√ Perbedaan Ikan Cupang Fancy dan Ikan Cupang Koi

Perbedaan Ikan Cupang Fancy dan Ikan Cupang Koi

Perbedaan antara Ikan cupang Fancy dan ikan cupang KoiIkan Cupang Fancy dan Koi

Perbedaan Cupang Fancy dan Cupang Koi - Hallo Betta Fish Lovers, pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang apa bedanya ikan cupang koi dan ikan cupang Fancy. Di Indonesia kini sudah banyak jenis ikan cupang impor dan domestik yang dapat dengan mudah kita temukan di pasar ikan hias, mulai dari jenis ikan cupang Halfmoon, Plakat, Giant, Crowntail sampai ikan cupang alam.

Dari sekian banyaknya jenis ikan cupang yang ada, ternyata ada ikan cupang yang dibedakan berdasarkan warnanya, seperti warna Fancy dan warna Koi. Bagi hobbies yang sudah lama terjun di dunia percupangan, mungkin sudah tidak asing lagi dan mungkin mudah sekali membedakan mana ikan cupang fancy dan koi. Namun bagi hobbies pemula untuk membedakan antara keduanya memang agak sulit, karena memang sekilas tampak mirip. Lantas apa sih perbedaan Ikan Cupang Koi dan Fancy? berikut ulasannya:

Perbedaan Ikan Cupang Fancy dan Ikan Cupang Koi

Ikan Cupang Fancy

Perbedaan antara Ikan cupang Fancy dan ikan cupang Koi
Contoh Ikan Cupang Plakat Fancy

Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa, Fancy bukan merupakan salah satu jenis ikan cupang, melainkan sebuah pemberian nama pada ikan cupang berdasarkan warnanya. Istilah Cupang Fancy pertama kali dipopulerkan oleh breeder (peternak) ikan cupang di Thailand, Fancy adalah warna ikan cupang yang tidak dominan, yakni memiliki warna lebih dari 3 warna serta memiliki sisik dragon.

Di Indonesia sendiri dikenal dengan Istilah belang telon (belang tiga). Warna Fancy sendiri dikembangkan sedemikan rupa oleh para breeder (peternak) Thailand dan juga Indonesia. Di Thailand Fancy memiliki nama dagang supaya lebih menarik, sama halnya dengan nama Alien, Koi, Dalmatian, Armagedon dll.

Harga Ikan Cupang Fancy

Dikutip langsung dari halaman web bahasikan.com, untuk kisaran harga ikan cupang fancy yaitu sebagai berikut:

Harga Ikan Cupang Fancy Anakan

Rp 100.000

Harga Ikan Cupang Fancy Dewasa

Rp 300.000

Harga Ikan Cupang Fancy Indukan

Rp 350.000

Harga Ikan Cupang Fancy Juara

Rp 2.000.000

Note : Harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah

Ikan Cupang Koi

Perbedaan antara Ikan cupang Fancy dan ikan cupang Koi
Contoh Ikan Cupang Plakat Koi

Berbeda dengan Fancy, Ikan Cupang Koi cenderung memiliki warna dominan seperti warna dominan merah, kuning, atau orange, dan juga terdapat warna celo atau warna daging. Cupang Koi sendiri sangat mudah untuk di kenali dari segi warna yang menyerupai Ikan Koi pada umumnya.

Harga Ikan Cupang Koi

Sedangkan untuk harga kisaran ikan cupang koi di pasaran adalah sebagai berikut:

Harga Ikan Cupang Plakat Koi Anakan

Rp 50.000

Harga Ikan Cupang Plakat Koi Dewasa

Rp 100.000

Harga Ikan Cupang Plakat Koi Indukan

Rp 120.000

Harga Ikan Cupang Plakat Koi Juara

Rp 1.000.000

Note : Harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah

Kesimpulan ...

Dari ulasan di atas maka, dapat disimpulkan perbedaan antara Ikan cupang Fancy dan ikan cupang Koi terletak pada corak dan warna dasar dari kedua ikan cupang tersebut. Jika Ikan Cupang Fancy memiliki warna yang banyak yakni lebih dari 3 warna, maka ikan Cupang Koi hanya memiliki warna-warna dasar tertentu, seperi warna dasar yang terdapat pada ikan mas Koi pada umunya.

Mungkin cukup sekian pembahasan artikel tentang Perbedaan Ikan Cupang Fancy dan Ikan Cupang Koi, jika ada hal ingin ditanyakan terkait ikan cupang Fancy dan ikan cupang Koi, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar di bawah. Terimakasih. Salam Betta Fish Lovers

Disclaimer : Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 Komentar untuk "Perbedaan Ikan Cupang Fancy dan Ikan Cupang Koi"

  1. "I am continually amazed by the amount of information available on this subject.What you presented was well researched and well
    worded in order to get your stand on this across to all your readers"How Long do Betta Fish Live

    BalasHapus

Seputar Blogger & Publisher

Hobi Ikan Hias & Aquascape

Info Anime List & OST Anime

Literatur Sosiologi & Politik

Informasi Menarik Lainnya ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel