√ Mengenal Lebih Dalam Tentang Aquascape

Mengenal Lebih Dalam Tentang Aquascape


Amaterasublog.com,- Hallo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan mengenalkan secara lebih dalam tentang Aquascape.

Banyak dari kita (orang awam) bertanya-tanya mengenai apa itu aquascape???. Yah, di Indonesia sendiri hobi ini memang tergolong masih baru dan belum sepopuler hobi lainnya yang sudah banyak penggemarnya.

Namun, akhir-akhir ini hobi aquascape mulai terlihat keberadaannya, terbukti banyaknya toko dan pedagang ikan hias atau akuarium yang juga menjual macam-macam kebutuhan untuk aquascape. Nah, kembali lagi yang menjadi pertanyaannya yaitu Apa itu Aquascape? langsung saja berikut penjelasan lebih dalam Tentang Aquascape:

Mengenal Lebih Dalam Tentang Apa Itu Aquascape

Mengenal Lebih Dalam Tentang Aquascape
Aquascape

Pengertian Aquascape

Aquascape adalah sebuah seni yang mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan lain-lain. Seni dalam aquascpe yaitu menggunakan media di dalam kotak kaca atau akuarium atau bisa juga acrylic yang menyerupai akuarium.

Aquascape sangatlah menarik karena kita tidak hanya memelihara ikan saja tapi juga memelihara semua komponen yang ada didalam akuarium. Lantas apa yang membedakan antara aquascape dengan akuarium? Tak sedikit orang yang gagal memahami dan tidak bisa membedakan keduanya.

SEJARAH AQUASCAPE Takashi Amano
Takashi Amano

Sejarah Aquascape

Sejarah Aquascape berasal di Negeri Samurai Jepang pada tahun 1990, dan sang pencetusnya ialah Takashi AmanoBeliaulah yang pertama kali memulai serta memperkenalkan konsep pemeliharaan tanaman air di dalam akuarium yang disebut dengan Aquascape.

Alirannya Takashi Amano sendiri lebih ke Nature Aquascape pada saat itu, yaitu meniru kondisi alam sebenarnya dan terlihat benar-benar alami meskipun berada di dalam sebuah akuarium.

Serta konsep estetika Jepang Wabi-sabi, yang berfokus pada kefanaan dan minimalis, serta Iwagumi, yang mengatur penempatan batu. Takashi Amano mendirikan sebuah perusahan bernama Aqua Design Amano yang dikalangan peghobi dikenal dengan singkatan ADA (Aqua Design Amano).

Sampai saat ini, Takashi Amano bersama perusahaannya memang telah menjadi salah satu kiblat atau referensi para penghobi Aquascape di dunia dalam membuat Aquascape dan lagi perusahaan tersebut menjual hampir segala macam produk-produk yang berkaitan dengan Aquascape.

Lihat : Mahakarya Aquascape Takashi Amano
AQUASCAPAE VS AKUARIUM
Aquascape Vs Akuarium

Aquascape Vs Akuarium

Sebenarnya Aquascape dan akuarium memang sama dalam hal material dasar pembuatannya, dimana keduanya menggunakan wadah yang terbuat dari kaca. Selain berbahan kaca, bahan seperti acrylic atau bahan lain juga dapat digunakan sebagai wadah untuk media keduanya.

Namun akuarium hanya berfokus pada ikan hias saja sebagai isinya dan bisa juga ditambahkan dengan media batu-batuan atau pasir dan juga dekorasi tanaman sintetis. Sementara aquascape ikan hanyalah sebagai penghias dan bukan hal yang diwajibkan alias pelengkap saja.

Aquascape lebih berfokus pada tanaman, kayu, air, batu dan faunanya yang terdapat dalam media tersebut. Faunanya dapat berupa ikan hias berukuruan kecil, keong atau udang sehingga lebih bervariasi dan tampak lebih indah. Perlu kita ketahui dalam konsep aquascpae, ikan hanya berperan sebagai pelengkap saja dan bukan inti dari aquascape itu sendiri.

Selain itu, ikan yang digunakan pada Aquascape harus ikan yang berukuran kecil, tujuannya yaitu agar tidak merusak atau memakan tanaman yang ada. Tujuan utama pembuatan Aquascape adalah untuk membuat sebuah landscape bawah air yang eksotis, terlihat alami dan menarik jika dipandang.

Dalam hal pembuatan dan pemeliharaannya, ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan. Ada banyak faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan pembuatan dan pemeliharaan Aquascape.

FAKTOR PENTING AQUASCAPAE
Faktor Penting Aquascape

Faktor Penting dalam Aquascape

Berikut adalah faktor-faktor yang sangat penting sekali dalam keberhasilan pembuatan dan pemeliharaan aquascape:

1. Pencahayaan

Pencahayaan yang berfungsi sebagai pengganti sinar matahari untuk proses fotosintesis. Pencahayaan Aquascape dibagi menjadi 3 bagian yaitu lowlight, midlight dan juga highlight. Pencahayaan tersebut berfungsi sebagai pengganti peran matahari sehingga harus disesuaikan dengan karakteristik tanaman yang ada dalam aquascape tersebut. 

2. Injeksi CO2

Injek CO2 yang berfungsi untuk keberlangsungan hidup bagi tanaman air dan merupakan suatu kebutuan tanaman yang ada di dalam aquascape.

Lihat : Cara Membuat Injeksi Co2 DIY Untuk Aquascape

3. Pupuk Tanaman

Pupuk merupakan bagian penting untuk kebutuhan nutrisi bagi tanaman yang ada di dalam aquascpe, agar tanaman tersebut bisa tumbuh sehat dan maksimal maka pupuk menjadi faktor penting.

4. Filter Air

Filterisasi atau penyaringan air juga menjadi prioritas utama demi menghasilkan kualitas air yang bersih dan sehat bagi tanaman serta fauna lainnya yang ada di dalam aqascape.

5. Suhu Air

Suhu air yang diperlukan harus ideal, jangan biarkan suhu Aquascape terlalu tinggi, suhu yang terlalu tinggi dapat membuat tanaman atau fauna di dalam Aquascape akan tidak sehat atau bisa juga mati. Sementara suhu yang terlalu dingin tidak baik karena dapat membuat fauna yang ada akan menjadi pasif.

6. Landscape

Landscape, pembuatan landscape Aquascape sendiri dikelompokkan menjadi 3, di antaranya yaitu foreground (bagian depan), midground (bagian tengah) dan juga background (bagian belakang).

Nah itu lah beberapa pengertian tentang apa itu aquascape dan sejarah singkatnya, serta perbedaan yang mendasar antara pemeliharaan akuarium dengan aquascape. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang ingin menambahkan atau menanyakan bisa teman-teman tulis di kolom komentar di bawah.

Berlangganan Artikel Gratis :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan

( 5 ) Komentar untuk "Mengenal Lebih Dalam Tentang Aquascape"

  1. Dirumah saya juga ada beberapa koleksinya. Jadi libuh tau untuk merawatnya

    BalasHapus
  2. Kasarannya kalo aquarium Fokusnya ke ikan, aquaspace Fokusnya ke tanaman, gitu ya.?
    Lebih tertarik dg aquaspace ini kayanya, Tapi kelihatannya perawatannya rumit hahai.

    BalasHapus
  3. Wah saya kira aquascape itu sama aja dengan aquarium

    BalasHapus
  4. Wah ... ini kalo berhasil akan indah loh hasilnya tapi butuh ketelatenan untuk membuatnya lebig indah

    BalasHapus
  5. Ini kalo berhasil bakal keren sih, thx artikel yg bagus. Nanti saya coba jajal 👌

    BalasHapus