluk mitologi Ahool di hutan Tropis Jawa.
Ilustransi - Ahool

Konon,kemunculan makhluk ini pertama kali dilaporkan pada tahun 1925, orang pertama yang melihat Ahool adalah Dr. Ernest Bartels, seorang ahli ornitologi (ornithologist) atau ahli ilmu burung. Pada saat itu, dia melihat Ahool terbang diatas kepalanya di Gunung Salak, makanya hewan mitologi ini diyakini bertempat tinggal di hutan tropis pulau Jawa.

Beberapa peneliti memperkirakan Ada kemungkinan bahwa Ahool adalah jenis reptil terbang dimasa dinosaurus yang berhasil bertahan hidup sampai sekarang. Kabarnya kehancuran hutan hujan di pulau Jawa juga menyebabkan populasinya menyusut,dan ciri khasnya kemunculan makhluk mitologi Ahool nya selalu diiringi dengan suara "ahOOOoooool" yang sangat keras.

4. Aul

Werewolf versi Indonesia. Yapz manusia serigala juga ada nih di Indonesia namanya Aul. Konon, Aul dulunya itu adalah manusia biasa tapi memiliki kesaktian yang dapat menyatukan anggota tubuhnya yang terlepas.

Gambar ilustrasi makhluk mitologi Aul di Jawa Tengah.
Ilustrasi - Aul

Pada suatu hari si Aul menyuruh orang menebas kepalanya untuk menguji kesaktian nya, tapi sayangnya dia malah duduk dekat dengan jurang, yang mengakibatkan kepalanya menggelinding masuk kedalam jurang. Dalam keadaan sangat panik, Aul nebas kepala serigala yang berada di dekatnya, kemudian kepala serigala tersebut dipasangkan di badannya. Namun sialnya lagi ketika dipasangkan eh malah terbalik jadi menghadap kebelakang gitu.

Nah, akhirnya Aul ini dikenal sebagai manusia berkepala Serigala terbalik. Dia juga sesekali dapat berjalan tegap seperti manusia, warga di lereng gunung Slamet sering dibuat resah dengan kehadiran makhluk ini, karena banyak hewan ternak mereka mati dalam keadaan isi perutnya terurai, dan kabarnya Aul hanya memakan jeroan kambing saja.

5. Ebu Gogo

Ada yang menyebutnya legenda tapi ada juga yang mempercayai kalau dia ini adalah makhluk mitologi. Kisah Ebu Gogo ini sudah terkenal secara turun temurun dan menjadi cerita rakyat di Flores khususnya di daerah Nagekeo. Wujudnya mirip Leprechaun atau sejenis peri dengan tinggi sekitar satu meter.

Gambar ilustrasi makhluk mitologi Ebu Gogo di Flores, Nusa Tenggara Timur.
Ilustrasi - Ebu Gogo

Ebu Gogo mempunyai hidung yang lebar dan pendek,wajahnya juga lebar, mulutnya besar,telinganya menjulur, dan badan dipenuhi dengan bulu. Nama Ebu dalam bahasa Flores berarti nenek, sementara Gogo berarti pemakan segala. Disebut nenek karena Ebu Gogo dikisahkan memiliki payudara terjuntai panjang dan yang membuatnya jadi sosok yang menyeramkan adalah Ebu Gogo dikenal sangat rakus makan apa saja.Bahkan bisa makan daging manusia sehingga Ebu Gogo juga digambarin memiliki perut yang besar.

Ebu Gogo ini sangat Gesit dan dia bisa berlari dengan sangat cepat. Konon cara mereka berkomunikasi adalah dengan berbisik, tapi mereka juga bisa meniru suara manusia.Menurut cerita rakyat setemapat, Ebu Gogo terakhir terlihat sekitar 400 tahun yang lalu, ketika para penjajah dari Belanda dan Portugis dateng, ada yang bilang kalau mereka punah karena mereka tidak bisa lagi beradaptasi sama lingkungan. Tapi ada yang bilang juga kalau sebenarnya mereka dibasmi sama Para penjajah karena dianggap sebagai hama di era modern ini.

6. Cindaku

Jika sebelumnya ada Aul si manusia serigala dari Gunung Slamet, nah Cindaku ini makhluk mitologi asal Indonesia yang berwujub manusia Harimau dari Gunung Merapi dan Gunung Singgalang.

Gambar ilustrasi makhluk mitologi Cindaku di Gunung Kerinci, Sumatera Barat.
Ilustrasi - Cindaku

Cindaku adalah manusia yang bisa berubah wujud menjadi setengah harimau. Manusia Harimau Cindaku ini bisa berdiri tegak seperti manusia normal. Menurut legenda setempat, Cindaku adalah ilmu batin yang diwariskan turun-temurun dari nenek moyang masyarakat Kerinci. Konon,yang bisa berubah jadi Cindaku adalah masyarakat Kerinci murni dan yang punya kemampuan spiritual. Selain itu mereka juga hanya bisa berubah di tanah kelahirannya sendiri, dan saat dadanya bersentuhan dengan tanah.

Dikisahkan pada zaman dahulu ada seorang pendekar yang hidup di salah satu Goa di Payakumbuh yang ada di Lembah Harau. Pendekar tersebut menguasai silat harimau dan kemudian melakukan pertapaan panjang yang membuat dirinya bisa merubah wujudnya menjadi siluman harimau. Menurut cerita sosok ini menguasai daerah Gunung Merapi dan Gunung Singgalang.Bagi warga setempat, hal tersebut diyakini bukanlah ilmu hitam melainkan ilmu yang diturunkan untuk menjaga batas hidup antara manusia dan harimau.

7. Orang Bati

Orang Bati adalah makhluk mitologi Indonesia yang berasal dari Maluku. Sosok nya mirip manusia, tapi juga mirip kera, dan sayapnya mirip kelelawar.Hampir semua penduduk pulau Seram-Maluku mengetahui legenda tentang makhluk ini.

Gambar ilustrasi makhluk mitologi Orang Bati di Pulau Seram, Maluku.
Ilustrasi - Orang Bati

Orang Bati tinggal di gunung Kairatu dan dikenal suka menculik anak-anak untuk dijadikan makanan. Dia berkeliaran di malam hari dan penduduk setempat juga sesekali bisa mendengar suara teriakan nya, menciptakan suasana mencekam sehingga menimbulkan ketakutan bagi para warga desa.

Konon seorang misionaris asal Inggris yang bernama Tyson beserta anggotanya, pernah datang ke Maluku sekitar tahun 1987, dan mereka melihat Orang Bati. Orang Bati dikenal sebagai manusia terbang juga populer di belahan dunia lainnya seperti Zambia, Papua Nugini, dan Kongo.

8. Leak

Dalam mitologi Bali Leak adalah penyihir jahat yang hanya dapat dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu Leak. Sedangkan pada di siang hari Leak tampak seperti manusia biasa,tapi ketika malam hari dia akan berada di kuburan untuk mencari organ dalam tubuh manusia yang dipakai untuk membuat ramuan sihir. Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup.

Gambar ilustrasi makhluk mitologi Leak di Pulau Bali.
Ilustrasi - Leak

Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk Leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi seperti Rangda. Rangda ini adalah ratu dari para Leak dalam mitologi Bali. Makhluk ini diceritakan sering menculik dan memakan anak kecil, serta memimpin pasukan nenek sihir jahat melawan barong yang merupakan simbol kekuatan baik menurut kepercayaan masyarakat Bali.

9. Naga Besukih

Naga Besukih adalah salah satu makhluk yang terdapat dalam mitos penciptaan Selat Bali. Diceritakan Naga Besukih yang tinggal di Gunung Agung tersebut sangat Sakti dan sisiknya bisa berubah jadi emas dan berlian jika rontok.

Gambar ilustrasi makhluk mitologi Naga Besukih di Pulau Bali.
Ilustrasi - Naga Besukih

Suatu hari seorang Brahmana Sakti bernama Sidi Mantra bertapa di Gunung Agung. Dia meminta bantuan Naga Besukih buat menyelasikan persoalan utang piutang karena Manik Angkeran anaknya yang suka judi. Singkat cerita, Sang Naga tersebut setuju untuk ngebantu dengan syarat anak Sidi Mantra harus berhenti berjudi. Tapi sayangnya Manik Angkeran itu tidak berubah, nah cerita itu berakhir dengan terciptanya Selat Bali oleh tongkat milik Sidhi Mantra yang memisahkan pulau Bali dan pulau Jawa. Kabarnya Naga Sakti ini hanya bisa dipanggil memakai Genta pemujaan milik Sidhi Mantra.

10. Rawak Ngendog

Jika Naga Besukih dikenal sebagai naga besar dan juga Sakti, berbeda dengan Rawak Ngendog berupa wujud naga kecil berasal dari tanah Jawa tepatnya di Semarang. Makhluk ini adalah simbol dari Persatuan antara masyarakat dengan berbagai latar belakang yang mendiami Semarang. Dianggap sebagai pemersatu tiga etnis mayoritas di Semarang, makhluk mitologi ini memiliki wujud campuran dari tiga hewan kepala naga dari Cina badan unta dari Arab, dan empat kaki kambing dari Jawa.

Gambar ilustrasi makhluk mitologi Rawak Ngendog di Semarang, Jawa Tengah.
Ilustrasi - Rawak Ngendog

Biasanya Rawak Ngendog diarak dalam festival Kebyaran, atau perayaan dugderan yang digelar untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Warak Ngendog tubuhnya bersisik, mulutnya bertaring dan wajahnya lumayan mengerikan sebagai lambang hawa nafsu yang harus dilawan.

11. Lembuswana

Lembuswana adalah makhluk mitologi yang dikenal sejak zaman kerajaan Kutai. Bahkan dia dijadikan sebagai lambang dari kerajaan Kutai sampai berubah jadi Kesultanan Kutai Kertanegara.

Gambar ilustrasi makhluk mitologi Lembuswana di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.
Ilustrasi - Lembuswana

Makhluk ini dianggap suci karena jadi kendaraan Batara Guru, menurut cerita Lembuswana merupakan makhluk penjaga Sungai Mahakam di Kalimantan. Tubuhnya adalah gabungan dari 10 macam hewan, yaitu berbadan Lembu, berkepala Singa, bersayap Garuda, bersisik Naga, bertaji Ayam, memiliki belalai Gajah, berjenggot Kambing, bertanduk Sapi, dan berekor mirip Singa, semboyannya "Tapak Leman Ganggayaksa". Kepala Singa dengan mahkota nya melambangkan keperkasaan raja sebagai penguasa dan Dewa, sedangkan belalai gajahnya melambangkan sosok Dewa Pengetahuan dan Kecerdasan yang dikenal sebagai Dewa Ganesha.

12. Nyi Roro Kidul

Jika berbicara tentang mitologi Indonesia, sepertinya kurang afdol jika kita tidak membahas Nyi Roro Kidul. Tidak bisa dipungkiri bahwa Nyi Roro Kidul adalah sesosok roh atau dewi legendaris Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat Pulau Jawa dan Bali.

Gambar ilustrasi makhluk mitologi Nyi Roro Kidul di Pulau Jawa dan Bali.
Ilustrasi - Nyi Roro Kidul

Sosok yang mempunyai nama asli Dewi Kadita ini dikenal sebagai Ratu Laut Selatan (Samudra Hindia) dan secara umum disamakan dengan Kanjeng Ratu Kidul, meskipun menurut beberapa kalangan sebenarnya keduanya itu berbeda.

Nah, ada salah satu kepercayaan yang sangat terkenal di masyarakat, sangking terkenalnya mungkin kalian juga tahu, yaitu larangan untuk berpakaian berwarna "HIJAU" di sepanjang Pantai Selatan pulau Jawa. Hal ini dikarenakan Nyi Roro Kidul sangat menyukai warna hijau, dan konon jika nekat memakai pakaian berwarna hijau, maka orang tersebut akan diseret masuk ke dalam laut dan tidak akan pernah kembali lagi dan akan dijadikan tentara atau pelayan sang Ratu.

Penutup ...

Demikianlah ulasan artikel tentang 12 Makhluk Mitologi Asal Indonesia yang perlu kamu ketahui. See you in another articles dan semoga bermanfaat :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan

8 Komentar untuk "12 Makhluk Mitologi Asal Indonesia"

  1. Nyi loro kidul sampai sekarang masih menjadi legenda dan menjadi perbincangan terus oleh masyarakat, Karena misterinya yang menarik sih😂

    BalasHapus
  2. sampai sekarang masih kurang yakin dengan hewan mitologi ini, jika memang benar ada, tentu kita masih menjumpainya sekarang...

    tapi menarik sih, untuk tambah2an ilmu hehe

    BalasHapus
  3. bnyk jg ya ternyata dan pastinya memperkaya khasanah dan wawasan kita bahwa budaya kita itu kaya banget

    BalasHapus
  4. Banyak juga ya mitologi dari Indonesia, tapi saya cuma tahunya sama Nyi Roro Kidul saja ...... soalnya dia cantik sih he he he

    BalasHapus
  5. Nyi roro kidul legenda dari kecil bahkan duka film nya

    BalasHapus
  6. sya kira indonesia tidaknbanyak punya makluk mitiologi ternyata banyak sekali ya legendanya

    BalasHapus
  7. Garauda sebenarnya bukan makhluk mitologi. Memang jenis elang tapi berbeda.

    Sedangkan untuk cindaku di daerah saya (Minang) bukan seperti di gambar. Kalau yang digambar dikenal sebagai nyiak di Minang. (Makhluk mitologi juga, sampai sekarang masih ada yang percaya).

    Wujud cindaku kalau di daerah saya, seperti makhluk biasa tapi mencari darah dan banyak versi. Namun dari semua versi ciri khas Cindaku pada kaki. Tumit menghadap ke depan sementar jari mereka ke belakan.

    Tapi btw, thanks sharingnya Bang. Keren!

    BalasHapus
  8. Saya masih penasaran, siapa sebenarnya orang pertama yang telah menggambarkan karakter nyi roro kidul. Mulai dari larangan berpakaian warna hijau ketika ke pantai selatan dan menggambarkan nyi roro kidul yang cantik.

    BalasHapus

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.