√ Cara Mudah Cek SEO Blog dengan Google Lighthouse

Cara Mudah Cek SEO Blog dengan Google Lighthouse

Cara Mudah Cek SEO Blog dengan Google LighthouseCek SEO Google Lighthouse

Amaterasublog.com,- Hallo teman-teman bloggers, pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang Cara Mudah Cek SEO Blog dengan Google Lighthouse. Sebelum kita beranjak ke tutorialnya, terlebih dahulu saya akan mengulas secara singkat tentang apa itu SEO?

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" atau “search engine optimizer”, yang secara bahasa Indonesia artinya pengoptimalan mesin telusur. SEO merupakan istilah yang dipakai untuk proses yang dilakukan secara sistematis dalam menempatkan sebuah web atau blog pada posisi teratas di hasil pencarian mesin telusur. Atau juga bisa diartikan dengan suatu teknik untuk optimasi dan memaksimalkan nilai relevansi suatu halaman web atau blog agar meningkatnya ranking kata kunci yang diiringi dengan meningkatnya pengunjung dari mesin telusur seperti Google, Yahoo, Bing dan juga Ask.

SEO (Search Engine Optimization) dalam sebuah blog tentu sangatlah penting, hal tersebut untuk menjaminnya kualitas suatu blog di mata mesin telusur (Google). Semakin tinggi nilai seo yang dimiliki suatu blog maka otomatis semakin berkualitas pula blog tersebut, begitu juga berlaku sebaliknya. Pada dasarnya ada 2 jenis seo yang wajib diterapkan dalam sebuah blog, yaitu Seo on Page dan Seo off Page.

Namun dalam artikel ini saya tidak akan mengulas teknik seo, tetapi fokus pembahasannya lebih kepada "cara cek seo sebuah blog". Karena dengan mengetahui berapa nilai seo sebuah blog, maka dapat memudahkan kita untuk melakukan optimasi yang namanya seo on-page. Yupz, cara cek seo blog memang sudah banyak diulas oleh banyak blogger, tentunya dengan cara yang bermacam-macam, nah sedangkan yang saya tulis dalam artikel ini yaitu cara mudah cek seo blog dengan tools Google Lighthouse.

Apa Itu Google Lighthouse?

Google Lighthouse adalah sebuah alat bantu/ tools yang disediakan google yang bisa membantu pemilik blog atau web untuk meningkatkan performa blognya. Google Lighthouse ini dapat menganalisis performa sebuah blog atau web dan memberikan laporan kepada kita, terkait mana bagian yang sudah bagus dan mana bagian yang perlu untuk diperbaiki. Dengan begitu tentu akan memudahkan para blogger untuk meningkatkan performa blognya masing-masing.

Langsung aja berikut ini ada 2 cara mudah untuk cek seo dengan tools Google Lighthouse:

Berikut Cara Mudah Cek SEO Blog dengan Google Lighthouse

#Cek Seo Dengan Ekstensi Google Lighthouse

1. Pertama silahkan > klik disini, lalu > install ekstensi Lighthouse di chrome dengan cara > klik Tambahkan Ekstensi Ke Chrome (lihat contoh gambar dibawah)

CARA MUDAH CEK SEO BLOG DENGAN GOOGLE LIGHTHOUSE
Klik Tambahkan Ekstensi

2. Selanjutnya > buka blog yang ingin kita cek nilai seo nya. Kemudian klik icon Google Lighthouse di pojok kanan atas dan klik Generate Report untuk memulai audit (lihat contoh gambar dibawah)

CARA MUDAH CEK SEO BLOG DENGAN GOOGLE LIGHTHOUSE
Klik Icon Ekstensi dan Generate Report

3. Tunggu saja beberapa saat sampai report seo blog kita muncul (lihat contoh hasilnya seperti gambar di bawah ini)

CARA MUDAH CEK SEO BLOG DENGAN GOOGLE LIGHTHOUSE
Contoh hasil cek seo blog dengan ekstensi google lighthouse

4. Selesai

#Cek Seo Lewat Inspeksi Audits

Untuk cara kedua ini caranya lebih simple karena kita tidak perlu menginstall ekstensi terlebih dahulu, langsung saja berikut langkah-langkahnya :

1. Pertama > klik tab baru di browser google chrome, lalu buka > situs web atau blog yang ingin kita cek nilai seo nya. Contoh saya buka blog Amaterasu Blog.

2. Selanjutnya tekan > CTRL + Shift + I di keyboard secara bersamaan sampai ada alat inspeksi elements muncul dari sebelah kanan atau bawah, setelah itu klik Audits (lihat gambar di bawah)

Klik Audits

3. Setelah diklik Audits, maka akan masuk di pengaturan audit (disini kita bisa setting terlebih dahulu pilih device mobile atau desktop dan setting pengaturan lainnya). Jika sudah silahkan > klik Run Audits (lihat contoh gambar dibawah)

Klik Run Audits

4. Tunggu beberapa saat sampai proses auditing selesai. (Hasilnya seperti gambar di bawah ini)

Contoh hasil cek seo blog lewat inspeksi audit
5. Selesai

Penutup ...

Demikianlah ulasan artikel tentang Cara Mudah Cek Seo Blog dengan Google Lighthouse. Jika di dalam artikel ini ditemukan salah pengertian atau istilah lainnya yang berhubungan dengan ulasan artikel di atas mohon dikrokesi dengan menginggalkan komentar di bawah. Terimakasih sudah berkunjung di www.amaterasublog.com dan semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Gratis :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan

( 15 ) Komentar untuk "Cara Mudah Cek SEO Blog dengan Google Lighthouse"

  1. sepertinya aku harus mendalami SEO ini...
    nanti ku pelajari lagi.. okeeh

    BalasHapus
  2. Mantap gan, ane cobain dulu ya semoga cepet SEO dah blog ane

    BalasHapus
  3. Seo itu emang sangat berpengaruh tah gan ke blog ?
    Saya g pernah belajar Seo . Saya hanya sekedar nulis aja sih gan.

    BalasHapus
  4. Perbedaan antara Google light house dengan website cek seo sejenis apa ya gan?

    BalasHapus
  5. ternyata ngga begitu sulit ya untuk pengecekannya..
    Makasih banyak

    BalasHapus
  6. Waw Terimakasih Gan Skrg Saya Jadi Paham Apa Itu SEO

    BalasHapus
  7. Boleh dicoba di, selama ini saya hanya make tools bawaan wordpress untuk cek SEOnya.
    Ternyata ada juga yang dari ekstensi google langsung ya, cakep ni toolsnya.
    Nanti pas buka laptop, bakalan saya test ni cara cek seo pake google lighthouse

    BalasHapus
  8. Wahhh amaterasublog memang sumber ilmu yaa, ane ad seo quakes tau dr artikle ini, dan skrng dpt lg ttg cara agar bisa mengecek seo dkt lighthouse, mantapp, thanks gan(y)

    BalasHapus
  9. Ternyata cara cek seo blog itu mudah juga ya, boleh saya coba nih, makasih informasinya 👌

    BalasHapus
  10. Bgus sekali, mmg hrs dicek agar tahu posisi blog kita

    BalasHapus
  11. Apabila kita sudah mengetahui nilai SEO blog kita. Namun,nilainya di bawah SEO,harus bagaimana ya?
    Mungkin agan bisa membantu?

    BalasHapus