√ Tips Cara Memilih Ikan Oscar Yang Bagus

Tips Cara Memilih Ikan Oscar Yang Bagus

tips-cara-memilih-ikan-oscar-yang-bagusIkan Hias Oscar

Amaterasublog.com - Hallo teman-teman, pada postingan seputar dunia ikan hias kali ini saya akan membahas tentang Tips Cara Memilih Ikan Oscar yang bagus dan berkualitas untuk dipelihara.

Tentang Ikan Oscar

Ikan Oscar adalah salah satu jenis ikan hias air tawar impor yang sangat populer di Indonesia. Ikan ini termasuk dalam keluarga ikan Cichlidae, dengan nama latin nya yaitu Astronotus Ocellatus. Ada dua spesies dalam genus ini, keduanya ditemukan di Amerika Selatan. Mereka adalah omnivora dan memakan ikan kecil, moluska, dan binatang tidak bertulang belakang. Salah satu spesies, Astronotus ocellatus, terkenal sebagai ikan hias dan sering dipelihara di aquarium, dan lebih dikenal dengan nama Ikan Oscar.

Dalam daftar Froese dan Pauly (2018) pada awal tahun 1969 pengenalan terhadap spesies Oscar di berbagai negara seperti Polandia, Filipina, Italy, Guam, Jerman, Australia, Brasil, Kanada, Pantai Gading dan Cina. Tahun 1970 Oscar dikirim ke negara Singapura, dalam jumlah besar melalui William Petra asal Indonesia, sebagai masa awal pengenalan Oscar dan terdaftar sebagai tempat yang banyak ditemukan oleh penduduk. [Sumber: Wikipedia]

Nah, bagi kamu penghobi ikan hias khususnya pemula dan ingin mempunyai Ikan Oscar yang bagus, maka ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan diantaranya adalah sebagai berikut:

Tips Cara Memilih Ikan Oscar Yang Bagus dan Berkualitas

1. Kesehatan Ikan

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih Ikan Oscar adalah kesehatannya. Ikan Oscar yang sehat bukan saja dalam kondisi terserang penyakit, tetapi juga tidak ada cacat atau bekas serangan yang terdapat pada bagian tubuh ikan tersebut. Artinya, badan si Ikan harus utuh dan tidak ada luka atau bekas cacat mulai dari sisik, sirip, dan juga bentuk fisiknya haruslah sempurna.

Kesehatan Oscar dapat pula dilihat dari gerakannya saat menyantap makanan. Ikan Oscar yang sehat akan sangat respon bila diberikan makanan terutama pakan yang masih hidup. Nah, bila Oscar terlihat tidak mau menyantap makanan terkecuali sudah kenyang, sebaiknya diperhatikan karena kemungkinan ikan tersebut terkena penyakit.

2. Keserasian Warna

Ciri-ciri ikan Oscar yang bagus dapat dilihat dari keserasian yang menyangkut warna, bentuk, dan juga ukurannya. Ikan Oscar yang memiliki warna yang tidak serasi akan menyebabkan ikan tersebut menjadi kurang enak dipandang jika kamu pelihara dalam akuarium.

Ikan OScar yang mempunyai warna dan tubuh yang indah, tentu akan lebih enak dinikmati daripada Oscar yang warnanya tidak karuan. Warna Oscar yang bagus yaitu berwarna coklat kehitaman dengan bercak berwarna kuning kemerahan atau merah lebar pada sisi badannya. Sedangkan ikan yang bercak merahnya sedikit biasanya harganya murah, dan sebaiknya tidak perlu dipilih, dan usahakan juga jangan memilih ikan yang bagian merahnya luntur.

3. Umur dan Ukuran

Memang tidak beralasan bagi yang menyarankan untuk membeli Oscar yang sudah berumur tertentu, kecuali bila kamu berminat dan hendak mengawinkan memang seharusnya memilih Oscar yang berumur antara 1,5 sampai 2 tahun yang sudah menginjak masa matang kelamin, dan tentu saja panjangnya antara 15-20 cm.

Namun, bila kamu sekedar ingin memajangnya, maka kamu bisa memilih Oscar yang baru berumur 6-7 bulan. Ikan Oscar dengan umur tersebut biasanya ukurannya tidak terlalu besar, namun sebagian besar warnanya sudah muncul dengan panjang sekitar 10 cm.

4. Keseimbangan

Hal lain yang patut diperhatikan saat memilih Ikan Oscar yang bagus adalah keseimbangan gerakannya. Pilihlah Oscar yang gaya berenang nya normal, dan jangan sekali-kali tertarik dengan Ikan Oscar yang cara berenang nya tidak normal alias miring ke kiri atau ke kanan.

Walaupun badannya penuh dengan warna merah cerah, namun kamu harus hati-hati, sebab kemungkinan organ tubuhnya yang sebelah sedang terganggu dan itu tentunya akan mengurangi keindahan gerak dan pesona nya.

Penutup ...

Demikianlah ulasan informasi seputar dunia ikan hias air tawar tentang 5 Tips Cara Memilih Ikan Hias Oscar yang bagus dan berkualitas untuk pemula. Semoga bermanfaat ya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

#Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "Tips Cara Memilih Ikan Oscar Yang Bagus" ...

Posting Komentar