.

CARA MEMBUAT DISCLAIMER UNTUK BLOGSPOT

Bagaimana caranya membuat disclaimer untuk blogspot. apa itu diclaimer dan seberapa penting kah untuk kebutuhan monetisasi blog?
DISCLAIMER FOR BLOG


Dalam artikel ini saya akan mengulas tentang bagaimana caranya membuat disclaimer untuk blogspot. Tetapi sebelum kita melangkah ke cara membuat disclaimer untuk blog, alangkah baiknya kita mengerti lebih dulu apa yang dimaksud dengan disclaimer serta pentingnya untuk blog kedepannya.

Sebagaimana yang kita ketahui situs blog dewasa ini sangatlah banyak dan beragam pula pembahasannya, mulai dari yang membahas tutorial, tips, humor, kesehatan, sosial dan sampai khusus untuk tempat curhatan isi hatinya yang dituangkan ke dalam tulisan lalu di publikasikan di blog nya tersebut.

Pertanyaannya yaitu untuk tujuan apa kita membuat blog? jika blog tersebut dipergunakan hanya sebagai tempat curhat tanpa berniat untuk dimonetisasi/ monetize, maka disclaimer tidaklah perlu. Tapi jika sebaliknya yaitu untuk tujuan komersial, hal ini menjadi penting apalagi jika tujuannya untuk melamar jadi publiser di Google Adsense dll, maka blog kita harus mempunyai disclaimer.

Disclaimer berbeda dengan privacy policy, disclaimer berisi tentang sebuah pernyataan bahwa segala sesuatu yang dimuat di dalam website atau blog tersebut semata-mata hanya sebagai informasi belaka dan pemilik atau pengelola tidak bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan informasi yang dimuatnya tersebut.

Disclaimer merupakan halaman statis yang wajib ada khususnya ketika hendak mendaftarkan blog anda menjadi publisher google adsense agar nantinya bisa keterima, karena adanya disclaimer menandakan bahwa blog tersebut blog yang professional.


Disclaimer dalam istilah dunia maya dapat diartikan dengan sebuah aturan dan peraturan dari suatu halaman web/ blog. Maka dari itu pentingnya pemasangan disclaimer pada suatu halaman blog berguna untuk dapat menginformasikan terhadap pengunjung situs web ataupun blog agar dalam berinteraksi pada halaman situs tersebut baik itu berupa, komentar, share, upload dll, agar lebih saling menghargai sesama pengunjung dan pemilik halaman situs tersebut.



Bagaimana caranya membuat disclaimer untuk blogspot. apa itu diclaimer dan seberapa penting kah untuk kebutuhan monetisasi blog?
CARA MEMBUAT DISCLAIMER DENGAN SITUS GENERATOR


Setelah kita tahu inti dari apa itu disclaimer dan seberapa pentingnya untuk blog kita agar dapat dimonetisasi google adsense, selanjutnya mari kita beranjak ke tahap pembuatannya. Cara membuat disclaimer hampir sama dengan kita membuat Privacy Policy dan Terms of Service (ToS) yang mana sama-sama menggunakan tools situs generator. (Lihat cara membuat Privacy Policy & Terms of Service)


Tahap pertama teman-teman buka situs Privacy Policy Online

Pada homepage klik Disclaimer Generator dibagian header.
Atau bisa klik disini (diarahkan langsung ke Disclaimer Generator)


Bagaimana caranya membuat disclaimer untuk blogspot. apa itu diclaimer dan seberapa penting kah untuk kebutuhan monetisasi blog?
Privacy Policy Online

Pada tahapan selajutnya setelah masuk di halaman tersebut selanjutnya anda diminta mengisi informasi utama blog.


Bagaimana caranya membuat disclaimer untuk blogspot. apa itu diclaimer dan seberapa penting kah untuk kebutuhan monetisasi blog?
Generate Disclaimer


Your Site Title : Tulis nama blog atau website anda
Your Site URL : Alamat blog anda
Contact Link : Laman contact us anda
Email Address : Email untuk menghubungi anda
Email Encryption: Ada tiga pilihan, mau di pakaikan Encryption, HTML atau JavaScript.


Jika sudah mengisi semua informasi yang dibutuhkan silahkan klik Generate Disclaimer.

Anda sudah bisa melihat hasilnya. Silahkan copy disclaimer tersebut kedalam blog anda. Atau bisa klik dulu Preview Your Disclaimer untuk melihat hasilnya.


Generated Disclaimer

Terakhir cara memasangnya diblog teman-teman dengan menempelkannya di Laman baru.

Caranya : Masuk ke blogger Laman baru Pada kanvas ubah ke mode Compose menjadi HTML lalu paste script tadi didalamnya. Beri judul Disclaimer dan publikasikan.

Selesai

Mungkin cukup sekian ulasan artikel mengenai mengenai Cara Membuat Disclaimer untuk BlogspotJika di dalam artikel ini ditemukan salah pengertian atau istilah lainnya yang berhubungan dengan ulasan artikel di atas mohon dikrokesi dengan menginggalkan jejak komentar di bawah. Terimakasih sudah berkunjung di www.amaterasublog.com, semoga bermanfaat :-)

15 Responses to "CARA MEMBUAT DISCLAIMER UNTUK BLOGSPOT"

  1. Seumpama disclaimer yang dari disclaimer generator terus di ubah memjadi bhs infonesia, kira2 melanggar hak cipta atau enggak gan?
    https://yoeas.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya gak masalah gan, kembali lagi ke tujuan utama dari disclaimer generator itu sendiri yg merupakan tools dalam rangka memudahkan blogger dalam membuat disclaimer. Bahasa bebas diterjemahkan sesuai kebutuhan web/blog masing2... thanks gan sudah berkunjung :-)

      Delete
  2. maaf apakah discalimer itu wajub gan dalam blog?

    ReplyDelete
  3. ternyata ga usah repot2 bikin kalimat to gan.. wkwk
    langsung pake generator aja.. makasih gan

    ReplyDelete
  4. ternyata itu fungsi disclaimer. jadi biar kita gak bertanggung jawab jika terjadi apa apa dengan orang yang telah membaca di blog kita.

    ReplyDelete
  5. terimakasih gan, ternyata mudah juga, kemarin saya bingung banget mau bikin itu

    ReplyDelete
  6. wihhh mantepp nii, bermanfaat buat blogger pemula

    ReplyDelete
  7. Yg awalny saya gatau jd tau, makasih ya gan

    ReplyDelete
  8. Mantap infonya..sangat membantu buat pemula seperti saya

    ReplyDelete
  9. baru tau fungsinya , terimakasih gan infonya sangat bermanfaat sekali buat saya..


    Cros cek bang blog ane apa ke kurangan nya rsp dapur99.blogspot.com

    ReplyDelete