√ Cara Cek Responsif Blog Dengan Mozilla Firefox

Cara Cek Responsif Blog Dengan Mozilla Firefox

Cara Cek Responsif Blog Dengan Mozilla FirefoxCara Cek Responsif Blog

Cara Cek Responsif Blog Dengan Mozilla Firefox - Sebuah template blog atau web dapat dikatakan responsif, apabila tampilan nya tersebut dapat mengikuti berbagai ukuran layar. Contohnya, jika dibuka menggunakan komputer, laptop, tablet, atau smartphone , maka tampilan nya akan menyesuaikan dengan ukuran layar pada masing-masing perangkat.

Baca juga: Cara Melihat Tampilan Blog Versi Seluler

Dewasa ini, sudah menjadi rahasia umum bahwa desain web yang responsive memiliki lebih banyak keuntungan ketimbang yang non-responsive. 

Hal tersebut juga dipertegas dengan pernyataan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang di muat pada artikel liputan6.com, bahwa masyarakat Indonesia paling banyak mengakses Internet dengan menggunakan Smartphone

Hasil survei APJII: Jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini sebanyak 171,17 juta orang atau 64,8 persen dari populasi penduduk. Dari jumlah tersebut, pengguna internet paling banyak terhubung melalui smartphone setiap hari nya dengan persentase sekitar 93,9 persen.

Diketahui juga bahwa, tampilan responsive pada suatu website menjadi faktor yang sangat penting dalam optimasi SEO on page. Pasalnya, situs yang menggunakan template responsive dan SEO Friendly akan mendapatkan prioritas di mesin pencari.

Cara Cek Responsive Blog Menggunakan Mozilla Firefox

Nah, jika Anda pemilik blog/website dengan desain responsive, pastinya perlu untuk memastikan bagaimana tampilan blog Anda jika dilihat pada tampilan berbagai ukuran layar. Ada banyak cara mengecek responsive ini dan salah satunya dengan menggunakan browser Mozilla Firefox.

Cek Tampilan Responsive Blog

1. Pastikan anda menggunakan browser Mozilla Firefox, lalu buka situs blog yang akan dicek.

2. Pada bagian Menu Bar pilih Tools/Alat.

Cara Cek Responsif Blog Dengan Mozilla Firefox

3. Berikutnya pilih Alat Pengembangan, lalu pilih Tampilan Desain Responsif atau tekan  pada keyboard CTRL+Shift+M.

4. Pada layar selanjutnya, silahkan pilih ukuran layar yang diinginkan atau tarik tanda yang ada di pinggir dan bawah layar.

Pilihan tampilan layar yang tersedia antara lain seperti Galaxy S9/S9+ Android 7.0, iPad iPhone 6/7/8 iOS 11, iPhone 6/7/8 Plus iOS 11, iPhone X/XS iOS 12 dan bisa juga di edit daftar lainnya yang tersedia.

Cara Cek Responsif Blog Dengan Mozilla Firefox

Note : Menu lainnya yang dapat dicoba yaitu menu untuk merotasi layar, menu simulasi peristiwa sentuh, dan membuat screenshot.

Penutup ...

Demikianlah cara cek responsif blog atau web dengan menggunakan Mozilla Firefox. Jika ada hal yang ingin ditanyakan seputar topik di atas, silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "Cara Cek Responsif Blog Dengan Mozilla Firefox"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.