Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang [Lengkap] - amaterasublog.com

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang [Lengkap]

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang [Lengkap]

Mengenal Lebih Dalam Jenis-Jenis Ikan Cupang Lengkap Jenis - Jenis Ikan Cupang
Amaterasublog – Hallo teman-teman Betta Lovers, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Jenis-Jenis-jenis Ikan Cupang yang sangat populer khususnya di kalangan para pencinta ikan hias.

Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang habitat aslinya tersebar dan terdapat di beberapa negara di Asia Tenggara, diantaranya yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam.
Ikan Cupang mempunyai bentuk fisik dan karakteristik yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan para hobbies, ikan cupang umumnya dibagi menjadi tiga kategori, yaitu ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar. Di Indonesia sendiri tepatnya di perairan Pangpang Kalimantan Timur, terdapat jenis ikan cupang liar endemik yang dikenal dengan nama Ikan Cupang berkepala ular, atau dengan nama ilmiahnya yaitu Betta Channoides.

Pada umumnya kebanyakan orang mengira bahwa ikan cupang merupakan jenis ikan hias aduan. Padahal sebenarnya ikan cupang hias dan ikan cupang aduan merupakan dua jenis ikan yang berbeda, meskipun masih dalam satu family yaitu Anabantidae.

Nah, untuk memudahkan kita dalam mengenal jenis-jenis ikan cupang, berikut ini adalah saya uraikan berdasarkan 3 kategori ikan cupang, diantara yaitu: jenis ikan cupang hias, jenis ikan cupang aduan dan jenis ikan cupang liar.

Kategori Ikan Cupang Beserta Jenis-Jenisnya

Ikan Cupang Hias

Ikan Cupang Hias merupakan kategori ikan cupang yang mudah kita dijumpai di pasar-pasar ikan hias atau toko ikan hias. Ikan cupang hias dibagi menjadi 3 jenis yaitu: Ikan Cupang Setengah Bulan (Halfmoon), Ikan Cupang Serit (Crowntail) dan Ikan Cupang Ekor Ganda (Double Tail).

Ikan Cupang Setengah Bulan (Halfmoon)

Ikan Cupang Setengah Bulan (Halfmoon) merupakan salah satu jenis ikan cupang hias yang sangat cantik dan paling populer yang banyak dicari oleh para hobbies betta fish lovers. Hal ini dikarenakan jenis ikan cupang hias yang satu ini memiliki bentuk fisik sangat cantik, dengan ekor mekar nan indah serta warna yang menawan. Sehingga banyak  para hobbies yang memilih jenis ikan cupang ini sebagai penghias akuarium atau aquascape mereka.
Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang [Lengkap]
Ikan Cupang Setengah Bulan [Halfmoon]
Kenapa ikan cupang ini disebut dengan ikan cupang setengah bulan atau Halfmoon? Karena bentuk fisik dari sirip ekor ikan cupang ini ketika mekar maka akan membentuk setengah lingkaran dan tampak seperti setengah bulan (halfmoon).

Ikan Cupang Serit (Crowntail)

Ikan Cupang Serit (Crowntail) merupakan salah satu jenis iklan cupang hias yang sangat cantik hasil silangan asli Indonesia. Sekarang ini Ikan Cupang Serit banyak dikembangbiakan oleh para breeder Tanah Air dan diekspor ke luar Negeri.
Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang [Lengkap]
Ikan Cupang Serit [Crowntail]
Ciri-ciri pisik Ikan Cupang Hias Serit atau Crowntail ini adalah memiliki sirip yang khas seperti sisir atau bahkan ekornya terlihat seperti mahkota. Ikan Cupang Serit pertama kali dikembangbiakan oleh breeder Indonesia tepatnya di Komplek Bulog Rawamangun Jakarta Timur.

Ikan Cupang Ekor Ganda (Double Tail)

Ikan Cupang Hias Ekor Ganda (Double Tailmerupakan salah satu jenis ikan cupang hias yang tergolong baru populer di kalangan para hobbies betta lovers. Hal ini dikarenakan jenis ikan cupang ini sebetulnya merupakan jenis ikan cupang Halfmoon yang memiliki kelainan genetik (cacat genetik) sehingga membuat ekor ikan menjadi seperti terbagi dua bagian.
Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang [Lengkap]
Ikan Cupang Ekor Ganda [Double Tail]
Ciri-ciri fisik dari Ikan Cupang hias ini terletak pada ekor nya yang khas yakni memiliki dua cabang sehingga tampak seperti terbelah menjadi dua bagian. Di Indonesia sendiri, keberadaan jenis ikan cupang ekor ganda masih terbilang agak langka, hal ini dikarenakan faktor keberhasilan para breeder dalam mengembangbiakan si ekor ganda masih terbilang sulit.

Ikan Cupang Aduan

Ikan Cupang Aduan merupakan kategori ikan cupang yang juga mudah kita dijumpai di pasar-pasar ikan hias atau toko ikan hias. Ikan cupang aduan memiliki ciri fisik dan karakteristik yang sedikit berbeda dengan ikan cupang hias. Hal ini bisa kita lihat dari bentuk siripnya yang pendek dan karakteristiknya yang tidak bisa tenang alias sangat agresif.


Jenis Ikan Cupang yang biasa dijadikan untuk Aduan dibagi menjadi 2 jenis yaitu: Ikan Cupang Plakat dan Ikan Cupang  Plakat Giant.

Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat merupakan salah satu jenis ikan cupang aduan yang paling banyak dijual di pasaran. Plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand yang artinya “tarung”. Konon, tradisi adu ikan cupang sendiri awal mulanya berasal dari negara tersebut, sehingga ikan cupang aduan banyak diasosiasikan dengan negara Thailand.
Ikan Cupang Plakat
Ciri-ciri fisik dari ikan cupang aduan jenis plakat sangat mudah dikenali, hal ini bisa dilihat dari bentuk sirip dan ekornya yang pendek. Serta tubuh dari ikan cupang ini agak lebih besar ketimbang jenis ikan cupang hias, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai ikan cupang aduan. Karakteristik dari ikan cupang plakat juga lebih agresif apabila melihat ikan lainnya yang berada di dekatnya.

Ikan Cupang Plakat Giant

Ikan Cupang Plakat Giant atau ikan cupang plakat raksasa adalah jenis ikan cupang plakat aduan yang berukuran lebih besar dari pada ikan cupang pada umumnya, hingga bisa mencapai +/-12 cm.
Ikan Cupang Plakat Giant
Ikan Cupang Plakat Giant sendiri pertama kali ditemukan oleh Mr. Athapon dan anaknya Mr. Natee pada tahun 1999. Mereka adalah peternak Thailand sekaligus pemilik Diamond Fish Farm yang berhasil mengembangbiakan cupang raksasa.
Ikan Cupang Plakat Giant 2
Pada awalnya mereka mendapatkan seekor cupang plakat yang memiliki panjang 4 inchi (10 cm) dikolam mereka dan akhirnya munculah ide untuk mengembangkan cupang tersebut.

Ikan Cupang Liar

Ikan Cupang Liar atau ikan cupang yang hidup di alam, pada dasarnya merupakan leluhur dari ikan cupang modern seperti halfmoon, crown tail dan plakat, setelah dilakukannya proses penyilangan (kawin silang).

Seperti yang sudah saya ulas sebelumnya, habitat asli dari ikan cupang berada di perairan air tawar yang terdapat beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan cupang yang dimaksud adalah jenis ikan cupang liar atau ikan cupang alam.

Ikan cupang liar khususnya yang ada di perairan indonesia, sejauh ini memiliki 6 jenis yang berbeda, diantara yaitu: Ikan Cupang Channoides, Ikan Cupang Minniopina, Ikan Cupang Ocellata, Ikan Cupang Rubra, Ikan Cupang Patoti, dan Ikan Cupang Hendra.

Ikan Cupang Channoides

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang Liar
Ikan Cupang Channoides
Ikan Cupang Liar Channoides (Betta Channoides) merupakan jenis ikan cupang liar yang berasal dari Sungai Mahakan, Kalimantan Timur. Ikan ini dikenal juga dengan sebutan ikan cupang kepala ular. Ikan Cupang liar ini dapat tumbuh hingga 12 cm dengan suhu air 24-26 Celcius, pH air 6,5-7,5.

Ikan Cupang Miniopinna

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang Liar
Ikan Cupang Miniopinna
Ikan Cupang Liar Minniopina (Betta Minniopina) merupakan jenis ikan cupang liar yang banyak ditemukan di sungai-sungai di Sumatra tepatnya di Pulau Bintan Kepulauan Riau. Ikan cupang miniopinna hidup di air berkadar pH sekitar 5 dengan suhu 23-28 derajat celcius.

Ikan Cupang Ocellata

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang Liar
Ikan Cupang Ocellata
Ikan Cupang Ocellata (Betta Ocellata) merupakan jenis ikan cupang liar yang habitat aslinya banyak ditemui di Sebuku (Kalimantan Timur), dan Malaysia. Cupang liar ini dapat tumbuh hingga 12 cm, dengan suhu air 24-26 Celcius, dan pH air 6,5-7,5.

Ikan Cupang Rubra

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang Liar
Ikan Cupang Rubra
Ikan Cupang Rubra (Betta Rubra) merupakan jenis ikan cupang liar yang dapat ditemukan di sungai dan rawa-rawa di Aceh, Sumatra Utara. Ikan cupang liar ini bahkan dapat hidup di rawa dengan air berwarna hitam (Black Water) dengan pH 6,0-6,5 dan suhu 23-28 Celcius.

Ikan Cupang Patoti

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang Liar
Ikan Cupang Patoti
Ikan Cupang Patoti (Betta Patoti) merupakan jenis ikan cupang liar yang dapat ditemukan di perairan air tawar Balikpapan dan Samarinda. Ikan cupang liar ini menyukai alam air dеngаn Ph уаng сеndеrung asam dan suhu air уаng cenderung dingin, yakni kisaran suhu air 23-26 Celcius dan pH 5-6,5.

Ikan Cupang Hendra

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang Liar
Ikan-Cupang Hendra
Ikan Cupang Hendra (Betta Hendra) merupakan jenis ikan cupang liar asli Indonesia lainnya yang habitat aslinya dapat ditemukan di  perairan air tawar di Palangkaraya, Kalimantan Timur, Borneo. Ukuran dari cupang liar yang satu ini hanya sampai 4-6 cm dengan suhu air 22-27 Celcius, dan pH 4,0-6,5. 

Penutup

Demikianlah ulasan artikel tentang Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang [Lengkap]. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait isi artikel di atas, silahkan teman-teman tinggalkan jejak berupa komentar di bawah ini. Semoga  ulasan di atas dapat bermanfaat :)
Loading...

2 Responses to "Mengenal Jenis-Jenis Ikan Cupang [Lengkap]"

  1. ooh ternyata ada ya jenis ikan aduan tersenddiri.
    merasa bersalah dengan iklan cupang di rumah yang lagi ngejomblo, karena takut waktu dibeliin temen malah diajak tarung,padahal klo saya baca disini cupangku berjenis Ikan Cupang Setengah Bulan (Halfmoon).
    mindsetnya sudah mereka klo dijadikan satu pasti tarung, bener gak sih kek gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, ikan cupang jenis aduan siripnya tidak lebar dan cenderung lebih agresif ketimbang jenis ikan cupang hias. Tapi di zaman sekarang ini, ikan cupang aduan khusunya plakat fancy dan koi sudah menjadi ikan cupang hias dan tidak buat aduan, soalnya warna nya sangat bagus :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel