√ Tips Cara Memilih Ikan Discus Yang Bagus dan Sehat

Tips Cara Memilih Ikan Discus Yang Bagus dan Sehat

tips-cara-memilih-ikan-discus-yang-bagus-dan-sehatIkan Discus Yang Bagus dan Sehat

Amaterasublog.com,- Hallo teman-teman, pada pembahasan dunia ikan hias kali ini saya akan menyajikan Tips Cara Memilih Ikan Discus Yang Bagus dan Sehat. Nah, bagi teman-teman yang ingin membeli ikan discus yang bagus dan sehat, silahkan baca tips konten artikel ini sampai selesai.

Baca juga: Tips memilih ikan Oscar yang bagus dan berkualitas

Tentang Ikan Discus

Ikan Discus merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling cantik dan banyak digemari oleh penghobi ikan hias untuk dipelihara di dalam tank akuarium. Ikan ini termasuk dalam keluarga ikan Cichlidae, dengan nama latin nya yaitu Symphysodon Aequifasciatus berasal dari lembah sungai Amazon Amerika Selatan.

Ikan Discus memiliki corak warna yang sangat unik, dengan bentuk badannya yang bulat sehingga terlihat sangat lucu. Sedangkan karakteristik dari ikan discus yaitu; tenang, elegan, suka bergerombol dan ramah terhadap ikan lainnya yang lebih kecil.

Fakta Unik Si Ikan Hias Discus

Ada beberapa fakta menarik tentang ikan hias discus yang wajib diketahui sebelum kamu memutuskan untuk memeliharanya.

1. Tidak disarankan untuk pemula

Mengutip dari Petkeen, ikan discus tidak disarankan untuk kamu yang baru mau coba-coba memelihara ikan di akuarium, atau belum terbiasa dengan ikan yang memerlukan high maintenance.

Hal itu juga dikarenakan, ikan discus terlalu sensitif terhadap perubahan air dan lingkungan sehingga sering mengalami kesulitan untuk beradaptasi.

2. Membutuhkan banyak ruang

Ikan Discus dapat tumbuh hingga panjang 18cm. Agar tetap berenang bebas, harus disediakan tempat (tank akuarium) dengan ukuran yang cukup luas. Dengan demikian ikan akan lebih sehat dan tidak mudah stres.

3. Suka berenang berkelompok

Habitat aslinya, ikan discus berenang berkelompok dan bergerombol menuju arah yang sama.

Nah, jika kamu ingin memelihara ikan discus, pastikan kamu memeliharanya dengan jumlah yang cukup banyak, agar mereka dapat berenang bergerombol di dalam akuarium.

4. Ikan yang ramah dan tenang

Jika kamu memiliki beragam spesies ikan di dalam akuarium, kamu tetap bisa memelihara ikan discus di dalamnya.

Tapi pastikan tank akuariumnya luas agar si ikan tidak mudah stress ya. Ikan ini juga mudah bergaul dan ramah terhadap ikan lainnya loh.

5. Memiliki umur yang panjang

Meskipun ikan discus dikenal sebagai ikan yang sulit dirawat dan dipelihara, namun jika kamu dapat merawatnya dengan baik maka ikan ini bisa hidup panjang. Ikan discus yang sehat bisa hidup hingga 10 tahun lamanya.

6. Jenis ikan nokturnal (aktif di malam hari)

Nah, ikan discus ini termasuk ke dalam jenis ikan nokturnal, yang artinya ikan yang aktif di malam hari dan pada saat siang hari mereka cenderung pasif.

Berikut Tips Cara Memilih Ikan Discus Yang Bagus dan Sehat

Dilansir dari kanal youtube Kalanis Channel, berikut tips cara memilih ikan discus yang bagus dan sehat yang wajib diketahui penghobi ikan hias:

#Dilihat dari Perilaku Ikan Discus

Jika kamu ingin membeli ikan discus di penjual ikan hias, pastikan ikan yang ingin kamu beli mempunyai ciri-ciri perilaku berikut ini:

1. Bergerak dengan tenang dan santai

Discus yang sehat biasanya akan selalu bergerak dengan tenang dan santai. Hal ini karena di habitat aslinya ikan ini tinggal di sungai yang tenang, sehingga mereka suka berenang dengan santai.

Jika ikan discus bergerak ke sana ke sini tidak karuan maka sudah dipastikan bahwa ikan tersebut sedang tidak sehat atau stress.

2. Bergabung dengan discus lain (tidak menyendiri)

Selanjutnya, perilaku ikan discus yang sehat bisa dilihat dari cara mereka berenang, yaitu; berenang secara bergerombol.

Jika ada ikan discus yang menyendiri dan tidak ingin bergabung dengan ikan yang lainnya, itu bisa menjadi indikasi bahwa ikan tersebut sedang kurang sehat.

3. Mendekat, saat tangan kita dekatkan ke permukaan air

Perilaku ikan discus yang sehat selanjutnya yaitu; suka mendekat saat tangan kita dekatkan ke permukaan air yang terdapat banyak ikan discusnya.

Cara yang satu ini sangatlah mudah kita praktekkan ketika kita hendak membeli ikan discus di penjual ikan hias secara langsung di tempatnya.

Jika tangan kita sodorkan ke permukaan air kemudian ikan discus bermunculan, maka sudah dipastikan ikan tersebut kondisinya sehat walafiat.

4. Mengembangkan sirip atas dan bawahnya saat bergerak

Cara terakhir mengetahui ikan ikan discus yang bagus dan sehat jika dilihat dari perilakunya yaitu; ikan discus suka mengembangkan sirip atas dan bawahnya saat bergerak.

Nah, yang ini cukup krusial, soalnya kalau sirip dari ikan discus menutup atau kuncup ketika bergerak, maka bisa dipastikan bahwa ikan tersebut tidak bagus dan mungkin sedang tidak baik-baik saya alias sakit. (Ini berlaku bagi hampir semua jenis ikan hias)

#Dilihat dari Visual (Bentuk Tubuh Ikan Discus)

Setelah kita mengetahui ciri-ciri ikan discus yang bagus dan sehat jika dilihat dari perilakunya, selanjutnya yaitu dilihat dari ciri-ciri bentuk tubuh si ikan.

Ikan discus yang bagus dan sehat dapat dilihat dari bentuk badan ikan itu sendiri. Adapun ciri-cirinya yaitu sebagai berikut ini:

1. Bentuk badan ideal

Idealnya bentuk badan ikan discus yang bagus dan sehat itu bentuknya bulat dan pipih. Namun ingat, meskipun ikan discus ini bentuk nya pipih, tapi harus juga berisi dan tidak kurus kering.

2. Sirip atas dan bawah mengembang sempurna

Umumnya, hampir setiap jenis ikan akan mengembangkan sirip-sirip nya ketika mereka berenang. Namun, ada beberapa jenis ikan yang mutlak harus selalu mengembangkan sirip-sirip nya ketika bergerak seperti ikan discus.

Ketika kamu ingin membeli ikan discus pastikan pilih yang selalu mengembangkan dorsal fin (sirip atas), anal fin (sirip bawah) ketika bergerak berenang, serta pastikan juga ekornya membuka sempurna dan bagian lainya tidak cacat seperti terbelah atau rusak.

3. Insang tidak membuka (cacat)

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa, ikan bernafas melalui insang. Nah jika insang pada ikan mengalami kecacatan atau bermasalah, maka dapat dipastikan bahwa ikan tersebut sedang tidak baik-baik saja.

Jika kamu menemukan insang pada ikan discus membuka dan tidak mau menutup, itu artinya ikan tersebut cacat. Pastikan jangan sampai kamu membeli ikan yang cacat ya teman-teman.

4. Mempunyai warna yang bersih dan cerah

Tips cara memilih ikan discus yang bagus dan sehat selanjutnya yaitu memiliki warna yang bersih dan cerah. Jangan memilih ikan discus yang warnanya berantakan, tetapi pilihlah yang memiliki warna tegas, bersih, cerah dan tidak pucat.

Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Hias Ramirezi Terlengkap

Nah, jika kamu menemukan ciri-ciri yang disebutkan di atas, maka insya allah ikan discus tersebut bagus dan sehat. Cara di atas bisa kamu jadikan referensi ketika hendak membeli ikan hias discus dari penjual ikan hias agar tidak salah memilih ya.

Penutup ...

Demikianlah ulasan artikel tentang Tips Cara Memilih Ikan Discus Yang Bagus dan Sehat. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, dan untuk mendapatkan update informasi menarik lainnya seputar Ikan Hias, silahkan ikuti atau subscribe blog ini.

Berlangganan Artikel Gratis :
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

( 1 ) Komentar untuk "Tips Cara Memilih Ikan Discus Yang Bagus dan Sehat" ...