√ 10 Kata Dasar Bahasa Sunda Wajib Diketahui Saat Datang ke Bandung

10 Kata Dasar Bahasa Sunda Wajib Diketahui Saat Datang ke Bandung

10 Kata Dasar Bahasa Sunda Wajib Diketahui Saat Datang ke BandungKosakata Dasar Bahasa Sunda

amaterasublog,– Halo teman-teman! Pada postingan artikel kali ini saya akan membahas beberapa Kosakata Dasar Bahasa Sunda yang wajib diketahui saat Anda datang ke Bandung atau ke wiliyah-wilayah orang Sunda pada umumnya. Baiklah, langsung saja berikut ini pembahasannya...

Bandung adalah sebuah kota di Indonesia yang terletak di bagian barat pulau Jawa. Kota ini dikenal dengan julukan 'Kota Kembang' karena keindahan alamnya serta berbagai macam bunga yang banyak tumbuh di sekitarnya. Bandung juga terkenal dengan arsitektur bangunannya yang khas, keberagaman budayanya, serta menjadi pusat mode dan kreativitas. Selain itu, Bandung juga dikenal sebagai destinasi wisata belanja, terutama oleh para penggemar fashion, karena terdapat berbagai factory outlet dan pasar tradisional yang menawarkan berbagai produk dengan harga terjangkau.

Suku Sunda merupakan suku bangsa yang mendominasi di wilayah Jawa Barat, termasuk di kota Bandung. Masyarakat Sunda memiliki budaya dan tradisi yang kaya, termasuk dalam hal kesenian, musik, tarian, dan kuliner. Di Bandung, Anda dapat menemukan berbagai jejak budaya Sunda, mulai dari pertunjukan seni tradisional seperti tari Jaipongan dan Wayang Golek, hingga keberadaan rumah makan yang menyajikan hidangan khas Sunda seperti nasi timbel, sate maranggi, dan pepes ikan.

Selain itu, banyak juga tempat-tempat bersejarah dan situs-situs budaya yang terkait dengan budaya Sunda di Bandung, seperti Museum Geologi Bandung, Museum Pos Indonesia, dan Museum Asia Afrika. Masyarakat Sunda juga memiliki kepercayaan dan adat istiadat yang khas, yang masih dijaga dan dilestarikan hingga saat ini.

10 Kata Dasar Bahasa Sunda yang Wajib Diketahui Saat Datang ke Bandung

Bahasa Sunda merupakan salah satu bahasa daerah yang kaya akan kosakata dan ungkapan yang unik. Di tengah keberagaman budaya di Indonesia, Bahasa Sunda memiliki peran yang penting dalam memperkaya warisan linguistik bangsa. Dalam artikel ini, kita akan memberitahu Anda sepuluh kata-kata dasar Bahasa Sunda yang wajib diketahui saat Anda ingin berkunjung ke Bandung, baik dari segi makna maupun cara penggunaannya.

1. 'Punten' = Permisi / Maaf

Banyak orang menggunakan kata 'punten' biasanya digunakan ketika kita melewati seseorang atau sekumpulan. Biasanya, orang yang mendengar membalas dengan kata 'mangga' yang artinya 'Silahkan'.

Selain itu, Punten bisa berarti permintaan maaf ketika kita melakukan kesalahan yang tidak disengaja. Misalnya kita menyenggol seseorang, nah kita bisa menggunakan kata Punten yang artinya adalah 'Maaf'. Bisa juga, saat ada pengamen kita tak akan memberikan uang maka bisa mengatakan 'Punten'.

2. 'Hatur Nuhun' = Terima Kasih

Kata 'Hatur Nuhun' adalah ungkapan dalam bahasa Sunda yang artinya 'terima kasih' dalam bahasa Indonesia. Ungkapan ini sering digunakan sebagai ucapan terima kasih atau sebagai balasan atas ucapan terima kasih dari seseorang. Jadi, jika seseorang memberi Anda sesuatu atau melakukan sesuatu yang membantu, Anda bisa menjawab dengan mengucapkan 'Hatur Nuhun' untuk menyampaikan rasa terima kasih Anda.

3. 'Kumaha Damang' = Bagaimana, Sehat?

'Kumaha Damang' adalah kosakata dalam bahasa Sunda yang secara harfiah berarti 'bagaimana kabarnya' dalam bahasa Indonesia. Kosakata ini sering digunakan sebagai salam atau ucapan pertanyaan tentang kondisi atau keadaan seseorang. Jadi, jika seseorang mengatakan 'Kumaha Damang' kepada Anda, maka Anda jawab dengan kata 'Alhamdulillah damang' (sehat), atau Sae (baik) dan sebagainya.

4. 'Bade Kamana' = Mau Kemana?

Digunakan misalnya ketika Anda bertanya kepada teman yang akan pergi. Ini adalah kosakata bahasa sunda yang halus, bisa juga kita menggunakan kata 'arek kamana' (arek=mau, kamana=kemana) namun biasanya kata tersebut digunakan kepada teman yang sudah dekat atau sebaya.

5. 'Tipayun' = Duluan

Kata tersebut biasanya digunakan ketika mendahului orang lain. Misalnya, saat akan pamit duluan. Sedangkan jika dalam kondisi ada seseorang yang ingin mendahului Anda dan Anda ingin mempersilakannya, maka Anda bisa ucapkan 'mangga tipayun' (silakan duluan).

6. 'Sakedap Deui' = Sebentar Lagi

Kata ini sama artinya dengan 'Sakedeung deui', namun penggunaannya agak kasar saja. Nah, alangkah baiknya Anda mengunakan kata 'sakedap deui', agar lebih sopan dan menghargai lawan bicara Anda.

7. 'Muhun/Sumuhun' = Iya, Betul, atau Benar

Muhun merupakan kata yang dipendekkan dan asal katanya yaitu 'Sumuhun', namun artinya tetap sama yaitu 'Iya, Betul, atau Benar'. Kata 'Muhun/Sumuhun' termasuk kata yang bersifat hormat atau halus. Contohnya: 'Muhun pak abdi lepat' (artinya: 'Iya pak saya salah'). Atau bisa juga digunakan ketika Anda mengiakan/menyetujui perkataan lawan bicara.

8. 'Moal' = Tidak

Kata 'Moal' ini artinya tidak, biasanya digunakan dalam menolak dalam proses jual beli atau yang bersifat ajakan dari seseorang. Misalnya Anda ditawari sesuatu oleh seseorang maka untuk menolaknya Anda bisa gunakan kata 'Punten moal heula' (Maaf, nggak/tidak dulu).

9. 'Iraha?' = kapan?

Arti kata iraha dalam kamus Bahasa Sunda artinya 'kapan?' dalam bahasa Indonesia. Kata tersebut biasa digunakan untuk menanyakan waktu terjadinya suatu peristiwa atau kejadian. Contoh 'Iraha waktosna urang tepang deui?' (Kapan waktunya kita ketemuan lagi?).

10. 'Bade Naros' = Mau bertanya

Kata ini, bisa kita gunakan saat akan bertanya soal apa pun pada orang lain. Misalnya, akan menanyakan alamat rumah. Biasanya, sebelum kata 'Bade Naros', didahului kata 'Punten=Permisi'. Jadi 'Punten, Bade Naros alamat .... '

Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan kata-kata dasar Bahasa Sunda seperti yang telah disebutkan di atas, tentunya sangat umum digunakan oleh orang-orang Sunda yang ada di Bandung dan daerah-daerah lainnya. Dengan mengetahui beberapa kata dasar serta memahami makna dan penggunaannya, diharapkan kita dapat lebih menghargai keberagaman bahasa dan budaya di Indonesia. Selengkapnya Anda bisa baca Kamus Bahasa Sunda Halus Lengkap dari A sampai Z

Demikianlah ulasan artikel tentang 10 Kata Dasar Bahasa Sunda Wajib Diketahui Saat Datang ke Bandung atau ke wiliyah-wilayah orang Sunda lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan jika ada yang ingin ditanyakan terkait isi artikel di atas, silakan tulis di kolom komentar di bawah.

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "10 Kata Dasar Bahasa Sunda Wajib Diketahui Saat Datang ke Bandung"